Tantangan Suzuki dalam Membangun All New Satria FU 150 DOHC-Liquid Cooled-FI

tampak samping bagian depan fu150 fi

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Sebagai motor yang akan dirilis, sementara rival-rivalnya telah eksis lebih dahulu, tentunya satria fi nantinya harus memiliki banyak keunggulan. Selain itu ada beberapa batasan yang harus dilampaui yang mungkin kontra produktif yang juga harus diantisipasi. Itulah dua hal yang menjadi tantangan dalam pengembangan satria fu 150 menjadi all new satria fi.

Dari dua hal di atas jika dirinci, maka akan menajadi beberapa detil yang harus diantisipasi oleh new satria fi, yaitu :

  1. Harus lolos standar emisi euro-3
  2. Performa harus di atas rival-rivalnya, atau minimal harus di atas performa satria fu saat ini
  3. Harus lebih efisien dibandingkan satria fu karbu, paling tidak mendeketai efisiensi rival-rivalnya
  4. Harus lebih keren dari rival (sonic150)

Syarat yang mutlak harus dipenuhi adalah harus lolos euro-3. Sedangkan syarat lainnya bersifat kompromistis. Jadi menurut perkiraan ane suzuki akan mendevelop satria fu150 fi dengan spesifikasi berikut :

  1. Untuk memudahkan lolos standar emisi euro-3, maka harus mengaplikasikan sistem injeksi sebagai pengganti sistem penagbutan karburator
  2. Agar terlihat lebih powerfull maka satria fu 150 fi akan menawarkan performa jauh di atas rival-rivalnya. Oleh karena itu sangat wajar jika ada rumor bahwa power dari new satria fi mencapai 18.3 hp. Sepertinya hal ini cocok dengan pernyataan pembesar suzuki, Endro Nugroho, selaku Senior Director Marketing & Sales 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) : “Tunggu saja tanggal mainnya, mesin terbaru nanti saya janjikan punya performa yang lebih dahsyat!,” Tentunya ini sedikit berlawanan dengan kondisi umum, yaitu jika ingin menekan emisi maka kemungkinan besar power akan turun. Oleh karena itu penurunan performa ini harus dikompensasi dengan upgrade konfigurasi engine. Makanya tidak heran jika ada bocoran bahwa nantinya volume engine baru untuk satria fu ini sekitar 155 cc.
  3. Agar lebih efisien, tentu saja sistem injeksi cukup berperan. Akan tetapi peningkatan torsi di rpm rendah juga cukup signifikan untuk menekan fuel consumption (fc). Jadi untuk menghasilkan tingkat efisiensi yang setara dengan rival, bisa dilakuan dengan menggeser torsi puncak ke rpm yang lebih rendah. Atau langkah paling mudah adalah dengan stroke-up, yang mana panjang stroke nya tidak boleh terlalu jauh dari rival (mx king 58.7 mm, sonic150 57.6 mm).
  4. Suzuki harus malakukan mayor facelift untuk memberikan tampilan yang lebih segar dan lebih “mentereng” dibandingkan pendatang baru mx-king maupun sonic150. Jika dilihat penampilannya (gambar judul) terlihat beberapa perubahan yang menunjukkan bahwa new satria fu akan tampak lebih kekar, yaitu ;
    • Ban depan lebih gambot, begitupula dengan belakangnya
    • Rem depan lebih mantab (sebelah kiri, kaya thunder)
    • As sok depan layaknya motor sport tulen (mirip pulsar 180 ug4)
    • Dan lain-lain

Jadi kesimpulan dari upgrade new satria fu nantinya adalah; sudah injeksi, performa lebih tinggi, torsi bawah lebih nendang dan lebih gemuk. Kesemuanya saling berkaitan dan menjadi suatu kesatuan yang utuh sebagai all new satria fu150 fi. Agar penampilan lebih mantab dan handling lebih sempurna, maka velg+ban dibuat lebih lebar. Untuk mengantisipasi torsi yang kecil (satria fu150 karbu) dan peningkatan ukuran ban, maka performa di-upgrade baik dengan mengubah konfigurasi bore x stroke atau tidak. Agar tidak terlalu boros dengan peningkatan performanya, sekaligus memenuhi standar emisi maka diaplikasikanlah sistem injeksi.

Sesungguhnya mudah saja bagi suzuki membangun engine 150 cc dohc berkekuatan lebih dari yang sekarang (16 ps). Hal ini karena engine satria fu 150 yang sekarang merupakan downgrade dari engine fxr150 yang memiliki power 21 ps

power fu fxr 150

Tapi karena ada keinginan untuk meng-improve agar performa lebih dahsyat, lebih efisien dan lebih bersih emisinya maka dohc-liquid cooled-fi lah solusinya. Perubahan yang cukup besar ini, akan lebih efisien dengan mengganti engine dengan yang baru ketimbang meng-upgrade engine lama.

Prediksi konfigurasi engine suzuki all new satria fu dohc-liquid cooled-FI akan ane tuliskan pada artikel selanjutnya

Semoga bermanfaat wassalamu’alaikum wR wB.

13 Komentar

  1. gak yakin 18 ps… paling gak unggul 0.5 ps…
    Sangat riskan untuk motor dengan target konsumen belasan tahun diberikan power besar sebesar itu. Kecuali Suzuki hanya mengejar penjualan tanpa memikirkan savety.
    Lebih baih bermain difitur misalnya upside down dll…

  2. klo beneran pake ban gambot, kejadian cb vs vixion bakal kejadian lagi nih, tapi versi H sama S. kirakira ban sonic segede apa ya ?

  3. Moga moga yg injeksi bisa di pasangkan ke Fu Karbu. Semoga di dengar SIS.
    Satria FI, cukup injeksi, radiator, body gemukin dikit, Kompresi naikan jadi 1:11 10.2 masih terlalu kecil, mungkin krna masih pendingin oli n udara. Ga usah bore up atau ganti bore x stroke.
    Yg terpenting Semopa Part Injeksinya harus bisa PNP in ke fu karbu.
    Pengin ngirit pake vakum malah ga nyaman ngeden n ga responsif

1 Trackback / Pingback

  1. Tanda-Tanda Perubahan Konstruksi Engine Suzuki Satria FU 150 Injeksi | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan