Terlalu Banyak Motor Sport Ber-Engine DOHC, Lalu Bagaimana yang Masih SOHC ???

Diposting pada

project dohc150cc

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Seperti yang pernah ane prediksi satu tahun yang lalu, bahwa pasar motor sport akan dibanjiri oleh motor ber-engine dohc [artikel], maka sepertinya prediksi tersebut akan terwujud dalam waktu dekat. Bayangkan selain sport dohc yang sudah eksis seperti satria fu, old cb150r, cbr150r, cbr250, ninja250, z250, 250sl dan r25, semester depan akan dibanjiri oleh jenis baru yaitu new cb150r (k15) sebanyak 225.000 unit dan sonic150 (k56) sebanyak 100.000 unit.

Itu baru dari honda saja, bagaimana jika kawasaki melokalkan ninja 250sl dan suzuki mengeluarkan sport 150 dohc nya ? Maka motor ber-engine dohc akan semakin mendominasi pasar.

dohc engine

Kata-kata (jargon) iklan engine dohc juga akan semakin sering terdengar. Bisa dipastikan dengan mereferensi engine motogp yang berjenis dohc, maka akan diiklankan bahwa dohc lebih “keren” dari pada sohc, dan sangat sulit untuk mebantahnya. Seperti itulah kondisi pasar motor baru, begitu pula pasar motor bekasnya. Motor ber-engine dohc akan banyak mangkal di depan pasar motor bekas (sekarang sudah banyak). Dan jika motor ber-engine dohc sudah terasa jamak ditelinga konsumen, maka bisa-bisa engine sohc akan terasa inferior.

Mesin bergenre sohc memang masih sanggup eksis, tapi posisi nya bukan sebagai motor pada level high end, akan tetapi sebagai motor sport entry level. Yang mana pada motor jenis ini yang diutamakan bukan masalah gengsi dan topspeed, akan tetapi lebih pada fungsi dan torsi yang erat kaitannya dengan alat transpoertasi yang efisien.

Harga-Yamaha-Byson-+Tough+-Blue

Motor jenis ini masih sangat banyak peminatnya karena harganya lebih murah, minim perawatan dan irit. Beberapa pabrikan sudah merilis motor jenis ini seperti verza, new mega pro, byson, thunder, klan pulsar, apache dan lain-lain.

verza

Sesungguhnya untuk keperluan harian, aplikasi sistem cam sohc dan dohc tidak terlalu mempengaruhi performa engine [artikel]. Justru engine sohc akan memilki kelebihan dari sisi efisiensi. Sedangkan untuk engine dohc baru akan terasa kelebihan ketika akan digunakan untuk balapan. Akan tetapi  adanya persepsi kelebihan dohc dibandingkan sohc lebih pada “image” yang mereferensi pada motogp (balap). Ya bisa dimaklumi, motor sport (apalagi yang full fairing) sudah sewajarnya jika harus kencang. Dan motor kencang adalah motor balap, dan balapan motor adalah motogp, pas kan ?

Jadi motor sport entry level masih aman menggunakan mesin sohc. Sedangkan motor sport yang diposisikan sebagai level atas tapi bermesin sohc, harus segera berbenah. Karena kalau tidak, pamornya akan tertutup oleh hiruk-pikuk iklan/propaganda motor bermesin dohc. Dan tentunya yang ditakutkan adalah turunnya penjualan (market share) akibat dari propaganda ini.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

32 thoughts on “Terlalu Banyak Motor Sport Ber-Engine DOHC, Lalu Bagaimana yang Masih SOHC ???

  1. SOHC irit dan torsi gede, udah itu aja, ga usah muluk2 , indonesia lebih cocok torsi dibanding speed, apalagi di Jakarta mtor torsi gede sejenis megapro byson verza tiger pio vixion emang lebih cocok. Imho

  2. DOHC, lg ngebahas motor sport kan? SOHC, buat matic! blm pernah tau ada matic DOHC. jd ke dpn nya SOHC buat matic! buat efisiensi!

  3. Masih penasaran vixion bikin overbore saja. Sayang yimm bukannya bikin overbore buat r15.
    Cs1 aja enak banget.

    1. DiaCyl nya yg ga mngijinkan kolter /melakukan bore up dgn mudah gan
      ga kaya kompetitor,
      ente mau bore up itu ya minimal piston set plus blok -head
      (liner dll dst) yg mrupakan part aftermarket, bisa keramik atau bahan lain
      which is ngga murah

  4. Motorku Yo sik SOHC, udh msh SOHC ini mahal jg, butuh brtahun tahun ni kumpulin dwit buat mminangnya..tp gkpp meski sohc nih dah knceng bgt gk pernah lbh dr gg4 bawanya dah ngeri sendiri

  5. Ya biar cepat berbenah vixion diupgrade jadi dohc,tapi klo sohcnya aja harganya segitunya terus klo keluar vixion dohc mau dikasih harga berapa? Itu masalahnya

  6. seandaix verza didesan lebih agresif monosok pasti penjualan melebihi cb/vixion, gak butuh dohc/sohc multy klep… murah keren! itu sudah jadi mainset masyarakat, sama halnya makanan,,, murah, banyak, n enak pasti laris!!!!

    1. kalau honda mau bisa aja verza jadiin 4 klep 2 cam,
      yg dipasang di mesin 1 cam dgn 2 klep (1 in 1ex)
      yg 1 cam dan 2 klep sisanya jadiin gantungan kunci atau cadangan alias serep
      udah, jadi deh verza 4 klep
      wkwkkw

  7. sy pribadi gak milih sohc atau dohc, superior/inferior mana
    tp yg jelas dohc dimensi mesin lebih gede & itu lbh keren untuk motor naked
    apalagi satria fu. udah dohc, pendingin udara pula..padet

  8. Jangan samakan SOHC Byson dan Verza 2 klep dengan generasi NVL dan MX king yang udah 4 klep Dysil silinder dan forged piston

  9. Setuju sama p dosen,motor berfairing harus kencang karena itu sudah minset d masyarakat,untuk motor fairing masyarakat masih berkaca sama ninja,ninja kan terkenal karena kencang.

  10. Kayaknya gak ada motor sport yang SOHC? sport kan pasti DOHC? Kecuali kalo ada yang pengen nye-port pake SOHC baru tu motor jadi motor sport.

  11. Tiap masa itu ada trendnya, seperti; karbu berubah jadi injeksi, 2 tak berubah jd 4 tak, SOHC berubah jd DOHC, 250cc satu silinder jd dua silinder, tutup tangki jendol jd tutup tangki rata. Pabrikan yg terlambat mengikuti trend akan ketinggalan dan ditinggalkan

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan