Efek Negatif Upgrade Akselerasi di Sektor Engine, Pertimbangkan Bro…

upgrade kopling

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Sebuah motor standar diciptakan pabrik dengan performa yang mencukupi untuk keperluan harian. Semuanya sudah diukur, dirancang dan diuji sedemikian rupa sehingga baik performa maupun harganya pas bagi konsumen. Akan tetapi adakalanya konsumen merasa bahwa perferma yang diberikan masih kurang untuk keperluannya sehingga dilakukanlah upgrade performa, baik untuk keperluan akselerasi maupun topspeed.

Tentunya kita sering mendengar atau bahkan menjadi pelaku dalam upgrade engine, khususnya peningkatan akselerasi. Banyak cara untuk meningkatkan akselerasi sebuah sepeda motor, mulai dari yang paling ringan sampai yang paling berat. Dari masing-masing cara ini tentunya memberikan efek samping, alias ada untung dan ruginya. Berikut cara meningkatkan akselerasi yang dilakukan oleh biker, mulai dari yang paling ringan :

  1. Meringan reduksi ahir dengan cara menurunkan ukuran ban, menaikkan jumlah mata gir belakang/menurunkan jumlah mata gir depan dan ada juga dengan mendekatkan jarak antara gir depan dan belakang.
  2. Meningkatkan daya cengkram kopling dengan cara mengganti per kopling racing, mengganti kampas kopling racing dan mengganti rumah kopling dengan jumlah per yang lebih banyak.kampas kopling per-kopling upgrade kopling2
  3. Meningkatkan performa engine dengan cara boreup, strokeup, porting n polish
  4. Kombinasi dari cara-cara di atas.

Langkah nomor 1 tidak merugikan performa engine, malah menguntungkan bagi rider. Konsumsi bensin akan lebih irit jika motor memang digunakan untuk angkut-angkut (kerja berat) dan digunakan untuk daerah di pebukitan. Dampak lainnya adalah topspeed yang sedikit turun, dan hal ini tidak menjadi masalah, memangnya dalam kondisi ngangkut barang berat, atau di pebukitan baung ngebut ??

Langkah no 2 dan 3 dilakukan di dalam transmisi dan engine. Di mana dampak negatifnya yang paling terasa adalah pada penyalur tenaga dari crakshaft ke trnasmisi, apa itu ??? Kopling. Kampas kopling akan lebih cepat aus sehingga sering terjadi slip kopling. Dan jika kampas kopling dan per kopling sudah di-upgrade, maka dampak negatifnya akan menyerang karet damper antara rasio primer dan rumah kopling.

karet damper-kopling

Karet damper akan kalah dan lama kelamaan rumah kopling akan oblak. Yang lebih parah lagi jika sampai karet ini rusak dan rontok sedikit demi sedikit, maka butiran-butiran kecil dari karet ini bisa menyumbat jalur oli. Jika sudah demikian, maka tidak pakai lama akan banyak part yang aus, mulai dari noken-as, templar, bearing noken-as dan lain-lain.

Selain itu peningkatan akselerasi dengan cara seperti ini juga turut memberikan dampak pemendekan umur kepada gir belakang dan rantai. Apalagi jika sering melakukan engiine brake dan gas spontan, gir dan rantai akan lebih cepat rusak. Oleh karena itu adanya sedikit slip di kopling justru diperlukan untuk memperpanjang umur karet damper kopling ini, gir maupun rantai. Juga untuk memberikan rasa nyaman (smooth) saat tuas kopling di lepas. Dan untuk memberikan sensasi ini pabrikan menyematkan sebuah part yang namanya judder spring, yang terletak dibagian atas/bawah susunan kampas kopling.

judder-spring

Posisinya di dalam rumah kopling

judder spring2

Penampakannya adalah seperti ini

judder spring

Jadi, bijaksanalah jika ingin meningkatkan akselerasi motor kita. Jika dirasa untuk keperluan harian biasa, maka bisa dilakukan dengan cara mengganti rasio akhir. Kalaupun dilakukan upgrade di sektor kopling dan engine, penggunaannya harus wajar. Kalau tidak, maka resiko yang harus ditanggung lumayan berat.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

32 Komentar

  1. Singkatnya .. There is no replacement for displacement donk?
    Mau power dan akselerasi yang kuat dan reliable .. Ganti motor ke cc besar.

    Mocil dipaksain modif kencang bisa aja, tapi mengurangi umur pakai. Sudah hukum alamnya ya gan hahaha

    • tergantung bahan partnya juga, kalo kuat ya pasti tahan lama. kalo yang pasaran ya begitu lah. paling korter 100, ganti rumah kopling dengan yang bagusan etc.

      kalo untuk mesin mending pake forged piston dan diasil./nikasil

  2. klo buat matic gmn om????misal vario 125 dengan Round roller 12 gr dari ori nya 18 gr?selain engine brake yang pendek,efek negatif lain apa y??

    • Efek negatif pasti ente mbakal bocor alus.. Semakin sering menyumbang penghasilan ke bengkel dikarenakan klaker yg cpt oblak :mrgreen:

  3. Efek bensin makin boros nggak disebutin?

    Buat ane, klo kepingin motor lebih ngacir, topspeed lebih tinggi, tanpa efek samping, jawabannya NAIK KELAS. TITIK!!!

    Memang keliatannya mahal, tapi justru malah lebih murah dibanding oprak-oprek mesin kecil biar kenceng, butuh biaya. Belum lagi perawatannya, kena biaya lagi. Begitu bosen mau dilego pake acara distandarin dulu, duit lagi.
    Keluar duitnya sih mungkin sedikit-sedikit, tapi sering hehehe..

    klopun modif, buat ane mending modif tampilan ketimbang mesin. banyakkan manfaatnya ketimbang mudaratnya.

    • tapi bagi sebagian orang,ada yang berbuat karena kepuasan dan kebanggaan,dalam hal ini mungkin dia puas bisa ngalahin motor baru dengan motor tua,ngalahin motor besar dengan motor kecil

  4. Wah klu oprek mngoprek nih ibaratnya seni yg tk trnilai,,mslh uang bukan ukurannya, ukurannya kepuasan kesenangan,,dan karakter manusia itu tdk akn prnah trcukupi/Puas sampai akhirnya

  5. nah… itukan cuma gear dpn blkg, kopling house, dan cylinder… bagaimana dengan penggantian pompa radiator om gokil?
    misal vixion series pompa radiatornya pake yg eleltrik?
    kan vixion series pumpanya pake pergerakan dari kruk as….

    • nggak masalah asalkan suhu kerja segera tercapai dan terjaga
      terlalu dingin power akan turun
      terlalu panas engine akan overheat dan nge”jam”
      jadi harus tahu kapan harus berputar dan berhenti, control dapat dilakukan dengan bimetal

  6. Gak jaminan naik kelas bisa memenuhi hasrat bikers mendapatkan performa yg mereka inginkan..
    Tergadang mereka yg sudah naik kelaspun ingin dioprek lagi supaya yg paling kenceng di kelasnya..
    Hanya perasaan merasa cukup lah yg bisa menghentikanya.
    Dan tidak semua orang dapat sampai pada tahap ini.
    Biarkan saja. Mereka yg menanggung. Toh berarti kan siklus ekonomis akan beralngsung.. hahaha..

  7. Assalamu alaikum om gokil.. mau tanya nih…apa om udah pernah bahas soal starter elektrik vario techno yang gak pakai dinamo starter itu om?…pertama tau sih keliatan ajaib menurut saya,,,hehehe maklum lah anak kampung,,,tadi saya udah ubek2 blog om gokil tapi gak nemuin artikel tentang itu tadi..apa saya aja yang kurang teliti nyarinya
    maaf ni om, komentar saya selalu OOT..hehe

  8. Artikel yg bagus ni, btw Kalau penggantian karburator di honda old cbr dgn karbu nsr rr, kan keduanya mesinnya beda 2T & 4T, pengaruhnya ada nggak ya?

  9. Motor ane vario old 125…
    Semua udah pada tau dah, betapa lemotnya akselerasi ni motor, meskipun top speed lumayan juga 105kpj dengan BB ane yg 90 kg… Juga udah ganti ban 110/80-14 dibelakang dan 100/80 depan

    ane main cvt.
    Per cvt pcx old (lebih keras dr pcx led)

    per sentri(kopling) zoomer…

    V-belt new pcx150 yg double teeth….

    Kampas kopling pcx lokal..
    Roller pcx led 15gram

    Semua itu membuat sentakan tarikan awal vario 125 ane ga kalah sama vario 150….

    Dan ane yakin vbelt ga kalah…
    Karna ane pake part pcx 150 hampir 1set….

  10. Kalo untuk matik, paling gampang dah untuk nambah akselerasi….
    Dr pngalaman ane… Yg sering naik turun gunung, daerah gunung batu n bukit pelangi, akselerasi adalah yg utama…..
    Cukup main cvt n gear rasio aja….
    Top speed…. Dengan ubahan yg ane lakukan? Masih dapat 100kpj.

  11. Om gokil.
    Maaf oot, nanya donk…

    Ane juga punya suzuki shooter…
    Ko sering brebet, n mati sendiri ya…

    Apakah koilnya?
    Trus kalo udah ganti busi, enak lagi, tp kalo udah aga lama, suka brebet lg terutama kalo abis ngebut, trus lampu merah… Lngsamnya ga stabil, trus mati sendiri….

    N businya itu ko ga ada huruf R-nya ya…
    Setau ane d wtf businya cpr9-ea9
    dibadan businya ada tanda huruf R…..

    Mohon pencerahannya…

    • ini penyakitnya mirip njmx om gc133hijrah… kalo njmx tps-nya… mungkin sama…. kalo dibawa ke bengkel diagnosa pasti koil, cdi, busi… padahal cuma tps, bongkar karbu trus lepas tps, disemprot wd40, dikeringkan, pasang dah…

  12. o iya om deso..saya baru saja dari sana..makasih lo infonya…ternyata prinsipnya sederhana, seperti dinamo juga… (tentang kemagnetan) ide kreatifnya yang luar biasa
    menurut saya akan membawa dampak positif juga ya untuk performanya…soalnya beban kerja mesin jadi berkurang akibat tidak adanya mekanisme lain seperti gigi perantara yang membebani putaran mesin

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan