Spesifikasi-Fitur-Style Sonic150 Tanggung atau Justru Komplit [Bagian-2]

Satria fu vs Sonic150

 

Assalamu’alaikum wR wB

Melengkapi komparasi antara motor ayam jago honda sonic150 dengan kompetitornya (mx king dan satria fu) pada artikel yang sebelumnya, mari kita bandingkan sonic150 dengan satria fu 150. Apakah yang bisa ditawarkan oleh sonic150 jika dibandingkan dengan satria fu yang sudah lama eksis. Berikut ini komparasi lengkapnya ;

spec sonic150 vs fu

 

Mari kita bahas perbedaan spek di atas dan pengaruhnya bagi performa motor…

Inilah perbandingan antara Sonic150 dan Satria Fu 150

  1. Power-Berat-RPM-PWR. Satria menang power dan pwr (0.014 ps/kg) dan akselerasi di putaran atas sedikit lebih kuat karena power maksimumnya berada di putaran yang lebih tinggi dibandingkan sonic150.
  2. Torsi-Berat-RPM-TWR. Sonic150 sebenarnya menang torsi (0.74 N.m) akan tetapi karena bobotnya yang lebih berat dibandingkan satria ( 8.2 kg) mengakibatkan TWR nya kalah sedikit dari satria sebesar 0.002 N.m/kg. Dari variabel ini akselerasi di putaran bawah satria sedikit lebih kuat. Besarnya torsi yang tersalurkan dari ban ke aspal tergantung dari perbandingan rasio transmisinya.
  3. Berat. Satria lebih ringan 8.2 kg menjadikannya lebih mudah digeser saat di tempat parkir yang padat. Tapi sebaliknya dengan bobot yang lebih berat, menjadikan sonic150 lebih stabil saat ngebut di lintasan lurus.
  4. Wheelbase. Sonic150 memiliki wheelbase yang sedikit lebih pendek (5 mm) menjadikan sonic150 lebih mudah ditekuk dan dikendalikan saat membelah kemacetan lalu lintas.
  5. Tinggi jok. Sonic150 memiliki tinggi jok yang lebih rendah (1 cm) sehingga lebih cocok dan nyaman untuk rider yang agak pendek. Sebenarnya satria juga sudah pendek, tapi sonic150 lebih pendek lagi.
  6. Bore x stroke. Satria memiliki bore yang jauh lebih besar mengindikasikan napas yang lebih panjang, terbukti powernya sedikit lebih besar (0.36 ps) dan puncak powernya di rpm yang lebih tinggi. Sonic150 memilki stroke yang jauh lebih panjang mengindikasikan lebih torqy, terbukti  torsi nya lebih besar (0.74 N.m).
  7. CR. Sonic150 memiliki cr yang jauh lebih tinggi, mengindikasikan pembakarannya lebih sempurna dan lebih efisien. Akan tetapi dengan cr yang sangat tinggi tersebut, sepertinya tidak bisa lagi minum premium, sedangkan satria masih boleh minun premium, jadi satria lebih “irit” dalam hal harga bbm. Tapi karena satria masih menggunakan karburator sebagai sistem pengabutnya maka fc nya lebih boros, sehingga total pengeluaran untuk bbm satria kemungkinan lebih boros.
  8. Mesin. Sonic150 lebih canggih karena menggunakan pendingin cairan (liquid), sedangkan satria menggunakan pendingin udara + oli. Dan sistem pendinginan ini disesuaikan dengan panas yang dihasilkan dalam proses pembakaran, karena cr sonic150 lebih tinggi wajar jika sistem pendinginnya lebih baik.
  9. Sistem pengabutan. Sonic150 sudah menggunakan sistem injeksi close-loop, sementara satria masih menggunakan karburator. Sistem injeksi close-loop jelas jauh lebih baik, karena menghasilkan pengabutan yang lebih homogen dan terukur, sehingga menghasilkan pembakaran yang optimal sekaligus efisien (irit).
  10. Sistem DOHC. Pada sonic150 menggunakan roller rcoker arm, sehingga dapat mengurangi rugi gesek karena pergerakan camshaft. Dengan demikian rugi-rugi mekanik semakin kecil dan konsumsi bbm akan semakin irit jika dibandingkan satria fu saat menghasilkan power yang sama besarnya.

Nah silahkan dipertimbangkan, perbandingan spesifikasi dan pengaruhnya terhadap performa dari sonic150 dan satria fu 150 ini.

Untuk fitur sepertinya banyak perbedaan, karena sonic150 adalah motor baru (“benar-benar baru) dan satria fu adalah motor lama yang mengalami beberapa facelift ringan. Perbedaan yang cukup menyolok ada di sektor penggunaan lampu led, speedometer full digital, perangkat kelistrikan yang terkait dengan sistem injeksi dan lain-lain, sisanya mirip-mirip. Dan komparasinya baru akan jelas terlihat jika sonic150 sudah di-rilis kemudian disandingkan dengan satria fu.

Sedangkan style sangat jelas antara sonic150 dan satria fu 150 sama-sama ayam jago, hanya saja sonic terliihat lebih sporty (lancip-lancip) dan lebih fresh. Dan karena pangsa pasar nya adalah remaja atau pemuda yang berjiwa remaja, maka kemungkinan besar sonic150 akan mengganggu pemasarn satria fu. Karena tabiat remaja adalah ingin sesuatu yang baru yang lain dari yang kebanyakan (mirip dengan remaja yang gonta-ganti hp).

Ringkasnya dari artikel yang lalu dan yang sekarang ini (untuk sementara) adalah :

  1. Sonic150 vs mx king : sonic150 menang di teknologi mesin, performa, fitur dan kelincahan sedangkan mx king menang di kestabilan handling
  2. Sonic150 vs satria fu : sonic150 kalah performa sedangkan sisanya dimenangkan oleh sonic150.

Semoga saja kesimpulan ini tidak terlalu jauh dari kondisi sesungguhnya. Dan semoga saja dengan hadirnya sonic150, pihak suzuki segera tanggap dengan mengeluarkan inovasi motor terbarunya. Sehingga persaingan bisa menjadi lebih berimbang baik antara yamaha, honda dan suzuki. Ane sebeneranya mengaharapkan kehadiran hayate injeksi 150cc, sepertinya akan sangat mantab untuk harian dan touring.

Sampai disini ulasan perbandingan antara sonic150 dengan satria fu 150. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

33 Komentar

  1. Mayoritas rider Indonesia msh mengutamakn penampilan dibanding spek mesin, jd selama tampang Sonic mengena dihati para riderr, dijamin dia akan sukses. Silahkan dibandingkan dgn motor2 yg sukses dipasaran saat ini.

  2. kog overstroke?
    hehe ga mungkin model.mesin mepet persis..mau saling makan sesama jpg? itulah hebatnya jpg..sampai strateginya pun ga kebaca..topppp

  3. Pak Dosen dulu jenengan bikin artikel mesin square spek tanggung market tergantung. ini berlaku untuk Sonic g pak? kan mesin sonic mendekati square.

  4. CR Fu masih bisa dinaikin tu…
    Karbu bisa swap pkek punya kk FXR yg BST29 jd irit…FU 227cc saya juga irit…gak perlu bejek gas dalam2 udah ngacir…boleh test ride kalau gak PERCAYA hehehe safety ride tetep ya…

  5. kayaknya bakalan rame nih…sperti yg ane bilang diartikel dulu..sonic150 kayak vario125….lebih cepat gt125…tp lebih kencang hayate….cukup ditengah2 aja…

  6. Kalau dilihat PRODUK nya ( sonic ) lebih unggul di fitur dgn satria Fu sekarang, kalau sisi engine belum tahu..
    Kalau dilihat dari BRAND nya ( honda ) lebih baik dari suzuki dalam hal 3S nya..
    Tinggal kembali ke konsumen, motor yg lebih laku berarti konsumen lebih percaya dgn produk tsb karena lebih banyak nilailebihnyaa, semoga suzuki 3S nya diperbaiki biar lebih bersaing..
    ” kalau di kendaraan bukan hanya topspeed yg tinggi yg keluar jadi pemenangnya kan???”

  7. itulah strategi motor jepang, tidak begitu dibentur benturkan secara langsung( mirip – mirip saja ), dan akhirnya bikin bingung konsumen pilih yang mana, tinggal strategi pemasaran dan kondisi asli di jalanan yang menentukan ke depannya.

  8. mudah2an yang ini udah ditulis dengan benar, tidak ada salah spek yang disengaja seperti yang bagian 1 sebelumnya.

  9. orang jepang pintar semua, dibikin seolah2 mereka bersaing, kita gontok2an. yg menang tetep jepang.. kita tetep pecundang.hahahaha.. kita tetep dijajah jepang.
    salam [BELUM] merdeka

  10. power terbesar sonic torsi terbesar mx king, sonic berada di tengah2 om gokil mnurut ane malah nnggung, tpi mnurut tekno dn desain (bukan power dn torsi) sonic memang patut diapresiasi
    om ninja klw gk mau pke prod jepun, jgn bawa2 ninja 150senya dunk, harusnya beli pke vi@r atw m1nerv@ mski sbnrny mesin chin@ pnya jga ngerti um njnj@150es-e wkwkwk.. 🙂

  11. bagusss
    tetep Suzuki Satriaa pak dhosen apalagi Nannti akan ada all New Suzuki Satria …wait n see itu dulu ahh..

    btw dr atas tengah bahas ayam jago ehh paling bawah mikir Hayate 150 ??? bukannya itu matic pak koreksi kalau ane salah tangkep ?? bahas dilain artikel menarik tuh matic Suzuki

  12. Mantap sonic dong.bobot lebih berat menandakan kualitas material yg lebih bagus dirangka.dgn jarak 800 meter sonic bejabanlah.slanjutnya ada tikungan.fu udah ketinggalan.untuk mx walau torsi lebih gede sedikit tapi krn ban besar dan bobot ya jelas kalah jauh lawan sonic. Kesimpulan sonic racikan yg tepat.

  13. Bagus analisanya,,pak dosen ini sebenarnya blog netral..tp tetep saja ada fb yg nuduh dia sebagai blog fbh…terlalu.lanjutkan pak dosen

  14. Ini blog yg tepat untuk tahu mesin,kalo pengin cakar2an..sono tuh di blog sebelah,,,blog nya bagus sebenernya,,tp fb2 nya kalo coment sampah semua,,isinya bocah labil,,,wkwkwkwk

  15. karakter sonic 150 yg long stroke jdi ketertarikan sndiri..
    klo mw bore up gak prlu stroke up lagi jdi lebih hemat biaya

  16. Akankah sonic nsibnya sperti cb150 vs nvl, dmna wktu itu cb150 dbuat mirip old vixy tp trnyta ymaha ngeluarin nvl yg scra model beda total dg old vixy, pd akhirnya penjualan cb blm bisa mksimal bhkan utk mndekati MS nvl, cz kbrnya suzuki mo keluarin all new satria injeksi, ato ini emang sngja strategi dr principal d jepan, we’ll never know

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Spesifikasi-Fitur-Style Sonic150 Tanggung atau Justru Komplit [Bagian-1] | motorgoodness
  2. Performa Engine Sonic150 Nanggung, Bagaimana dengan Potensinya ? | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan