Suzuki Gixxer SF150, Siap Melibas Byson dan New Mega Pro. NVL dan CB150R juga Harus Waspada

Suzuki Gixxer SF155 MotoGP Blue

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Rilisnya suzuki gixxer sf155 di india, sedikit memberikan angin segar bagi suzuki lover, meskipun masih dianggap kurang memenuhi harapan. Sesungguhnya apa yang dibawa oleh gixxer sf155 ini sudah berada di level yang lebih tinggi dibandingkan rival-rivalnya yaitu byson dan new megapro. Sehingga jika haeganya dibenturkan dengan kedua rivalnya ini, jelas suzuki gixxer sf155 berada di atas angin, alias menang telak.

Beberapa kelebihan dari gixxer sf155 ini bisa dilihat dari beberapa aspek, yaitu fitur, model/style, performa dan handling. Mari kita perhatikan kelebihan-kelebihan tersebut

Fitur; sebahagian fitur pada gixxer sf155 hampir sama dengan rival-rival nya. Mungkin yang cukup menjadikannya keliatan mantab adalah speedometernya, karena sudah full digital dan memberikan informasi yang paling dibutuhkan oleh rider yaitu posisi gear, kecepatan, rpm dan odometer dan lain-lain.

gixxer 150 speedometer

Style; modelnya jauh lebih keren dibandingkan byson dan nmp, mulai dari full-fairingnya, lampunya, knalpotnya dan lain-lain. Yuk kita pantengiin bersama

Headlampnya keren, mirip hayabusa

gixxer 150 headlamp

Silencer super keren, nggak ada yang nyamain dan berkesan mewah

gixxer 150 muffler

Yang lainnya mirip-mirip dengan rivalnya, seperti tail/stop lamp, lampu sein, footstep belakang dan lain-lain.

Performanya; bandingkan dengan rival terdekatnya yaitu byson

gixxer 150 spec privilage

Dilihat dari kubikasi yang diberikan, gixxer sf155 sudah menawarkan performa yang lebih tinggi dari rival nya. Dengan volume silinder lebih tinggi 5 cc, menjadikan power dan torsi gixxer sf 155 di atas rivalnya. Apalagi dengan penyematan full fairing menjadikan gixxer sf155 memiliki sifat aerodinamik yang lebih baik dari rivalnya, sehingga kombinasi power besar dan koefisien drag yang kecil manjadikan topspeed gixxer sf155 lebih tinggi.

Kelebihan lainnya adalah masalah handling, dilihat dari posisi stang nya gixxer sf155 akan nikmat untuk perjalanan jauh. Akan tetapi sebalinya menjadikannya kurang bagus untuk balapan di sirkuit, maklum dilihat dari spek engine nya gixxer sf155 memang bukan untuk balapan.

gixxer 150 ergonomy

Dengan ban yang sangat lebar untuk ukuran cc-nya belakang :140/60, depan 100/80 menjadikan gixxer sf150 selain tampil gahar, juga menyenangkan untuk melibas tikungan serta stabil di kecepatan tinggi. Ditambah lagi dengan suspensi monosok yang bisa distel, menjadikannya lebih fleksibel sesuai lebutuhan. Mau goncengan – agak dikerasin, sendirian dibikin standar, lewan jalanan jelen distel lebih empuk, enak kan/ Yoo penak.

gixxer 150 monoshock

Harga; jika dilihat perbandingan harga antara gixxer sf155 sangat dekat dengan byson injeksi, bahkan di bawahnya. Jadi jika perbandingan harga seperti ini juga terjadi di Indonesia, maka kalau disuruh pilih

Mana yang paling OK : Gixxer SF155, Byson Injeksi atau NMP Injeksi ? Ane langsung pilih gixxer sf155, karena menurut ane kelas gixxer sf155 di atas byson dan nmp.

Meskipun demikian kelas gixxer sf155 masih dibawah nvl dan cb150r, karena gixxer sf155 memang ada kekurangan jika dibandingka nvl dan cb150r. Mulai dari performa, sistem karburasinya dan ketiadaan rear disk brake (RDB). Akan tetapi dengan sedikit usaha dalam rangka meng-upgrade performa dan penampilan, maka gixxer sf155 akan seimbang bahkan melampaui nvl maupun cb150r, karena kelasnya sekarang ada di level cbr150 dan r15. Apa saja yang harus dilakukan ?

  1. Sedikit upgrade di sektor roda belakang dengan penyematan RDB
  2. Karena powernya sudah mencapai 14.8 ps (cuma beda 1.89 ps dari nvl) maka ubahan untuk menyamai performa nvl tidak perlu terlalu ekstrim. Karbu cukup diganti dengan venturi 28 (bisa pakai milik CS1), kemudian naikkan VE dengan sedikit meng-upgrade profil camshaftnya dan sedikit PnP. Kalau bisa filter diganti dengan jenis racing
  3. Kalau ingin power lebih besar lagi dengan tanpa merubah CR dan peta pengapian (CDI original), maka bisa dilakukan bore-up dampai 58 mm.

Ane rasa dengan sedikit ubahan ini, gixxer sf155 akan setara dengan nvl dan cb150r. Jika kurang puas silahkan pasang blok dan head silinder satria fu 150 dijamin langsung ngacir bro, meningggalkan yang lainnya. Mengenai performa mesin gixxer ketika dicangkokkan engine fu bisa dilihat di sini.

Kesimpulannya, menurut ane SIS nggak perlu ragu bawa masuk gixxer 150/sf ke Indonesia. Performanya berada di atas rival yang se level, dan jika ingin meng-upgrade, mekanik di Indonesia sangat siap untuk melakukannya.

Kurang lebihnya mohon maaf, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

 

27 Komentar

  1. Baguslah dari pada yang naked. Knp? Bagaimanapun fairing lebih besar dari naked.
    Sama dengan ninja 650/er6f yang hampir 15cm antara mesin dan fairing. Bagaimanapun lebih besar dari er6n. Dan jik diamati ninja 650 dijejerin dengan 600 4cyl sama besarnya

  2. Komparasinya menurut ane kurang pas Sam Gokil….
    SF155…..SF….Sport Firing…..VS_nya seharusnya yo CBR150r, R15….
    SF155…menurut ane termasuk jelii,….mencoba ngambil kesempatan menjual……SF type dengan harga murah…. 😛

  3. spek stroke 63mm, plus faring nih coy,
    liat sepidometernya ajib bisa 12rb rpm,
    CBU pula apa ngak gile tuh suzuki…….

    tinggal dibore up jadi 200cc,…….jadi Tirev return.
    xixixixixixixixi

  4. kalau buat ane, asalkan harganya murah-meriah (di bawah 18 juta), bagi ane sangat layak untuk dibeli. Karena gixxer sf150 ini sudah punya modal awal (basic) yang cukup bagus bahkan di atas rata-rata. Selisih 6-7 jt dari nvl atau cb150r, sudah lebih dari cukup untuk meng-upgrade rdb dan performa enginenya. Bayangan ane jika tersedia bore-up kit nya malah jauh lebih ok. Mengenai ketahanan mesin setelah bore-up, nggak perlu diragukan durabilitas dari mesin suzuki.

  5. Aku kira menang het to het lawan nvl dan cb150r?
    Eh harus oprek dulu kalau mau menang lawan nvl dan cb150r standar.

  6. Image tetep gagah yang sport dari bebek. Bagaimanapun dia tetep bebek. Sama kaya satria fu dan nvl. Orang suruh milih tetep pilih nvl karena jauh lebih gagah. Sudah motor laki. Kalo mau extrim lagi, ente suruh cari cewek, ente pake yamaha fizr full korek bisa lari 200kpj atau Ninja 250Fi std. Cewek tetep milih ninjanya dong

  7. btw jika ndak dilokalin kurang kompetitif jadinya…..
    cbu, ckd…+10jt ?……..hiksss
    secara value dengan reputasi cbunya sijuki….bakal berat tantangannya, kecuali segmen pasarnya masih kosong….

  8. klw di ulasan si ipanase, cek gbr kdua dari bawah deh
    itu bneran blok sisi kanan mesin brtuliskan volume oli cuman 850 ml aja?
    gmna bore up nya?
    ga ktipisan tuh sisa dinding liner nya ntar

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan