[MotoGP] Marquez Pembalap yang Cukup Mengerikan (Opini Lain)

MM vs VR

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Terlepas dari kesalahan yang dilakukannya kemarin di Termas de Rio Hondo, sehingga Marc Marquez tidak mendapatka poin, mungkin kita akan mempunyai opini lain jika cermati komentar Valentino Rossi dan Marc Marquez sendiri.

Berikut komentar Valentino Rossi :

vr46 comment

Artinya MM adalah seorang fighter sejati. Selama ia mampu, ia akan bertarung habis-habisan, meskipun harus crash. Ngeri kan, iya kalau jatuh sendiri seperti kemarin, kalau jatuh sambil bawa pembalap lain (pembalap lain ikut ndlosor), bisa manyun rider lainnya. VR tahu perkembangan mm sejak kecil, bisa jadi pernyataan vr ini karena ia bener-bener menyelami sifat mm yang mirip seperti dirinya. Wajar karena mm mengidolakan vr, makanya gaya dan mental balapnya mirip-mirip.

Berikut pernyataan Marc Marquez

mm93 comment

Jika pernyataan ini benar adanya, maka ada beberapa hal yang bisa disarikan, yaitu :

  1. MM menikmati balapan, race menurutnya baik-baik saja, tidak ada masalah (termasuk masalah ban, seperti analisis sebelumnya)
  2. MM sengaja melambat untuk menjaga umur ban, MM tahu bahwa sebelumnya sudah menyiksa ban sedemikian rupa, maka ia mencoba menurunkan tensinya semata-mata untuk menurunkan suhu ban
  3. Menurut MM tidak ada masalah dengan ban-nya
  4. MM sepertinya “sengaja” menunggu vr untuk fight. Karena ia merasa sudah sedikit meng-istirahatkan bannya, sewaktu vr memforsir untuk maju, maka ketika vr sudah muncul ia akan fight sampai ahir. Tidak tercemin rasa takut sedikitpun terhadap intimidasi vr, ia malah jutru menunggunya. Barangkali ia ingin seperti vr dan ingin mengalahkan vr dalam fight yang sesungguhnya (atau mungkin ia membaca komen miring bahwa ia seperti stoner, yang langsung ngacir, tanpa memberi hiburan pada penikmat motogp. Ia tidak mau seperti cs tapi maunya seperti vr)
  5. MM akan belajar dari vr, bahkan kalau bisa lebih baik lagi. Ane khawatir, jangan-jangan ia juga akan belajar bagaimana menjatuhkan lawan, tanpa diketahui oleh race director, ha ha ha
  6. MM bukan seorang pembalap yang mudah larut dalam penyesalan akibat kegagalan di masa lalu, ia bisa langsung switch untuk segera bersiap menghadapi race berikutnya.

Mungkin itulah opini lain pada diri Marc Marquez terkait dengan kejadian kemarin.

Gimana menurut bro sekalian ???

83 Komentar

    • soalnya ane pernah balapan sepeda pancal, dan salah satu cara menjatuhkan lawan adalah dengan menyapu ban depan lawan dengan ban belakang sepeda kita, pasti jatuh. karena torsi ada di ban belakang, ban depan cuma sebagai pengendali

        • rossi mencelakai rider lain, sudah banyak korbannya.
          marquez mencelakai rider lain juga banyak korbannya. biasa saja, maklum kecepatan tinggi dan emosi tinggi, semuanya bisa terjadi.
          menurut ane rider2 jagoan sekali pun, jika terpaksa mungkin juga akan ngotot yang berbuntut kecelakaan bagi rider lainnya. tinggal peran race direction yang memutuskan kecelakaan tersebut alami atau disengaja.
          sama juga dengan bintang sepak bola, baik messi, ronaldo dan yang lainnya, suatu saat terpaksa mencelakakan pemain lainnya. Tinggal peran wasit jeli atau tidak, netral atau tidak. Jika jeli dan netral maka akan dianggap pelanggaran, bisa kartu kuning bahkan kartu merah.

          • lagi lagi ngeles ala akademisi dari pak dosen.
            “ane pernah ane pernah”..
            yg ada itu rossi pernah disenggol biaggi, gibernau.
            sementara marquez mencelakakan pedrosa, bautista, bikin pensiun wilairot di moto2, dan hampir saja kmrn nyeruduk rossi.
            soal fight vs lorenzo jerez 2013 memang bukan salah siapa2.

            jadi pertahankan penggiringan opininya ya pak.
            keep kepala batu 🙂

          • tuh kan ngeles.
            hahaha.

            katanya berilmu kok dipancing gitu masih ngeles.

            almost every rider have taken out the others, but it doesnt mean they intend to do it.
            kalo gitu kenapa ente gak mention

            redding vs pol
            bautista vs lorenzo
            stoner vs bautista
            pedrosa vs hayden

            ayo pak ngeles lagi yang banyak yaa

          • lha kita kan lagi ngomongin marquez dan rossi ???
            yang lainnya ? sama saja
            namanya usaha menjaga posisi agar tidak direbut lawan, kadang hal tsb tidak bisa dihindari

          • Bagi saya sesuatu yg menarik untuk menantikan komentar jrda dikala MM mempersembahkan jurdun hatrick menggagalkan sukacita yamaha yg akan HUT.
            Semoga no more crash MM 93, supaya cangkem jrda hanya bisa mangatup layaknya valve pada sohc overstroke

        • ane awam aja ngerti…. pak dosen bicara fakta… Rosi di sruduk mm karene motong jalur, rosi disruduk gibernau juga karna rosi motong jalur gibernau… coba crash nya rosi pas fight dianalisa via video aja pak dosen.. biar yang awam jd paham.. biar gak dibilang penggiringan opini.. dengan melihat semua cuplikannya setiap orang akan punya opini tersendiri.. IMHO

  1. cah edian. Ceritanya ngepoor nih. Sayang jatuh ya. Bahaya nih MM lain kali klo balap bisa memgerikan. Ojo cidek cidek MM. iso2 manyun nti rider lain klo disambit pake motor dia. Wewwww. MM joooss!!!

  2. kalau yg saya lihat sih 5 lap terakhir kalau gak salah gap kurang dari 2′ markues lebih pecicilan karena rossi terus mendekat, yah mungkin setelah itu sengaja melambat untuk menjatuhkan rossi, karena tdk ada jalan lain, tapi rossi bukan pedrosa, bukan juga lorenzo, gagal

  3. menurutku nomer 5 out of context. kalaupun rossi sengaja menjatuhkan marc, itu karena marc sendiri yang gak pake perhitungan. that is rossi’s line and rossi still left enough space on the outside. marc has been too narrow, from touching in the middle of corner then arrive at rossi’s rear tyre. if rossi didnt move, he just took himself wide because he wont get the racing line.

    bukan motogokil kalau tidak penggiringan opini.
    pertahankan ciri khasnya pak dosen.
    anda dosen jd dipercaya punya ilmu.
    keep ngeyel & ngeles ya 🙂

    • kan sudah ditulis di judul, “opini lain”
      dan memang opini ini banyak juga berkembang di dunia maya, baik di Indonesia maupun di luar negeri
      bbukan asli dari ane

      • tuh yg atas udah ane bales pak..

        oo, brarti ente cuma ngikut sana ngikut sini ya, gak bisa nulis opini yg murni dr ente? ane lupa sih pepatahnya cz ane bukan orang pinter

    • koment kayak gitu ngapain direplay pak dosen… cuekin aja… Ato kalok perlu karungin sekalian… kayak gerombolan FBH diblog lek iwan itu… ngoahahahaha biar FBenyek gulung koming baca artikel trus gak bisa koment… kebayangkan stresnya divisi BC yahomo akakakakakaka

  4. lagi lagi artikel yg menunjukkan seorang dosen tidak memiliki sikap ilmiah yg baik.
    ane sebagai rakyat jelata cuma khawatir ilmunya disalahgunakan.

    ha ha ha *ngikut ketawanya pak dosen di atas

    • terserah ente bro..
      rossi juga manusia, nggak luput dari salah
      coba lihat gaya marquez yang sradak-sruduk, mirip rossi lah (waktu muda)
      silahkan buka video rossi saat fight dengan pembalap2 lainnya

      • jadi maksud ente salahnya rossi & marquez itu sengaja?
        marquez atau rossi mau celaka hanya utk menjatuhkan pembalap lain?
        ini balap prototype lo bro, motornya gak selevel sama sinchan atau cebong. orang biasa naek motor motogp jg langsung muntah2 paling.

        • nggak juga
          ente sudah baca artikel ane sebelumnya ?
          ini mutlak salah marquez
          hanya saja (bisa jadi) marquez jadi tahu, o o o begini ya caranya membuat rival ndlosor
          “ketika ban depan rival ada di dekat ban belakang kita saat mendekati tikungan, langsung banting bodi, maka pasti rival jatuh alias ndlosor”

        • Tau darimana jrda, klw orng biasa naik motor prototype muntah2 ah ngatain orang giring opini trus kamu yg mamer kedunguan hanya karena bukan pmilik warung trus perlu dimaklumi bgitu,
          Kok saya mencium aroma barisan sakit hati ya.
          Jangan2 dua thn trakhir kmren yamaha dikampleng kamu tidurnya gak nyenyak ya,

    • lebih seru lagi kalo dibuatin artikel fakta atau opini tentang kebobrokan semua yang berbau YAMAHA… terus semua koment kontra artikel dicuekin aja ato diakarungin sxalian aja……. Ane request lo pak dosen. ya pak dosen.. biar divisi BC and pansboy Yamadut mlumah murep gulung koming… axaxaxaxaxa
      ditunggu ya pak…. pasti seru abist…!!!!!

  5. ane bingung artikel tandingan yg kaya begini itu modelnya gmn haha.
    ane menghargai karya ente bro, but everyone have responsible to spread good and proper information, that is the ethic of being public figure, scientist.
    it is not the problem you idolize marc, rossi fbh fby or whoever, but if you just cant avoid bias, state from beginning then everybody knows the purpose you make an opinion, articles, etc

    • ya sudahlah, santai aja bro
      sebenernya semua yang ane tulis sangat masuk akal, dan bukan susuatu yang aneh di dunia balap
      karena yang lebih dari ini pun banyak terjadi, ada yang nendang, nyikut, menggiring rival keluar jalur dll
      apa ente nggak terima karena ente menganggap rossi selalu betul dan sempurna ???

  6. ane setuju sama om gokil, rossi itu bukan orang yg sempurna. ane sdh lht rossi mulai dari kelas 125 cc. jd sdh tahu banyak tentang rossi. dia skill memang ok, tp cara balabnya cenberung sering membahayakan pembalap laen. rosi emang jago late breaking, tp cara nyalip ditikungan cenderung langsung menutup line pembalap laen. kalo lawan kuat dia cenderung emosi. gibernou, biagi, stoner, lorenzo pernah jd korban rossi. ane sdh lbh lama lihat rossi, tp ane gak ngefan karena gak suka gaya balapnya.
    cuma markes saat ini yg punya skill seimbang bahkan lebih baek dan yg bisa mengalahkan rossi.

    • Hahahaha….mungkin cuma ente yang bilang gaya balap rosi yang berbahaya… malah memuji gaya balap MM… ketauan sekali anda penggemar buta MM… yang ngasih gelar ‘the Doctor’ itu siapa? dan kenapa tidak ada penolakan dari media atw pengamat balapan international? justru gaya balap VR yang sarat entertain dan professional… bisa kasih tau kapan aja VR kena pinalty akibat aksinya dibalapan? klo bilang balapan saling bersenggolan itu wajar baru bener, tapi klo balapan saling menjatuhkan lawan hanya pecundang dan tidak akan lama umurnya dibalapan, lihat track recordnya alm. simoncelli… gaya balap MM yang sruntulan dan cenderung kasar menunjukkan mentalnya yang belom matang… jika tidak berubah gaya balapnya ini, saya khawatir masa depannya tidak akan sebagus legenda2 balap yang sudah2….

      • Tidak adanya penentangan dari media kan bukan brarti bahwa media 100 % memberi pengakuan doctorate mngenai expertise si vr dlm dunia racing.
        Ya itu klaim sepihak si vr,
        Lagipula jk bner vr is a doctor sprti klaimnya mngapa dya tdk mnggunakan gelar doctornya utk mnggunakan ban scara efisien di sluruh balapan yg diikuti, malah si mm yg julukannya cuman baby yg bsa nerapin bgmn sbnernya balapan dgn mngefisienkan sumber daya brupa ban.
        Lalu Jika bner vr doctor mngapa justru si casey yg bisa naklukin ducati dan mbawa duc brsinar alih2 dilakukan oleh rossi yg senegara plus mngklaim skill pmbalap lah yg dominan dlm mnentukan hasil akhir.
        Btw,
        Saya paham anda punya tmpurung kepala, sayang ga ada isinya bos.

        • hahahaha…..udah? segitu aja isi tempurung kepala lu? wah….masih kurang 5 cc tuh…. masa gak tau soal pemilihan ban yang sering menjadi masalah buat rider dan pabrikan dikarenakan salahnya perhitungan? apa setiap race masalah selalu diban? terlalu kompleks tong… ane jadi yakin ente gak akan ngerti apa kekompleksannya klo diliat dari komen ente… sola VR diducati, berapa rider yang sukses mengendalikan ducati selama keikutsertaannya di motogp? setelah era stoner dan VR tp sebelum 2015 ini, ada pembalap yang mampu menjinakkan ducati? semua tau keunggulan RCV, tapi apa semua bisa menjinakkan RCV? itu artinya apa? pikirlah sendiri, cari tau jawabannya, mungkin dengan tanya pak dosen kali….

  7. Kalo menurut ane,,,, sebenernya waktu ditikungan itu marquez lebih cepat daripada rossi,, buktinya senggolan pertama.. tapi tertutup line,,, mungkin juga marquez melebar. setelah keluar tikunang kekanan dan masuk tikungan kekiri, rossi berusaha ngambil sisi luar dulu sebelum masuk tikungan ke kiri dengn sedikit melihat kebelakang. mungkin mengecek apa yang terjadi dengan senggolan tadi. positif tingking aja.

    MM93 mungkin gak ingin rossi didepan,, karena keadaan bannya udah kritis jadi dia berusaha mati2an tetap didepan VR46,, buat nutup n nahan. niat baik, usaha mati2an,, tapi nasib kurang baik..

    • aturannyaracing line adalah milik yang di depan..yang dibelakanglah yang menyesuaikan..kalo nemu space silahkan salip tapi jangan asal sapu racing line orang..kalo kemarin kena sensor TC ban belakang kek pedrosa dl gimana ya 😆

      • ya emang line milik yang depan,,, wong gak bakal ngerti keadaan belakang,, gak ada spionnya je.

        tapi kalo yang depan manuvernya membahayakan kayak SATC Qatar kemaren,,, ya patut kena pinalty,,,tapi kalo kasus ini kecelakaan belaka.. posisi VR46 gak mungkin tau belakang,,, MM93 sudah telanjur ada disitu, kalo perhitungan jangan disalahkan, kasihan 😀

        cuma Opini,,

      • Kalo TC seharusnya ada regulasi buat mengkover dari insiden dengan rider lain,, lebih bahaya mana dari awal udah gak ada atau gak berfungsi ditengah lomba? 😀

    • Bisa kasih tau mana komen dari RD yang memaklumi kesalahan VR? klo komen usahakan pake bukti dan ilmu biar nantinya tidak jadi fitnah….

  8. Menurutku m1 lebih lambat dari rc213.ibarat saat bersamaan. M1 dapat 1 meter sedang rc213 dapat 1.2 meter alhasil nabrak ban belakang m1.jadi jatuh deh. Sst jangan ada yg protes ini opini saya.

  9. Masuk akal jg pak dosen. Tentunya perlu insting dan timing yg baik. Pebalap jd seperti bisa punya pandangan 360 derajat.
    Dan tentu harus smooth dan alami.

  10. menurut saya marquez kek begal, asal pepet, racing line amburadul, maen tabrak kaki rossi..ini opini gw..pokoknya ga boleh diprotes 😆

  11. pas nntn live ane heran sebelum mm crash,vr smpet noleh k belakang,trus nikung kiri pake geser roda belakang..ane fans vr & mm..no offense ya bro2..

  12. Kalo gak mau ditutup line nya ya gak usah balapan. Pindah aja ke dragbike. Marquez aja gak mempersoalkan gaya balap rossi kok. Jgn lupa marquez juga udh sering agresif pas balapan terlebih di moto 2. Kalo ada yg pgn balapan bersih,mending gak usah ikut race. Kalo pernah ntn balapan era 2 tak,itulah balapan yg menarik. Saling potong sampai lap akhir adlh hal biasa. So,marquez aja idolanya rossi dan respect sama rossi. Knp penggemar MM seolah gak mau tau?

  13. copy coment pk dosen : “monggo bro bebas ber opini
    tapi kenapa opini ente harus nyerang ane ya ? ente benci ya sama ane ?
    kenapa nggak beropini tentang isi artikel ?”
    Pak dosen kenapa opini nya nyerang Rossi dan MM(lo liat d artikel)….dn pembalap lain yg d sebut d artikel yg pernh jatuhin lawan2 nya d saat race….pk dosen benci yah ma pembalap2 tsb….makan tuh coment nya sndiri….(org beropini bukan sllu berarti membenci yg d jadikn obyek opininya)….mikir oooo

    • he he he pinter ente
      kita lagi ngomongin marquez dan rossi sebagai objek artikel, bukan ngomongin ane
      kecuali ane ikut balapan dengan mereka

      bayangin kalau ane beropini: “ente aslinya nggak faham dengan artikelnya”. kan aneh ??

  14. setuju dg bro @aldo26…..nama nya jga race….psti ada upaya mo jatuhin musuh2 nya….siapa pun pembalapnya….pake nyenggol lah, menggiring lawan k grapel lah dll….namanya jga race….yg penting gak keliatn amat salah nya olh race direction lahhh….gak ad yg ruwet d dunia nih….everything is simple if you knowing that things

  15. Buahahahaha…..parah banget ni pada komen2nya yang memojokkan VR… saya yakin sebagian besar yang memojokkan VR pasti gak tau aturannya yak… Race direction aja berpendapat kemenangn VR clear, artinya tidak ada tindakan2 sengaja untuk menjatuhkan lawan… ini murni kecelakaan dan kesalahan MM sendiri… karena VR melakukan manuver dikarenakan memang timingnya dalam memasuki tikungan… ada yang bawa2 waktu ATC Qatar kemaren, klo itu jelas parah bro… melakukan manuver ditrack lurus tanpa mempertimbangkan kondisi rider yang dipotong.. beda kasus dengan VR dan MM ini… pak dosen juga menurut saya ada unsur suudzon neh… apalgi klo bukan itu karena jelas2 divideopun dilihat posisi MM yang salah tp mengungkapkan opini yang bersifat subjektif…

  16. apa yg membuat stoner
    begitu tdk suka sama rossi
    karena hal2 demikian

    ingat ketika dilaguna seca
    rossi menelikung stoner diluar gravel
    sehingga begitu keluar tikungan hampir membuat stoner menabrak pembatas sirkuit karena dipepet rossi secara membabi buta
    ….
    dan puncakx ketika memasuki tikungan terakhir dimana rossi dgn sengaja mengerem diluar kebiasaan alias terlalu awal sehingga memaksa stoner mencium gravel

    trik2 licik semacam inilah yg dipelajri marquez dari rossi dan sdh dipraktekkan kepada lorenso di jeres dan kpd rossi di laguna seca
    ….
    apa dia belum berpikir setelah melindas leher sahabat baikx
    itu adl teguran agar dlm membalap sebaikx keselamatan rider lain juga lebih diutamakan

    • kejadian simoncelli itu justru kesalahan dia sendiri… semua pembalap yang berada diposisi VR pun mungkin akan melakukan hal yang sama… dalam videonya VR pun sudah berusaha menghindar tp karena dalam kecepatan yang tinggi ttp tidak bisa menghindar sepenuhnya…. coba liat lagi videonya, bener tidak VR melindas lehernya… pengamatan saya bilang VR hanya menghantam helmnya tp tidak sampai melindas….https://www.youtube.com/watch?v=6ZxjLRg3Hhw ni link nya… perhatikan baik2….

    • wah jeng yate ini haters sejati rossi, gk pernah mau mengakui kehebatan rossi. ente mending mancing aja, gk usah ikut komen tentang motogp. macam pecundang pujaan ente yg mau balik lagi kemotogp, tp ditolak hrc buat gantiin pedrosa. kasian….

      • pecundang gimana bro
        yg jumpalitan di atas desmo
        dan merengek minta balik
        ke yamaha karena yamaha motor paling balance siapa???

        ketahuan kan skill asli pujaan lo
        juara dunia rossi 7 kali di motogp tdk ada hargax dibanding juara dunia stoner diatas the real ducati (bukan ducati yg sekarang

        itukah yg kau katakan hebat bro
        manja banget yah

        • hahahaha….manja? rider yang juara dengan motor kencang itu biasa.. rider yang juara dengan motor HRC itu biasa… tapi jika ada rider yang mampu menang dengan motor yang jelas kalah superior dari lawannya itu baru luar biasa… apapun itu, kemenangan seorang rider adalah kemenangan timnya juga… seorang yang paling hebat sekalipun jika tidak didukung oleh tim mekanik yang mampu mengakomodir keinginan ridernya maka hanya akan memendam kemampuan ridernya…

    • sorrynih om, setau saya simonceli jatuh di depan rossi..mana bisa rossi ngerem ato ngehindar mangkanya nabrak bukan sengaja ngelindes..lol

  17. Perhatian.. Perhatian..!
    Harap hati2 jika anda menyukai produk Honda!
    Ternyata entah itu pihak pabrikan ymaha atau fans fanatiknya selalu menghalalkan berbagai cara untuk melakukan cyberbully kepada tiap orang yang kontra pada mereka.
    Itu terbukti pada saya.. Dengan menggunakan id seperti “Hamdar Damang FBH dunia akherat” Dan “Hamdar Damang FBH terkenal di dunia”. Dalam komentarnya.. Seringkali justru memancing emosi fans y
    maha sendiri. Menjelek-jelekkan produk ymaha secara radikal bahkan sering juga menyerang langsung produk hnda. Pengguna id tersebut memang sengaja melakukan serangan dengan 2 karakter yg bertolak belakang.
    Itu adalah salah satu contoh cyberbully dan bentuk pembunuhan karakter andalan mereka dalam meng-counter pihak manapun yang dianggap sebagai lawan. Waspadalah!

  18. lebih seru lagi kalo dibuatin artikel fakta atau opini tentang kebobrokan semua yang berbau YAMAHA… terus semua koment kontra artikel dicuekin aja ato diakarungin sxalian aja……. Ane request lo pak dosen. biar divisi BC and pansboy Yamadut mlumah murep gulung koming… axaxaxaxaxa
    ditunggu ya pak…. pasti seru abist…!!!!!

  19. domb46arut dari dulu emang licik, banyak race yg penuh kecurangan dilakoninya, yg paling jelas waktu battle vs stoner…

    dari semenjak dia gantiin doohan pensiun dari hrc ane udah gak intres, mentalnya picik…
    terlebih saat dia dikalahkan tandemnya jl#99 bukan legowo malah ngabur ke ducati…

    disitulah skill aslinya keliatan, ngebacotnya bisa naklukin ducati taunya pamer kebodohan 2 taon cuma jadi pecundang sampe mewek minta balik ke yamaho…

    doctor?!?
    tae kebo…

    • bro, udah tau belom alasannya kenapa doi gak sukses diducati? ente ngerti gak kesuksesan seorang rider itu atas dukungan apa aja? gak semua pabrikan bisa mengakomodir keinginan rider berdasarkan style rider itu sendiri.. ducati bisa berubah setelah datng seorang yang bernama GIGI mampu merubah sebuah motor ducati yang dulunya susah belok sehingga menjadi superior sekarang ini.. bahkan sekelas ianone dan dovi pun yang dari tahun ke tahun dimotogp sebelum 2015 belum mampu masuk 5 besar sekarang malah mampu mempecundangi sekelas pedrosa, jorge… itu artinya apa? jangan terlalu mudah memberi penilaian seseorang jika belum benar2 punya informasi yang memadai tetang dia… ini sebuah race yang artinya kemenangan seorang rider itu artinya kemenangan tim juga….

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan