"Sesuatu" dari Hasil Ngelencer di Malaysia dan Thailand

Jpeg
Jpeg

Assalamualaikum wRwB

Salamsejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Ngelencer yg cukup melelahkan di negara jiran, mendapatkan cukup banyak pengalaman. Baik mengenai masalah dokumen maupun pengenalan “sesuatu” yg jarang terlihat di Indonesia.

Yang pertama terlihat adalah kota yang maju di Malaysia  terlihat sangat teratur, tapi kaku. Model sudah seperti eropa, banyak mobil dan sedikit motor.

P_20150610_112124_1M

Tapi masalah macet,  sama saja cuma nggak seberapa parah seperti jakarta.

Yang kedua, banyak dijumpai komunitas moge, rata2 campuran. Ada supersport ada juga hd. Rider nya juga nggak selalu berbadan besar, ada juga yang kelihatan kecil.

P_20150612_091823_1

Yang ketiga, banyak jalan lurus panjang (tol) yang mana motor boleh lewat, mungkin sebab ini juga banyak moge. Sayangnya cuma disediakan lebar sekitar 1,5 meter, dan ada kamera memantau kecepatan. Jadi jangan harap bisa seenaknya ngebut.

P_20150612_110000_1

Yang keempat,ternyata di propinsi yg kurang maju, kondisi permotoran lebih jelek dari kita. Di daerah ini masih banyak motor jadul, kebanyakan honda bebek prima lengkap dengan dek putih dan nopol di selebor depan. Terlihat unik dan lucu.

P_20150612_082213_1

Yang kelima, di Thailand bagian selatan ternyata kondisi mirip Indonesia. Bedanya kondisi jalan labih bagus di luar kota, di dalam kota sama saja, sempit dan macet. Mobil didominasi model double cabin, segala merek. Katanya mobil jenis ini yg paling murah, yg mahal bbm nya karena harus pakai sekelas pertamax+. Jadi hitungannya beli bbm bukan beli mobil.

P_20150612_170128_1

Sedagkan motor didominasi oleh motor bebek dengan keranjang di depan.

Jpeg
Jpeg

Segitu dulu “sesuatu” yg jarang ada di Indonesia, tapi ada di Malaysia dan Thailand. Nggak bisa banyak ngetik, maklum ngetik sambil terguncang di bis jalur Thailand – Kualalumpur.

Semoga bermanfaat, wassalam’alaikum wRwB.

15 Komentar

  1. koreksi gan.di jalan tol malaysia memang ada jalur kusus motor 1,5m,tapi itu cuma untuk motor kecil/gak ngebut,sedangkan untuk moge dibebaskan melaju dijalur cepat tanpa batas kecepatan.kecepatan di tol malaysia maximal 120km/jam(cuma untuk mobil,truk,bis).

  2. motor boleh masuk tol,,gak pake plat nomer depan,,,keren

    prima motor onda pling tren dmalaysia,keluar baru trus,,yg lain gak laku

    motor 2tak masih merajai,,rxz,125zr,rr

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan