New Byson FI Lebih Unggul Performanya Dibandingkan Old Byson ?? Berikut Ini Komparasi Spesifikasinya

byson old and new

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Kemarin New Byson FI baru saja diluncurkan oleh YIMM, dan ternyata spesifikasinya bisa dikatakan sama dengan yang ada di India. Menurut berbagai sumber mengatakan bahwa akselerasi dari new byson fi lebih tinggi daripada old byson, masa sih ? Pertanyaan ini biasa saja, karena ternyata power dan torsi new byson fi ini lebih kecil dibandingkan dengan yang old, wajar saja sih karena kubikasinya lebih kecil.

Berikut ini komparasi spesifikasi old byson dan new byson fi, silahkan diamati

Selain sistem pengabutannya yang berbeda (old : karbu, new : fuel injection), minmal terdapat 9 perbedaan pada spesifikasi keduanya.

komparasi spec byson fz15

Sehingga jika dinyatakan “New Byson FI lebih powerfull dibandingkan Old Byson”, maka pernyataan ini dapat disetujui dan juga dapat disangkal dengan melihat spek di atas :

Menyetujui : Karena bobot new byson fi (NBFI) lebih ringan 4kg dibandingkan old byson (OB)

Menyangkal : Karena beberapa spesifikasi berikut

  1. Power old byson lebih besar, bahkan digapai pada rpm yang lebih rendah OB : 10.1 kW/7500 rpm, NBFI : 9.61 kW / 8000 rpm. Jadi seharusnya old byson lebih dahulu terasa dibandingkan new byson fi.
  2. Torsi old byson lebih besar dibandingkan new byson fi
  3. Jika dikombinasikan dengan bobotnya maka baik PWR maupun TWR old byson masih sedikit lebih besar. OB : PWR = 0.07372 kW/kg,  TWR= 0.09927 Nm/kg, sedangkan NBFI : PWR = 0.07226 kW/kg,  TWR= 0.09759 Nm/kg. Dengan data ini seharusnya menunjukkan bahwa OB lebih cepat akselerasinya dibandingkan NBFI.
  4. Roda yang digunakan OB (120/70) lebih kecil ukurannya dibandingkan NBFI (130/70), otomatis OB lebih ringan untuk berakselerasi.

Yang mungkin masih bisa (blur) menyetujui bahwa NBFI lebih cepat akselerasinya adalah total reduksi rasionya, yang kebetulan masih belum di-publish. Sehingga jika reduksi rasionya lebih ringan, maka ada kemungkinan NBFI akselerasinya akan lebih nendang daripada OB.

Semoga saja pernyataan pembesar yamaha ini benar adanya

“Powernya memang sedikit turun tapi bobotnya lebih ringan 3 kg, sehingga power to weight ratio-nya lebih baik. Akselerasinya lebih baik 1 detik dalam jarak 400 meter,”

“Sebenarnya penurunan kapasitas ruang bakar adalah kombinasi yang pas agar bisa lolos standarisasi euro3 tanpa mengurangi performanya dan mendapatkan fuel consumption yang baik lebih irit hingga 18 persen dari versi karburator,” penjelasan dari M Abidin, GM Technical Service & Motorsport PT YIMM.

Sehingga para pencinta byson benar-benar mendapatkan nilai lebih dengan rilisnya new byson fi ini. Yaitu meskipun konsumsi bensin semakin irit, akan tetapi tidak mengorbankan performanya.

Begitulah kiranya sedikit ulasan dan analisis perbedaan spesifikasi dan performa old byson dan new byson fi. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

21 Komentar

  1. yg beli byson langsung dimodif spy kencang….
    pake ban cacingan, bore up pake piston carry 1000, klep pake punya camry, knalpot pake pipa paralon 4 dim, injector ganti yg 100ml/s, pasang oil cooler dan jangan lupa pake lampu kerlap kerlip.

  2. Apa penyebabnya Byson lbh lemot dibanding NVL pdhl sama2 150 cc? selain faktor harga tentunya! xe…xe…xe…

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan