Seharusnya Saat Ini Blogger Otomotif Lebih Giat Mengekspos Keunggulan Yamaha

yimm vs ahm

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Bulan mei 2015 ini persentasi market share menjadi sangat tidak seimbang. AHM menguasai lebih dari 70% market share sepeda motor nasional. Sementara yang kurang dari 30% dibagi-bagi antara YIMM (yamaha), kawasaki, suzuki dan tvs. Kondisi seperti ini (menurut ane) kurang bagus untuk persaingan yang sehat, dimana pada akhirnya konsumen manjadi korban.

Sesungguhnya YIMM tidak kurang usaha dalam menelurkan berbagai produk sepeda motor dengan keunggulan teknologi yang tidak dimiliki kompetitor. Mulai dari bluecore, alarm anti maling (mio), vva (nmax), 2-inline dohc (r25) engine, banana swing arm (r15) dan lain-lain. Akan tetapi sampai saat ini belum mampu membantu meningkatkan market share, yang ada malah menyusut.

Ane kemarin main-main ke diler yamaha yang lumayan besar di daerah wendit, malang. Kebetulan ane ingin melengkapi bahan-bahan untuk beralih menggundaan oli HDEO, yaitu filter oli buat nvl.

Jpeg

Sambil menunggu diambilkan filter oli, ane lihat-lihat suasana diler yang lengang. Kemudian ane coba ngobrol dengan mekanik yang lagi nganggur menemani sang kasir. Berikut isi obrolannya :

Ane : “Mas, gimana penjualan yamaha ahir-ahir ini?”

Mekanik mau njawab tapi nggak jadi, mungkin curiga karena ane ke diler yamaha naik cbr150. Ia cuma senyum-senyum kecut

Ane : “Mas nya mekanik ya?”

Mekanik : “Iya”.

Ane : “Kok yang servis sedikit mas ?”, Ane lihat cuma satu motor yang sedang diservis

Mekanik : “Kalau yang servis, sih ada saja.”

Itulah gambaran salah satu diler yamaha yang lumayan besar di wendit. Pembeli yang berkunjung sepi, yang servis juga sepi. Berbanding terbalik dengan diler ahass di dekatnya, meskipun jauh lebih kecil tapi seringnya ramai pengunjung. Barangkali inilah salah satu imbas dari menurunnya penjualan yamaha secara nasional.

Sepertinya seharusnya saat ini para blogger otomotif lebih giat lagi untuk mempromosikan keunggulan dari produk-produk yamaha. Sehingga dengan demikian para calon pembeli menjadi lebih “melek” terhadap produk tersebut. Apalagi yamaha memilki kelebihan sebagai berikut :

  1. Pelayanan after salesnya yang bagus, terutama dalam pengadaan sparepart
  2. Banyak inovasi baru
  3. Kebetulan saat ini Lorenzo dan Rossi lagi bagus-bagusnya di MotoGP, dan lain-lain.

Selain itu, YIMM juga membarengi dengan peningkatan kualitas dari beberapa part yang sering manjadi alat untuk bc para fansboy rival. Dengan demikian maka diharapkan MS yamaha bisa naik, dan tidak terlalu jauh dari kompetitor. Hal ini juga berlaku untuk merek motor lainnya.

Jika ini terjadi maka tingkat persaingan akan kembali memanas, bergairah dan semakin sehat. Dan hal ini sangat baik karena akan memberikan keuntungan bagi konsumen dengan mendapatkan produk yang lebih berkualitas.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

 

 

63 Komentar

  1. masa ga ngehhhh bang??
    mesin ga ada perkembangan alias frezee kog tahu2 di motogp yamaha jauh diatas honda? semata karena penjualan mtr laki ymo lagi turun..salah sendiri.mesin komuter 5 speed lah yau….di motogp cuma seting laptop tenaga motor bisa dikurangi atau dimaksimalkan tenaganya bang..gunanya? pabrikan jepang ga ada yg tutup..semua laku di jatah masing2

    • jiah

      terus dengan kata lain FIA kerja sama sama jepang gitu?

      terus apa kabar sama pabrikan eropa klo gitu?

      lucu amat komen nya sampe bawa2 motogp terus turun drastis ke motor NVL harian

      ckckck

      • menurut ane memang kurang berhubungan, akan tetapi orang awam kalau sering mendengar kata2 “yamaha” yang unggul termasuk di balapan motogp, lama-lama akan tertarik juga

      • di motogp yg menang sdh diatur bang..karena jpg kerja sama bang..sama.seperti jatah motor nya..ya sama ducati ga kerja sama lah..orang motor dari eropa..

  2. emang after sales nya bagus yamaha drpd ahm

    apalagi mekanik nya

    udah ane bilang dr dulu

    fbh nya aja ngeyel (maklum sih mereka sales ahm)

    JELEK YIMM CUMA 1

    ORANG MAU BELI CASH MALAH DISURUH KREDIT !

  3. bahas + – pengunaan oli HDEO di sepeda motor Pak Dosen, request nih, jangan suruh cari tempat lain 🙁 , maunya baca tulisan Pak Dosen 🙂

  4. wa’alaikumsalamwarokhmatullohwabatokatuh

    terharu sama kepedulian pak iwan pada yamaha
    tapi juga gregetan sama POLAH dealer yamaha ditempat ane yg mempersulit buat ambil motor cash.

    baru 3hari yg lalu pak iwan..ibu ane ambil new vario ..lah mau ane saranin ambil gt 125 kan..salesnya bilang wajib kredit..yaa males lah ibu ane..yaudah akhirnya ambil vario.

    mungkin dalam hal ini yimm harus banyak sosialisasi pak iwan.

    ditunggu review oli buat nvl’nya pak iwan

    jazakalloh

  5. Untuk pengadaan spare part yamaha unggul 2 langkah dari honda.. Ngincer apa minta dikasi waktu max 2 hari..dealer honda..body part old blade temen gw inden 3 bulan bo…untuk mekanik sama aja… Gw lebih demen bengkel pinggir jalan yg lebih teliti… Dateng ke beres cman bwt bersihin injektor doang..

  6. Pengalaman sy waktu mau ambil byson di 2010 malah disuruh credit. Akhirya ambil merk lain. Kemudian di 2012 mau ambil soul gt jg disuruh credit, jg ambil merk lain.
    terjadi akumulasi ketidakpuasan konsumen akhirnya….
    produk yg baik, kalo marketingnya nyuruh wajib credit ya jd kecewa.
    Jebule Konsumen adalah raja yg harus mendapatkan pelayanan terbaik CMIIW

    • Itulah ulah sales2 pekok yg serakah. Padahal YIMM udah maksimal ngeluarin motor yg emang kualitas internasional dgn teknologi bagus dan ramah pengguna. Sales diem aja konsumen dah tau dan pede sama produk YIMM krn diluar sana YIMM gencar mengedukasi konsumen ttg kualitas produksi YIMM dan beda lokal – internasional.

      Eh pas mau beli diganjel sales pekok, pekok dah semuaa.

  7. kalok ane sih berharap memang yamaha bisa ngejar honda, karena kalo ngak kasus mesin gl dan mesin astrea akan terulang kembali, selama puluhan tahun itu2 mulu mesin yg di pertahanin, tp emang yamaha nya aja yg budek, apapun ceritanya, mau di bela gimana pun namanya mesin sohc gak akan bejaban sama dohc, oke kalok mungkin speed nya imbang, tp kenyamanan di geber di rpm tinggi ga bisa di lakukan di mesin sohc, yg bisa cuman dohc. satu hal lagi, yg macet itu cuman pulau jawa, sumatera, kalimantan masih banyak jln lapang, jd kalok ada yg bilang ” mau ngebut dimana?” lebih bagus lo tidur yg nyenyak, semoga mimpi indah.

    • kenyamanan geber di rpm atas pengaruh sohc dohc apa overstroke overborenya??
      tapi yamaha emang budek sih, oke lah nvl pake sohc square. masak r15 pake mesin sama, seharusnya overbore dohc lah. trus itu r25 mana deltaboxnya…???

      • orang kan tau nya dohc doang yg nyaman di putaran atas

        padahal mah yg bener overbore nya..

        scorpio gue contohnya, sohc tapi overbore

        tarikan jambret (walo ga sejambret RX-KING) tp enak juga puteran atas nya

        tapi ada juga sohc overstroke puteran atas nya juga panjang kyak R15, karena setingan gear ratio CMIIW

        • Trlanjur masuk mindset awam dohc enak diputaran atas. Dohc bukanlah overbore.

          Padahal ane penasaran seandainya yimm bikin 2 jenis vixion, satu overstroke spt skrg, satu overbore.

          Dlm fikiran ane sohc 4 klep menang rugi gesekan mekanik dr dohc, buat cc kecil di jalanan ane rasa sohc 4 klep overbore lbh ok.

        • r15 putaran atas panjang, tp cuman meraung2 doang, speed gak naek lagi. geteran juga udah mengerikan, blum lagi suara mesin udah gak bisa di toleransi. pokoknya kalok emang mau buat motor sport, buat overbore, lbh bagus kalo dohc. maenkan di mapping ecu untuk ngejar torsi, sohc bukannya jelek, tp kalok dah panas mesinnya klepnya bunyi2, beda sama dohc. ane eneg kalo liat mesin motor sport kalo dah panas klep nya bunyi2 kayak motor bebek, katanya sport, tp panas dikit bunyi “klak klik klak klik”

  8. masih ga ngeh bang? ymo cuma dapat jatah motor laki..sayang mau untung gede lagi mesin komuter sohc 5 speed tahun 2015?????? kwkkkkkk

  9. gak kebayang kalo kaya dulu lagi, inovasi honda sebelum mio merajai pasarnya, kalo gak salah inovasi honda cuma ganti body :v

  10. masa kecil dulu masih ingat slogan pabrikan jepun
    Yamaha “NO 1 DI DUNIA,
    Suzuki “INOVASI TIADA HENTI”
    Honda “BAGAIMANAPUN JUGA HONDA TETAP LEBIH UNGGUL”.
    sekarang trbukti apa tidak bisa dilihat, trnyata yamaha tdk bisa jd no 1 didunia, pasar moge dieropa aja dah kedip2, Suzuki ? jg gagal jd yg plg inovativ mampet iya,, trus Honda ?? jd knyataan sampai saat ini dg bukti merajai MS brtahun tahun, itu realitanya

  11. Desain dan casing yamaha memang bagus, tapi bagaimana dng durability? 3 th terpakai akan terasa yang lebih baik, honda kalah desain dan plastik yang buruk, tidak presisi dan gampang pecah, tapi mesin masih lebih bandel, itulah ung terjadi di keluarga besar saya, akhirnya setelah saling membandingkan, lebih memilih honda untuk motor baru

    • Gak kejadian di ane bang. S Y H ketiganya pernah pake taunan jg.
      Mesin sih sama aja. Perlakuan ketiganya sama sering di geber. Kekurangan honda ya itu kualitas bodynya amburadul, kelebihannya nyaman banget. Yamaha enak nikung2 kekurangannya kalah kenceng dr suzuki. Suzuki kenceng dan nyaman, tp sparepart mahal. Itu perbandingan ketiganya pada umumnya

  12. Kasian juga si yah sama Yamaha, berdiri di atas kaki sendiri YIMM, sedangkan AHM Mark up nya kan Astra. Dana Astra gede jadi pengembalian nya gede. Kalau istilah di manajemen ya high risk high return.

    Tapi secara pribadi karena di rumah cm pakai Honda dan Yamaha, dari hasil pemesanan sparepart, jujur emang Yamaha cepet bgt, indent ga pakai lama. Tp iya mindset desa saya, Yamaha adalah bagian dari merek Honda.

    Saya rasa jika AHM punya MS 70%, kapitalis akan lebih mencuat, dan pabrikan lemah semakin tidak berdaya. Padahal dengan adanya kehadiran Yamaha Suzuki dan kawasaki bikin AHM mau gerak. Istilah nya banyak masyarakat yang menganggap remeh merek selain Honda. Padahal tidak demikian.

  13. Ternyata masalah utamanya cuma 1 kl mau beli Yamaha, hrs kredit!!! kecewa ya beli Honda! Blogger mau bantu Yamaha??? Yamaha sdr jg bantu Honda! coba di survey, brp byk calon pembeli Yamaha ygg pindah ke Honda gara2 disuruh ngredit.

  14. Harusnya sih yang perlu dibahas banyak blog kawasaki dengan Ninja 2tak nya kenapa pemerintah membawa Euro 3 kesini tapi dirinya sendiri belum dibenerin { Damri } lihat aja mulek gitu terus aja dipakai kenapa ga di buang damri yang ngebul aja

  15. Aku sih ingin beli Yamaha kemarin tapi klo salesnya nyuruh kredit mending cari yang lain,banyak kasus suruh kredit pada ga mau di desa saya pak tapi kenapa harus kredit sih jadi pada bingung masa mau beli cash malah disuruh credit jadi pindah ke kawak

  16. Nah itu dia masbrow,,,,ane emang rencana mo ambil matik punya yamaha,,,,krn sblmnya ane pengguna setia honda,,,,bkn apa,,,niatan ane smoga klo ane beli,ane jg bs bantu seluruh komponen yamaha dan jg pingin nyobain matik yamaha jg,,,,kadang terpikir ane dulu sering membully yamaha,,,tp ga mikir efek yg ane timbulkan sm yamaha

    • yg banyak dosa tu honda bro. Motor cacad dijual dan dipaksakan kl motor bagus tu cacad. Saya pernah beli vario 110 awal, krn mio konon katanya boros. Ternyata baru 3 bln si vario sering ngeden di tanjakan lembang, tak kirain mau berak, eh ternyata blok cvt nya emang udah brisik bgt. Tak bawa ke beres, tau kata mekaniknya apa? Matic emang brisik dan suka ngeden di tanjakan. 2 minggu kemudian di koran PR muncul iklan honda vario keluaran taun skian bawa ke beres, priksa cvt gratis. Dan ternyata matic gak identik dgn tanjakan ngeden plus cvt brisik. Emang tu vario awal cacad pabrik. Inget si mekanik pengen tak hajar aja ampe amnesia. Mekanik gak ngerti motor yg lalu menyesatkan ya cm mekanik honda.

  17. Yah kesimpulanya kualitas motor yamaho masih di bawah hondo and yamaho skarang jarang bnget launching new product langsung di jual lewat diler konsumen mana ngerti kelebihane produk yamogok oppo?

  18. kurangi divisi bc nya dari beruk2 kurap seperti wak sunari mbah darmo ndas becak dan yg lain 2 kunsumen skrg in tdak mdah terpropokasi .tga orang it di blognya iwan beneran di lepas bebas .tampa di borgol ngebenci honda dgn kta2 binatang segala .honda it semakin di bc semakin laris produkk2 nya !!

  19. menurut ane ,,,FBY sesumbar beli yamaha trus ngejelek2in HOnda tapi FBY juga beli honda……makudte YIM di PHP ma FBY geto……

  20. Klo menurut saya sih, karena kualitas produknya semakin menurun. banyak mesin yang ngebul. Mungkin YIM g kepikiran klo orang beli motor g hanya sekali makannya mesin ngebul dibiarkan. ane dulu pengguna produk H, krn produk Y saya kira lebih bagus makannya ane beralih ke Y. Setelah produk ditebus eh yang didapatkan malah mesin ngebul plus klaker AS kruk kocak jd harus bongkar mesin 2 kali. Kesimpulannya wis kapok pake produk Y Mbalik maneh nang produk H atau S. Bener kapok sak kapok2 e… Makannya penjualannya g moncer..

  21. kalo ane pas servis R25, dapet snack dan minum, motor juga dicuci om…. puas deh…

    tapi itu kalo servis di dds… hehehe…

    sebenarnya keunggulan beli kredit adalah konsumen dapat asuransi kehilangan selama masa kredit….
    jadi ga rugilah kalo motor hilang, pasti dicover asuransi…
    sedangkan pembelian cash cuma setahun di cover asuransi…

    so think smart before u talk….

    • Kridit walopun dpt asuransi ente bilang keunggulan??
      Sumpahh ente ngelawak nya lucu bingiit lohh
      Ngiahhahaahahaa
      Ente kaga bisa ngitung bunga leasing??
      Klo ente takut motor ilang,,banyak tuh asuransi
      Jauh lbh murah drpd bunga leasing
      So think smart before talk??????

    • ngapain ngitungin bunga leasing? ribet bener hidup lo…
      trus lo kredit tapi nyari asuransi yg murah yg ga jelas gitu…?
      hellloooo…..?????

      kalo dari leasing udah kerja sama dgn asuransi ngapain ribet nyari asuransi lain?

      hahaha… ente keliatan bener pinternya…

    • Emang kl cash dah staun gak bs di asuransi? Beat pny adik ane asuransi ampe 5 taun, cash.
      untung ato enga tu gmana kemampuan dan pilihan konsumen. Bkn hak sales pekok untuk mendikte konsumen wajib kredit.
      think smart before u talk

  22. saya dari dulu ya cuma bisa punya motor harian mulai bisa brkendara, honda cb100 79 warisan ampe skrg, trus beli yamaha RXK dah diwariskan k adik sampai skrg msh jos gk minder deh klu ma ninin, stlahnya dpt NSR SP kencang mmg jk dbnding ninin tp lbh boros akhirnya dilego krn pingin motor jauh lbh power full buat tbh beli motor bulanan (krn keluar tdk harian bisa hitungan minggu atau 1 bulan ngaspal), jd saya belum prnah punya suzuki tp klu nyemplak sering, harian bawa cb jadul aja kdg bw RXK itu lbh dr cukup bg saya

  23. klo menurut ane sih…

    yamaha itu bgus bodinya, spare part slalu ready stock, dan mesinnya yg cukup bertenaga.. tapi sayang… kelemahannya yamaha cuma kurang irit… maennya boros melulu.. contohnya aja kayak mio karbu… kencang bukan maen.. dan borosnya jga bukan maen… bhkan klo dibandingin borosnya sama cebong.. masi irit cebong malah…

    ini mungkin bisa jdi prtimbangan bgi YIMM .. rata-rata mindset org indo (ane juga) tuh yamaha bgus tenaga mesinnya tpi tidak diimbangi dgn konsumsi bahan bakarnya….

    honda sih bodinya biasa-biasa aja, spare part gk slalu ready stock, dan pelit tenaga.. tpi kelebihannya apa? irit bro …

    sekarang mindset orang indo tuh maunya yg irit aja…

    tau aja kan maksud ane?
    ini pendapat ane..

    klo ente?

      • ok.. makasih atas koreksinya….

        yamaha sih udh mulai memperbaiki diri kok… ya jdi irit dikit lah.. 😀

        makasih atas masukannya :v

  24. iya menurut ane seharusnya sih gitu om.
    para om2 blogger seharusnya lebih giat mengekspos keunggulan produk-produk pabrikan yang sekiranya melempem penjualannya seperti Yamaha, Viar, Suzuki, Tvs, dll. Biar persaingannya lebih seru, kalo pabrikan yang sekelas AHM kan uda jelas orang awampun tahu kalo motor itu ya honda jadi kurang perlulah keseringan diekspos.
    seandainya semua pabrikan R2 di Indonesia bisa jor-joran mengeluarkan produk dan tekhnologinya barunya tentu persaingan akan lebih seru dan konsumen lebih diuntungkan degan banyaknya pilihan.

  25. Cuma yamaha yg diharapkan bisa melawan honda, produknya bagus, aftersales bagus, cuma sales/dealer banyak yg nakal suka maksa kredit, upping price. Konsumen yg kecewa bakalan trauma gak mau beli yamh lagi. Jumlahnya memang relatif kecil, tp dampaknya besar. Mereka yg kecewa bisa mempengaruhi keluarga dan sahabatnya, calon konsumen pada ilang bahkan sebelum datang ke dealer. Entah gimana caranya bikin oknum nakal sales/dealer yamaha biar pada nyadar. Yimm juga mungkin udah tau, tp ga tau cara menanggulanginya. Mau ditekan keras, takutnya malah berontak pindah haluan jadi dealer hnd. Kalo dibiarin, makin buruk bagi yimm. Pusing kan? Hehe…

  26. Harusnya yamaha lebih paham apa yang ada di pikiran pembeli. Saya pengin beli yamaha mio krena kualitas mesin diasil lebih bagus dari punya honda. Tapi dijalanan pelek yamaha mio banyak yang nggak lurus atau bengkong, nggak ada pengaman standar samping krna saya punya anak kecil. Akhirnya ya beli honda beat, padahal hati pingin mio tapi logika ambil beat.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Kondisi Yamaha Menurut Surveyor Adira | motorgoodness
  2. Yamaha Menunggu Loyalitas Penuh dari FBY | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan