Silaturahim Lebaran Malang-Mojokerto PP 200 KM, Bersama CBR150R + HDEO PFD

'Idul Fithri CBR150 PFD

 

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Sebelumnya ane menguncapkan “taqobbalallohu minna wa minkum”, semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita semua selama bulan ramadhan kemarin.

Dalam rangka berlebaran, ane kemarin mencoba untuk bersilaturahim mengunjungi keluarga yang ada di daerah Mojokerto, tepatnya di daerah Puri, Ndungus, Sumber Siwil dan Poh Kecik, dengan jarak kurang lebih 200 km pp. Sangat kebetulan acara silaturahin ini sekaligus ane gunakan untuk menguji performa oli hdeo pfd (pertamina fastron diesel) pada engine cbr150r.

Saat akan berangkat oli ini sudah memasuki jarak 480-an km, sudah mulai terasa nikmatnya. Biasanya motor hanya digeber sejauh 25-30 km, nah sekarang bagaimana jika digeber 200 km pergi-pulang Malang-Mojokerto. Sengaja ane pilih jalan siang, kira-kira jam 13.30, saat kondisi jalan lumayan panas, untuk mengetahui kinerja oli yang lebih ekstrim dari biasanya. Berikut lintasan perjalanan dan impresinya…

malang - mojokerto

Langsung saja impresi engine cbr150 + oli hdeo pfd per lintasan :

  1. Malang-Lawang : mesin masih seperti biasa, belum seberapa panas, jalan cukup padat tapi lancar, tapi tetap saja tidak bisa full throttle, karena banyak pemotor yang simpang siur
  2. Lawang-Purwosari : lalulintas mulai tidak padat, jarak kendaraan mulai menjauh. Perjalanan sangat lancar, akan tetapi juga tidak bisa full throttle, karena kualitas jalan bisa dikatakan cukup jelek bagi sepeda motor. Memang tidak berlubang, akan tetapi bergelobang, cukup berbahaya jika melaju disini dengan kecepatan tinggi. Engine CBr150 mulai panas, oli juga panas, tapi tidak terasa di kaki, dan godaan untuk ngebut mulai terasa.
  3. Purwosari-Pandaan ; nah pada jalur ini kendaraan mulai jarang, jalannya juga lebih bagus dan lumayan enak buat ngebut. Dibantu dengan kondisi jalan yang panjang dan menurun, tidak terasa speedometer cbr150 sudah menyentuh topseed 130-an kpj.
  4. Pandaan-Gempol : kondisi jalan pada trayek ini mirip dengan purwosari-pandaan, hanya saja angin mulai agak kencang, sehingga throttle agak dikendurkan.
  5. Japanan-Mojosari : kondisi jalan memang lebih renggang, akan tetapi jalan yang kurang bagus dan angin yang mulai cukup kencang (katanya Indonesia terserempet badai dari filipina), manjadikan laju cbr150 tidak optimal. Gangguan angin kencang dan aspal bergelombang ini bisa membuat cbr150r bergoyang-goyang, limbung. Padahal berat motor + rider mencapai 200 kg lebih.
  6. Mojosari-Pacing : tidak bisa berbuat banyak, karena jalan cukup jelek, sempit dan padat.
  7. Pacing-Dlanggu : nah inilah jalan yang paling mantab. Dulu disini pula ane menge-test nvl baru, yang mana saat itu full throttel-gigi-5, kecepatan mencapai 115 kpj. Dan dengan kecepatan segitu old vixion tertinggal jauh dibelakang. Meskipun kecepatan gangguan angin tidak berkurang, cbr150 mampu menembus dengan mudah 124 kpj, tidak pakai nunduk. Padahal saat ane ngetes topspeed motor ini di jalur Lumajang-Jember, kecepatan 124 kpj didapat dengan trayek yang cukup panjang dan harus nunduk nempel tangki.

Perjalanan pulang, kurang beruntung, karena lululintas cukup padat mulai dari Mojokerto sampai Pandaan. Bahkan dari Pandaan sampai Purwosari bisa dikatakan mecet, motor merayap meliuk-liuk di sela-sela mobil. Selepas Puwosari barulah lalulintas mulai agak lancar, dan sampai di malang, performa oli masih tetap seperti saat berangkat, tidak terasa terjadi penurunan.

Jadi itulah sedikit pengalaman perjalanan silaturahim malang-mojokerto, 200 km pp, dengan cbr150r + hdeo pfd. Sepertinya impresinya memang lebih menyenangkan ketimbang menggunakan oli bawaan diler sebelumnya (mco, mungkin mpx1 atau spx1). Suara dan getaran mesin lebih halus, dan motor jadi lebih kenceng.

Tidak percaya ???

Tidak apa-apa, ini hanya sekedar impresi dan opini pribadi. Dan memang tidak boleh langsung percaya sebelum mencoba sendiri.

Berani mencoba ???

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wr wb.

37 Komentar

    • CBR segitu belum top speed, kami uji h2h macam kyk FU, Old vixi, NVL, R15 mereka bukan tandingannya CBR150R kjauhan..smoga FXR reborn dimari hanya FXR yg mmpu bjaban ma CBR150R, yg lain hanya kencang dibacot doang.

      • Btul mas bro..saya aja pernah 140km/j itu boncengan lho.dan blm readline.keburu track lurusnya hbis..pengalaman pribadi

        • CBR thn brp bro? klo yg k45 yakin gak bisa klo boncengan tembus 140kpj (kecuali track turunan) .. klo yg versi thai ato karbu bisa 🙂

          • K45 bro..saya bb 65 dan yg dbonceng 50an..mank tracknya agak turun sih…wkt kejadian..jam 04.00an subuh..tmpt persisnya dari lampu merah pancoran arah grogol..

  1. hmmm,, klo mojokerto gak pengen lewat cangar-mojosari om?
    track jauh lebih menantang, untuk uji performa sangat cocok,, nanjak dan turunanya oke (maklum cibi lemot klo diajak nanjak, so di sini latihannya, hehe..)
    ane sering lewat situ pagi ato tengah malem sekalipun..
    masuk kawasan hutan lindung,,
    hmm..
    tp satu pesen ane, kalo pagi hari gak ada satupun monyet di pinggir jalan, malem nya jngn lewat situ om.
    Biasanya kabut nya turun,, jarak pandang plng just sekitar 2-3 meter an,, ane pernah nglanggar “rumus monyet” ini,, ehh.. malah kena nightmare sendirian di tengah hutan gak bisa liat track, jalan mentok speed 45kpj.. wakakakkkk 😀

    • banyak yang nyaranin lewat jalur tsb
      tapi ane tolak karena karena bawa motor yang berat, nunduk dan torsi nggak seberapa (cbr150r), jadi mending lewat jalur yang lurus2 buat test topspeed,ane rasa lebih cocok
      mungkin kalau bawa nvl, in sya Allah nikmat
      kalau urusan kabut, ane juga pernah di daerah kandangan (?) jalur Jombang-Pujon setelah azan subuh, waktu itu pulang dari Pati. persis seperti yang ente alami, beruntung ada orang kampung di depan yang dah apal jalan, ane tinggal ngikutin lampu stoplamp aja

      • iya om,, cibi buat nanjak ampun dah.. tp klo ane sih lbh milih pegel pas nanjak drpd pegel pas macet (ya untung smpean gk kena macet parah 😀 ) pinggang bisa protes besar”an saat macet bawa motor nungging… wakakakkkk..
        ..
        tp bener om,, semacam pembuktian klo insting binatang di alam layak kita jadikan pedoman! 😀
        ..
        btw beda signifikan sm spx1 apa om?
        apa nguap nya spx1 di cibi jg teratasi dg HDEO?

        • spx1
          dituang, pakai langsung enak, 1000km tanpa pengurangan berarti, suara mesin kasar ketika sudah 1000 km, topspeed 124 kpj

          pfd
          dituang, pakai langsung enak tapi masuk gigi agak susah, suara dan getaran mesin lebih halus ketika baru dituang, topspeed 130 kpj

  2. Jalan mantap tuh buat tes motor. Saya lewat situ pak tapi tdk lewat pacing. Jadi lewat pabrik sosro pak. Itu mantap sekali jalannya pak. Aspal baru haluuusss dan lebar nanti tembusnya pasar dlanggu pertigaan. Habis pertigaan dlanggu belok kiri ke arah pacet itu juga mantap treknya pak. Sama pak rute silaturahimnya haha.

  3. Salam kenal…….minal aidin wal’faidzin.
    Ikutan sharing pengalaman pakai oli diesel kang bro……
    motor ane jupie mx 06 non kopling udah ‘nenggak’ oli diesel mulai thn 2009. Awalnya karena terpaksa ga punya duit buat ganti oli, jadi ya,,ngambil jatah oli genset di kantor dan malah keterusan ga pernah beli oli lha wong performa mantab gratis pula, padahal motor sering diajak jalan jauh, hampir seminggu sekali Jkt-Sukabumi (total 250km pp) dan pernah sekali Jkt-Pacitan. sampai motor dijual tahun 2013, jupie mx ga pernah lagi minum selain oli diesel. Dari pengalaman di mx trus ane tularin kebiasaan itu ke honda verza. Begitu motor dateng, oli bawaan dealer langsung dikalengin buat persiapan bakar sampah. langsung dah,,,glek..glek..glek..oli diesel dituang.di verza mulai pakai Juni 13 berlanjut sampe sekarang. kalo ada uang rencana nanti pas 3 atau 4 tahun pengen dibongkar abis biar tau dalemanya karena dulu jupie mx ga sempat bongkar keburu dijual.
    spek oli yg ane pake (ganti-ganti karena ngikutin adanya stok dikantor):
    Meditran SX 15w/40(alternatif)
    valvoline blue 15w/40(oli standar genset cummins)
    caterpillar 15w/40(oli standar genset caterpillar)

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan