Saling Tukar Part NVA, NVL dan MX King, Bisa Menambah Performa. Apa Saja Part-Part nya ???

NVA n NVL blue

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Salah satu yang paling penting pada perilisan New Vixion Advance (NVA) adalah pemenuhan standar euro-3. Karena tuntutan standar euro-3 adalah emisi gas buang yang lebih rendah dari sebelumnya (NVL euro-2) maka dilakukan beberapa perubahan pada engine NVA. Berhubung yamaha sudah memiliki basis engine vixion yang sudah memenuhi standar euro-3 yang dipasang pada MX-King 150fi, maka engine inilah yang digunakan pada NVA.

Karena grade NVA (sport) di atas MX King (bebek) maka tentulah performa nya harus lebih tinggi. Peningkatan performa pada NVA bertentangan dengan penurunan standar emisi (euro-3). Penurunan emisi pada NVA dilakukan dengan memperpanjang catalityc converter (catcon) [2] akibatnya hambatan di knalpot kemungkinan lebih besar dibandingkan NVL. Oleh karena itu untuk menghasilkan power yang setara dengan NVL, maka durasi camsahaft harus di-upgrade [1], kemudian setting ECU menyesuaikan. Dan memang 2 ubahan tersebut sudah dinyatakan secara resmi oleh pembesar YIMM [Sumber: Motor Plus Edisi 847].

NVA CC n Camshaft

Maka berdasarkan informasi tersebut, bisa jadi part-part ini yang bisa saling tukar untuk menambahkan performa, yaitu dengan cara :

  1. Camshaft NVA dipasang di NVL, power akan naik
  2. Knalpot NVL dipasang di NVA, power akan naik
  3. Knalpot NVL dan camshaft NVA dipasang di MX-King, power akan naik lebih besar lagi.

Sementara itu dulu hasil terawangan ane mengenai NVA, NVL dan MX King yang menggunakan engine yang serupa tapi tak sama ini. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

14 Komentar

  1. Nyambung diatas, setelah ganti noken ass vixion di MX KIng, hasilnya tarikan awal ngeden, topspeed biasa aja kayaknya. Lebih enakan noken ass aslinya, efek jambak lebih terasa. Apa ada yg kurang/salah kaya nya?? Mungkin kalo pengen power setara Vixion, bukan cuma ganti noken ass, namun jg ganti ECU krn derajat pengapian beda. kode parts jg beda tuh ECU nya:
    ECU MXKING: 2PV-H591A-00. NokenAss MXKING: 2PV-E2170-00
    ECU NVA: 2TP-H591A-00, NokenAss NVA: 3C1-E2170-00
    Apalagi ya….. throtle body jg beda… hehehehe.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan