Spesifikasi Sonic150 Sudah Keluar. Komparasinya dengan Rival Membuat Suka dan Duka

right full

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Siang tadi IWB mengabarkan bocoran spesifikasi sonic150, berikut bocorannya :

spec sonic150[Sumber : IWB]

Dan ketika dikomparasikan dengan rivalnya satria fu dan mx king, ….

spec sonic150 vs fu vs mxking

Ternyata pwr sonic150 masih di bawah satria fu, hal ini disebabkan power satria fu yang memang lebih besar dan bobotnya yang lebih ringan. Dan dari tabel tersebut juga menunjukkan bahwa pwr sonic150 berada sedikit di atas mx king.

Untuk torsi yang terbesar dimilki mx king, tapi karena bobotnya yang paling besar maka nilai twr mxking hanya sedikit di atas rivalnya. Alhasil performa sonic150 berda di tengah-tengah, baik pwr maupun twr nya.

Dan yang cukup menggembirakan, ternyata power maksimum sonic150 berada di rpm yang cukup tinggi sama sedikit dibawah  fu yaitu di 9000 rpm. Artinya kemungkinan besar topspeed nya akan mudah di capai di gigi-6 pada 10000 rpm. Begitu pula dengan torsinya yang diletakkan di rpm yang lebih rendah dibandingkan satria fu, maka sonic150 akan memiliki akselerasi yang lebih maut dibandingkan fu di 7000 rpm, meskipun masih di bawah mxking.

Sementara itu dulu hasil komparasi performa antara 3 motor bebek super dari 3 pabrikan yang berbeda. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

57 Komentar

  1. Penasaran sm performa realnya, apakah kombinasi dohc square/overstroke yg dpadu sm rra dan karakter torsi sm powernya bs jd kombinasi jitu melawan kompetitor. Just wait n see.

  2. Dari Top speed lumayan jg sepertinya sonic ini nempel Fu, Mx king jangan dibawa karna dia buat bawa belanjaan ke pasar wkekekek. Kita lihat aja nanti dragnya, asal jgn majalah ot*motif si tukang kibul yang comparenya selalu mengunggulkan ymhmud.

  3. woho… mencla mencle.
    konsisten lah pak dosen…
    tulisan sapeyan itu kadang terlihat….ah…sudahlah…

    seharusnya akselerasi sonice dohc overstruk memble ini diatas mx king, dan dibawah satria fu.
    diatas malah anda tulis akselerasi sonice lebih maut dari fu tapi masih dibawah mx king.

    • kayaknya typo yah, maklum buru2 ngetiknya mau sholat isya + tarawih
      gara2 terbawa tulisnnya iwb yang di alinea ke-2
      “Selain beberapa poin diatas…..new Sonic 150R memiliki bobot 114,2 kg dengan power disebut 11,5 KW@9,500RPM (sekitar 15,5 HP) dan torsi 13,5NM@8,500RPM.”

    • Gak ada enaknya om. Berasa terbang. Nyawa rasanya di ujung spakbor. Tp gak tau deh klo om roy. Klo ane sih tetep no.

      • Bro fa74@ sedikit upgrade udah stabil Om. ganti ban depan 80/80 belakang 90/80 udah cukup membantu jaga kesetabilan di kecepatan tinggi. kalo ban standart ane jg angkat tangan. diatas 120 km/jam dah gedek2.

      • kalo std ya gak enak, bannya diganti, shock depan n belakang di ganti yang enak buat hi speed.

        semua motor bebek di hi speed ya gak enak. termasuk sonic, fu, etc. kalo mw enak ya motor batangan berfairing.

    • Adik gw juga punya FU, enak sih cuma kalo liatin tachometer nya biar kata korekan tetep lebih enak liatin Tornado GS, naik nya lebih cepet apalg sama2 korekan. cuma sayang nya 4 speed doank.

      kalo CBSF std di gear 6 mentok di 9500 rpm. too bad.

  4. wah wah…
    itu belum official bro gokil

    kok mau aja nyomot berita dari sumber abu-abu
    yg terjadi malah simpang siur dan penyesatan informasi…

    😀

    tuh diatas udah pada tereak khususnya geng pantat merah aka fby

  5. yg bener tuh spesifikasi bannya? kok plek seperti supra 125 ? aku lihat di teaser ban belakang kelihatan lebar.

  6. Ane lbh condong ke mx king 😀
    jngn lupa dia pake ban paliiiiiing gambot dr ke-3 nya, gambot bnget malah..
    mau liar tinggal dicacingin!
    plus,, sasis mx series plng balance bwt bebek sport, nempel bnget di aspal, gk ada gejala ngebuang. Fu gmpang oleng kena jalan gk rata + angin, sonic lawas msh ada gejala selip ban belakang klo buat accel saat rebah (ntah yg bru ni) 😀
    kelemahan mx king cuma nafas pendek & rem yg gk pakem, toh bisa disetting lg..
    plus..
    buat boncengan mx series plng nyaman, bawa barang plng banyak, inget.. Ni bebek bukan sport murni, bnyk hal yg jd pertimbangan selain speed! :p

  7. Jujur saya kecewa dengan Sonic, penantian lama tp hasilnya mengecewakan, kenceng enggak, akselarasi juga engga

    Bore x stroke sonic aja persis dengan Verza. Ini DOHC rasa SOHC..

    Saya berharap di CB aja yang mampu melawan sport yamaha

    Say goodbye untuk sonic..

  8. Untuk speed: FU
    Untuk akselarasi: MX King

    Saya pikir bebek super/ayago yang pling pas cuma kedua motor ini, bukan sonic

    Mending CS 1 kalau begitu

    Apalah artinya led di Sonic, toh nyala bohlam lebih baik dari pada led, led vario new 125 dirumah sy aja ga terang banget

    • Klo led ane gk peduli terang gak nya.. Mahal nya itu looh!!
      motor low end aja pake led,, toh umur bolam yg lbh pendek dr led gk berat di kantong kok klo mesti gonta ganti,, gak mungkin jg setahun udh putus wakakkkkkk…
      mubadzir banget motor biasa pake led, harga led nya bisa dialokasikan buat ugrade part yg lain malah

  9. slm kenal pak dosen, ane anak sumenp kepulauan yg dah 15 tahn mrantau di sulsel ; bagi ane yg dah berkeluarga + anak 1, makin mantap mau nebus mx king sesuai tipikal jalan pegunungan di kab.luwu timur, insyaAllah setelah lebaran n istri dah restu, ane termasuk orang yg sering gonta ganti motor mulai F1ZR 1 thn, MX generasi awal 3 thn diwariskan ke adik, vixion awal 2 thun, selesai kuliah jual vixy (rencana pulang ke jawa eh taunya lulus cpns di luwu timur) nyesel jualnya….terus ambil blade awal cuma pake 3 buka (setasa mau nangis, klo ditanjakan n trek lurus soalx dah terbiasa pake vixy, over kredit lah si blade ambil lagi vixy SE, eh sebulan kemudian muncul njmx hiks…setelah pake 3 thun 50.000 km ane jual ke teman, istri ane beliin mio soul second edisi awal, sisanya buat modal usaha, setahun belakangan ini ane sehari2 pake motor dinas shogun125R (blunder suzuki substitusi ni motor jadi axelo)…rencana ni motor mau ta over ke bidan desa soalx dah mau ganti plat..mohon maaf klo kepanjangan…

    • ane rasa kalau untuk melibas jalanan yang penuh tanjakan, motor2 yamaha memang yang paling ok
      cocok memang kalau ente pilih mx-king, bodynya juga paling keren untuk kelas bebek

  10. Assalamu’alaikum Pak Dosen Motogokil, perkenalkan saya adalah silent reader dari blog Anda. Dan saya menikmati setiap tulisan yang Anda buat. Saya bukanlah Fansboy pabrikan manapun. Saya punya motor Vario dan yang terbaru adalah New CBR150R dan mobil saya brand Toyota. Saya naksir dengan NMAX dan mungkin saya akan indent 1 unit untuk menemani Vario lawas saya. Saya tipe orang yang kadang kritis tentang sesuatu dan khususnya yang sedang booming ini adalah New Sonic. Ini motor saya ingat pernah menjadi barang wah di tahun 2000-an dan waktu itu saya masih mahasiswa yang cuma mimpi untuk beli itu Sonic. Kembali kemasalah produk Sonic 150R ini, ada pro dan kontra dan itu wajar saja namanya juga perbedaan pendapat itu sah-sah saja. Beda kepala maka beda presepsi juga dimanapun akan dianggap wajar. Oh iya Pak Dosen, saya gak punya background mesin dan cuma tau beberapa istilah tentang mesin. Setidaknya saya ngeh lah kalau ada yang nanya apa itu DOHC, SOHC, Overbore, Overstroke, etc. Maklum dunia pekerjaan saya gak berhubungan dengan hal tersebut.

    Menyikapi produk baru Honda ini secara general, saya fikir ada yang unik untuk di kritisi (mari sama-sama enyahkan emosi sesaat..). Berawal dari motor CBR150R yang saya miliki saat ini kadang saya merasakan bahwa ketika saya gunakan nggak pernah nyentuh di high-RPM nya. Padahal ketika jalan agak sepi saya mencoba untuk mengail tenaganya hingga limit RPM nya cuma begitu mulai masuk ke 10.000RPM kondisi jalan mengharuskan saya untuk menurunkan kecepatan. Mungkin saya adalah satu dari banyak orang yang memiliki CBR150R yang mulai merasakan mubajir memiliki motor ini. Okelah jika untuk coba di sirkuit sudah pasti akan bisa merasakan sensasi di putaran tinggi ini mesin CBR cuma apa iya di sirkuit semuanya track nya lurus??khan ada tikungan juga….. Malah saya pernah berfikir mending jual ini motor dan beli motor matic lagi (NMAX) daripada mubajir motor jarang banget dipakai di RPM tinggi. Adik saya sampai pernah bilang “apa bedanya sama motor bebek??” Hehehehehe

    Oh iya, istri teman saya bekerja di AHM dan dari beberapa cerita, dari kebiasaan AHM selalu mendasarkan development sebuah produk dari needs yang ada di market. Mereka banyak lakukan studi pasar bahkan melakukan beberapa kali group discussion dari sebuah konsep produk lalu disempurnakan kemudian barulah di produksi. Tanpa ingin membela atau menyanjung AHM, cara dan pola development produk ini adalah yang sesuai dengan teori dan praktek sebuah bisnis (mulai dari konsep, produksi, sales, marketing). Jadi jika reflect kembali ke konsep Sonic ini, saya fikir setelah mereka melakukan studi pasar yang panjang sehingga mereka sudah melihat hasil (mungkin dalam bentuk prosentase) dari sebuah pertanyaan “berapa banyak orang di Indonesia yang mengendarai motor dengan high-RPM dan berapa sih rata-rata RPM orang Indonesia berkendara dengan motor, jika ada yang mengendarai dengan high-RPM maka biasanya orang tersebut mengendarai motor harian atau balap atau kondisi tertentu??. Mana yang lebih sering??. Nah dari pertanyaan ini mungkin terciptalah konsep mesin baru Sonic 150R ini. Pertanyaan bodoh boleh saja kita ajukan “apakah ini bukannya downgrade??. Ah ini mah DOHC abal-abal…”ah ini mah DOHC rasa SOHC…” It is fine cuma….sebegitu bodohnya kah AHM?? padahal jika mereka ingin performa diatas segalanya toh mereka bisa tinggal pakai mesin CBR150R (atau CB150R) ini ke body Sonic150R ini. That’s a truly simple…right??.

    Kembali ke data yang Pak Dosen cantumkan di artikel ini, melihat data FU masih di atas peforma dari Sonic ini bolehlah kita bertanya “apa iya setiap orang pakai FU selalu gass poll sampai ke tenaga puncaknya???. Kalaupun ada berapa persen sih dari pengguna FU?? 10%, 20%, 50%, 70% atau 100%??. Apa iya performa adalah satu-satunya alasan orang membeli FU??. Kalau dipakai katakanlah dari Depok-Bandung-Bandung-Depok (atau tanggerang-jakarta-bogor-tanggerang) berapa kali sih pengguna FU itu bejek gass sampai poll??. Berapa KM sih pengguna FU itu bejek gass sampai poll??.Trus banyak mana orang pakai motor in terms of power antara putaran rendah-sedang dengan putaran sedang-tinggi??. Kalau jawabannya paling banyak orang pakai di putaran sedang-tinggi maka saya yakin AHM akan pakai mesin CBR150R di bodi Sonic ini. Saya fikir AHM gak segoblok itulah….toh mereka juga sudah punya mesin DOHC Overbore…lho ini kok malah buat yang all new engine…what are they doing???….bener khan Pak Dosen….

    Lalu melihat data kembali….bolehlah saya berkesimpulan…bahwa memang sasaran tembak Sonic adalah MX-King. Mungkin kebanyakan para pemakai MX-King (atau Vixion) adalah majority orang yang gak butuh banget power di high-RPM namun mereka melihat value lain dari sisi desain….makanya diciptakanlah mesin baru Sonic ini yang mirip dengan MX-King (atau Vixion) namun sisi desain juga boleh dibilang bagus.

    Lhaa trus hubungannya dengan FU??? Yaahh mungkin..melihat dari sisi performa boleh jadi Sonic ini bukanlah tandingan bagi user FU namun hanya di high-RPM (koreksi jika saya salah) tapi di putaran rendah-sedang Sonic masih mampu bejaban dengan FU. Berapa banyak sih rider yang gass poll??apa iya sepanjang jalan mau gass poll terus??. Kalau udah kayak gini maka diferensiasi dari Sonic vs FU adalah fitur…seperti kasus buyer MX..performa sedang (not bad) tapi desain ganteng…orang beli deeh tuu MX…dalam praktek marketing strategy ada istilah Canvass Strategy nah saya fikir inilah yang sedang AHM mainkan..I guess…

    Kalau mau lebih bagus lagi, mungkin Pak Dosen bisa buat data pada kilometer berapa Sonic ini dapat melibas MX-King dan FU dan pada kilometer berapa Sonic akan gantian dilibas FU (atau MX-King)…lalu biar lebih keren lagi dari track katakanlah dari Jakarta-Bogor di daerah mana sih panjang track nya bisa sesuai dengan data tersebut….atau kalau diadu di Sentul dengan sama-sama standard…pada section mana Sonic bisa melibas dan dilibas….kemudian diambil katakanlah 20 putaran mungkin kita bisa hitung diatas kertas siapa yang bakalan sampai finish duluan…hehehehehehe

    Mungkin gitu aja dulu kali yaah Pak Dosen….maaf nih kepanjangan dan sekali lagi saya yakin AHM is not playing dumb with us in this case…udah punya DOHC Overbore eehh ini malah bikin mesin baru (rasanya kok aneh yahh)…lagian Sonic nya juga belum brojol eehhh ini mah malah udah ribut-ribut gak jelas…(kayak mau beli ajee…wkwkwkwkwk) dan koreksi jika komentar saya ini salah…..

    Terima kasih.

    Wassalam,

    Silent Reader

    • sebenernya dari pengalaman menggunakan nvl dan cbr, ane sih sudah tahu performa sesungguhnya ketika di jalan dari pruduk yamaha dan ahm
      dari artikel yang ane tulis, biasa saja, nggak ada yang spesial.
      ane tulis mxking torsinya paling besar, satria fu powernya paling besar, sonic150 ada di tengah2
      dan pastinya ahm sudah mempertimbangkan dengan matang semua konfigurasi untuk sonic150. mulai dari style, fitur mapun performance. dan umumnya performance nya dibuat pas-pas an, bahkan kalau perlu powernya di-downgrade dari motor sebelumnya. jadi wajar cbr150 powernya 17.1 ps (bobot 134 kg), cb150r 17 ps (bobot 129 kg) dan sonic150 15.64ps (bobot 114.2 kg)
      kalau pernah merasakan cs1 yang cuma 12.8 ps dengan bobot 114 kg, maka pasti akan merasakan akselerasi sonic150 begitu dahsyat dibandingkan cs1, karena dengan bobot yang hampir sama ditarik oleh power yang 2.8ps lebih besar. ane rasa segitu sudah cukup untuk melawan satri fu. apalagi jika melihat ke thailand bahwa sonic125rs yang powernya cuma 13ps saja mampu membuat repot raider150.
      mengenai bagaimana akselerasi dan topspeed ketiga motor ini bisa saja dibuatkan perhitungannya, asalkan sonic150 sudah memilki rasio gearbox yang pasti, seperti yang pernah ane buat untuk motor sport 150cc, coba lihat artikel2 lama tentang ini

  11. Om gokil, beneran tuh kompresi sonic 11,3??
    Sepertinya kok malah dejavu yo coz kompetitor kompresi cm 10,… & aman nenggak premium, tulung pencerahane om coz di lantai TPT tertulis 149.16cc trus jdi 148,…cc, sing bener mana kie etungane….

    • kalau menurut ane nggak mungkin ahm bikin motor dengan cr 11,3 tapi powernya cuma 15.64 ps untuk 149.16cc
      setau ane nggak ada motor ahm yang cr nya di atas 3

  12. jika memang spesifikasi yg diberitakan M+ ini benar untuk sonic 150r, analisa sya ini agar tidak menciderai penunggang CB150r (17 ps) dan all new CB150R (yg disinyalir memiliki HP lebih besar dr sonic 150r) dan CBR150r (17,1 ps). lagi2 mungkin ini strategi AHM untuk menempatkan produk sport 150 nya di ranah nya masing2..klo mau gesit dan untuk dalam kota, bisa pilih sonic 150r, untuk tampilan gahar dan touring CB150r jawabannya. dan untuk sport, yg memiliki tipikal mesin hi revs ada CBR150r.

    mungkin in hipotesa saya.

    sepengalaman sya, mesin baru buatan honda itu memiliki kualitas bagus. contohnya saja mesin CBR250r yg pda kitiran 10500 rpm bsa mencapai top speed on speedometer ~170 km/s, bandingkan dgn ninja 250 pd kitiran 13000 rpm bsa mencapai ~175 km/s. top speed 1 sil tdk terpaut jauh dgn 2 sil. ini mmbuktikan jika honda dalam membuat mesin baru itu tdk main2.

    kasus serupa mungkin akan terjadi di new sonic dan new cb ini. meski karakternya bukan mesin hi revs, tpi untuk urusan top speed tdk akan kalah. ~135-140 km/s di rpm 9500 masih masuk akal

    salam overbore

  13. untuk kompresi sih…mungkin kayak vario 125….kompresi gede..
    kalo menurut analisa ngawur ane….
    mx king = gt 125 = tarikan yahud
    sonic 150 = vario 125 = imbang
    satria fu = skywave/hayate = lemot awal..tp top speed kenceng
    £

  14. Sonic 150 R
    Power maksimum : 11,5 kW/9.000 rpm
    Torsi maksium : 13,5 Nm/8.500 rpm
    Jupiter MX King 150
    Power maksimum : 11,3 kW/8.500 rpm
    Torsi maksium : 13,8 Nm/7.000 rpm
    Satria FU 150
    Power maksimum : 11,7 kW/9.500 rpm
    Torsi maksium : 12,7 Nm/8.500 rpm
    Siapa yang lebih nampolll…..????

  15. cie2, skrg fbh blgnya mau ngebut dmana, apa iya mau gaspol trs? dl aja kl ada kata2 gt mreka pada ngeledekin, ngiahahaha…

  16. baru kali ini liat komentar2 yg mencerahkan terimakasih semuanya, dari diskusi ini ane jd lebih bisa menerima kondisi sebuah produk otomotif sesuai peruntukannya, bukan hanya mengedepankan emosi sesaat. haturnhun pa Dosen.

  17. Yang Pasti semua cuma bisa ngeributin DOANK 😛 😛 😛

    tapi ngga ada yang mau beli 😀 😀 😀

    Sontoloyo.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan