[MotoGP] Marc Marquez Mulai Sehati dengan RC213V nya, Siap Berduel dengan Valentino Rossi

marc-marquez-peace2

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Jika mengacu dari dua balapan terahir, terlihat perbedaan hasil yang signifikan, antara race di catalunya dan di assen, grafik marquez terus meningkat. Apalagi jika dibandingkan dengan capaiannya di sachsenring kali ini, marquez berhasil merajai semua free practice sekaligus menempati pole position saat kualifikasi. Kondisi ini mengindikasikan marquez sudah sehati dengan tunggangannya yaitu rc213v versi 2015 dengan sasis versi 2014.

Kompilasi dari free practice dan qualification dapat dilihat dalam tabel ini …

09 compilation free practice n qualification sachsenring

Sepertinya ada hubungan linier antara topspeed marquez dan gap waktu nya dengan pembalap terdekat. Jika topspeednya 293 kpj ke atas maka gap nya mendekati 0.3 detik. Dan jika konsisten menjaga ritme balapan seperti ini, maka ia akan memenangi balapan di sachsenring, seperti tahun kemarin.

Musuh terberatnya adalah Dani Pedrosa. Karena pedrosa adalah penguasa sachsenring sebelum kedatangan marquez. Selain itu pedrosa posisinya sangat dekat, dan dulu ia terkenal sebagai starter terbaik. Tentu saja lorenzo sebagai kandidat juara dunia tidak bisa diabaikan, karena tahun ini ia memilki kemampuan start paling bagus, dan paling konsisten dalam balapan. Sedangkan rossi agaknya akan bisa mengganggu marquez dengan syarat tidak mengabaikan pedrosa dan lorenzo.

Dan sepertinya marquez masih berminat untuk duel dengan rossi, berikut komentarnya :

“Itu duel yang asyik dan ditunggu penonton (race di assen). Jika ada kesempatan saya ingin kalahkan Valentino dengan cara yang sama. Ia yang mengajarkan cara demikian dan ternyata dibenarkan”

Lain halnya dengan rossi, sepertinya ia masih belum menemukan setting terbaiknya. Ia malah tidak terlalu perduli dengan marquez, yang menjadi targetnya justru lorenzo :

“Saya akan mencoba untuk bertarung dengan Jorge, melangsungkan balapan dengan baik dan mencoba untuk finish di depannya dan mencetak poin lebih.”

Sepertinya akan seru, prediksi ane, saat start lorenzo dan pedrosa akan berlomba tampil paling depan. Sementara seperti biasanya marquez agak ketinggalan. Selanjutnya mungkin marquez dan juga rossi akan naik sedikit demi sedikit.

Sampai di sini dulu sedikit ulasan sebelum race nanti sore (wib), semoga race nya seru. Dan terjadi duel yang mendebarkan antara pedrossa-lorenzo-maquez dan rossi. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wb.

 

30 Komentar

  1. Sachsenring cukup menantang. dg tikungan kiri medium dan high speed gigi 4. mulai dari tikungan 5 sampai 10 yg panjang gak terputus. kemudian tikungan 11 “waterfall” ke kanan dg gigi 6 dan menurun (downhill). tikungan 11 terkenal karena bnyk motor yg crash pada kecepatan tinggi. pembalap akan ektra hati2 di tikungan ini. karena tikungan kiri sebelumnya yg panjang, membuat sisi bagian kanan ban kurang panas. grip ban pun jdi berkurang.

    corner terakhir 13 dg gigi 3, salah satu tempat overtake. motor menanjak (uphill) menuju garis finish. selain faktor horsepower, momentum kecepatan motor di tikungan cukup penting disaat menanjak.

  2. Untuk mencapai fastest lap, kecepatan motor masuk dan keluar tikungan dlm satu lap menjadi penentu, bukan topspeed di trek lurus (straighaway) . Semakin kenceng topspeed di lintasan lurus semakin kuat motor harus hard braking utk masuk cornernya. sperti slow corner 1 dg gigi 2 sachsenring. momentum kecepatan motor jdi berkurang di corner. memberi efek kepada waktu yg lebih lama.

    Biasanya semakin kenceng topspeed pembalap, maka lap timenya menjdi lebih lambat.

  3. tuh kan honda menang….. 😛
    masih ada 3 sirkuit lagi tuh yang bisa dipastikan honda akan menang..
    indy, laguna seca, dan aragon….

    jadi fbh ojo mewek lagi yo…..!

  4. Ya wajar di sachsenring menang. Kalo sampe gak menang ya the end. Tp baru tau kalo sasis baru rcv malah bobrok. Bagusan sasis lama. Mungkin sasis barunya bikinan AHM. Jd kena downgrade material. Haha

    • anda keliru…
      sirkuit jerman ini sirkuit paling lambat dimotogp.
      mugello italy, barcelona spanyol adalah termasuk beberapa sirkuit tercepat di motogp.

  5. Yamaha HANYA bisa menang kalo honda sedang TROUBEL atau markez ndlosar adalah FAKTA!

    Ingat 2 tahun yg lalu sampe skr SLOGAN tersebut tetep berlaku.

  6. ko artikel kemenangan duo repsol blm keluar mas gokil, ane pengen tau analisanya ko bisa duo ymh ga brkutik, apa gara2 salah pilih ban kali ya

    • rossi dan lorenzo tampil bagus
      tapi marquez dan pedrosa telah medapatkan setting yang diinginkannya, kemarin pun (di assen) marquez hampir menang.
      jika kondisi ini dipertahankan, maka tidak mustahil marquez akan juara dunia (marquez 1 dan pedrosa 2)

      • jika kondisinya konstan bgni trs, bahaya jg buat rating motogp, yg ada ntr dikira motogp OMR (one mark race) hehehehe, ,,,

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan