Berani = Mati atau Mengalah = Selamat

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Bagi bro semua yang sering perjalanan luar kota, melalui jalan Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) tentunya sering melihat bahkan mengalami kondisi kritis. Salah satu kondisi kritis adalah ketika berhadapan dengan dua bis yang saling adu kebut (saling mendahului), dimana kita berada di jalur yang benar sedangkan bis yang menyalip menggunakan jalur kita sampai habis. Pada saat itu kita harus memilih, apakah kita harus tetap di jalur atau minggir ke bahu jalan.

Berani Mati atau Ngalah Selamat

Dulu pernah ada kawan KKN yang mengalami hal seperti ini di jalan Probolinggo – Lumajang. Ia tetap nekat berada di jalur yang benar, dan ternyata supir bis (yang menyalip bis lain) mengalah, tidak jadi menyalip, sehingga terhindarlah ia dari tabrakan. Akan tetapi hal tersebut sepertinya jarang terjadi, sehingga jika kita mengalami kasus seperti ini (lihat gambar di atas) pilihannya adalah :

Berani (tetap di jalur) dengan kemungkinan besar mati ditabrak bis, atau

Mengalah, turun ke bahu jalan atau bahkan nyemplung parit/sawah dengan kemungkinan besar selamat dari sambaran bis.

Kalau pengalaman ane pribadi pernah melakukan keduanya. Yaitu tetap di jalur dengan memanfaatkan sedikit sisa jalan (kurang dari 1 meter) dengan kondisi bergetar melawan angin sambaran bis. Juga pernah terpaksa turun ke bahu jalan, dengan perasaan dongkol + sumpah sarapah. Meskipun demikian tetap bersyukur kepada Allah SWT, akhirnya selamat sampai tujuan.

Ok bro, menurut pengalaman bro semua, mana yang sering dilakukan ? Berani melawan bis atau mengalah ??

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

23 Komentar

  1. Kalau saya pilih mengalah dong. Kadang kalau kita naik mobil aja marah kok waktu kita nyalip mobil lain terus ada motor yg malah pakai aksi menendang segala padahal masih ada ruan buat dia menepi sedikit. Apalagi bis yg memang kejar setoran. Sekarang ini karena ramainya kendaraan untuk menyalip tidak seleluasa dulu. Kadang ada jalan lurus tapi padat dari arah berlawanan. Kita sepertinya harus bijak untuk mengalah. Saya perhatikan kalau pengendara motor yg sudah biasa pakai jalur luar kota dia akan mengalah, tapi kalau yg cuma pengendara dalam kota dia seringkali memaksa.

    • Main hakim sendiri :), tapi aku dukung 100%, kalau semua ngalah kapan jeranya tuh supir ? Liat kejahatan kita diem aja sama aja kita setuju AKA ngedukung

  2. Saya dulu sering ngalamin waktu kuliah di yogya dan rumah saya kebumen.

    Lebih baik turun ke bahu jalan.

    Dalam kontek agama supir bus yang melawan arah adalah dholim dan berarti yang naik sepeda motor dalam keadaan di-dholimi.

    Apa yang terjadi?

    Pahala mengalir kepada si pemakai sepeda motor dan Alloh Swt sedang melatih kesabarannya.

    Hamba yang berlumur dosa

  3. Kalo dalam kota biasanya si ngalah, tapi gak sampai ke bahu jalan

    Kalo luar kota biasanya ngebut jadi cukup dim beberapa kali supir bis milih nunggu ane lewat baru nyalip

    Saran ane,,
    Kalo ngebut misal diatas 80 kmpj,, gak usah ngalah supir bis ngerti kok kalo kita ngebut gak mudah buat minggir
    Tapi kalo pelan misal dibawah 60 kmpj mending ngalah cos tu supir bakal nekat

    Kalo diantara 60-80 liat2 jalan nya kayak apa dulu

  4. Biasanya klu saya slalu mengalah, minggir keluar aspal dan berhenti meski kdg dongkol dlm hati dan brdoa jelek saking dongkolnya, “smoga kluargamu atau dirimu mngalami sprtihalnya sy saat ini”.

  5. Lemparin koin alumunium… Buat bis serakah…. Kebetulan ane pernah “kebuang” sampai masuk sawah, karna bahu jalannya tinggi bgt…. Tp sebelum jatuh ane sempat meraup koin2 yg selalu ada d kantong motor matik ane, biasanya buat bayar parkir….

  6. ane sekarang lebih memilih turun aspal om iwan..knp??
    ane juga pecinta jet buss(efisiensi.pahala kencana.murni jaya.mira.eka)
    dan ane ngerasain gimana kalo pas lg banyak pikiran..pngen cpet nyampe tujuan..ada bikers yg g mau ngasih jalan(biarpun buss yg ane naikin emang salah sih :p )

    dan ane juga driver truck(volvo fh 16 long chasis) jd ane bisa (setidaknya) ngerasain+memprrdiksi tindakan dr sopir bus yg “ugal2an”

    anyway keeo respect…i love driving but im deathly love riding.

  7. Ngalah pernah,ora ngalah yo pernah mergo dalane jek ombo.hihihi
    Pernah meh ndlosor nug mojoagung jombang,disalip dipepet ngiri mbek Sumber kencono.pas perjalanan kan sby muleh nug kertosono.

    Ngalah golek amane,tapi nyalakan sein kanan+kedipkan beberapa kali lampu jauh.yen ketemu model ngunuwi.Yang paling ngeri kalau tkpny di jembatan.

    Bukan hanya bus akap yg menyebalkan di jalan,ketemu pengendara motor nyetir sambil sms’an itu yg sangat sangat menyebalkan.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan