Oprek VVA NMAX 150 Membawa Nikmat

VVA Nmax150 system

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Salah satu keunggulan yamaha NMAX 150 sehingga performanya di atas kompetitor adalah adanya VVA (seperti tampak pada gambar di atas). Dan dengan keunggulan VVA ini menjadikan nmax150 mudah dan nikmat untuk di oprek. Sudah tau kan bahwa salah satu penentu performa dan karakter engine 4tak adalah profil noken-as nya ?

Menurut ane profil noken as dari nmax150 sangat inferior dibandingkan vixion. Bayangkan dengan volume ruang bakar yang lebih besar dari vixion, powernya malah lebih rendah. Berarti kuncian powernya ada di rpm power max dan profil (durasi dan lift) noken-as nya yang lebih rendah dari vixion. Mari kita perhatikan bersama

Berikut ini tabel komparasi profil noken-as (camshaft) dari vixion (r15) dan nmax150

nmax150 n r15 camshafft comparison

Untuk profil camshaft high-nya terlihat durasi klep-in sama dengan vixion. Jika melihat diameter bore nya yang mirip antara vixion dan nmax150, maka kemungkinan besar baik deiameter klep-in dan ex sama, yaitu 19mm dan 17 mm. Jika demikian maka penentunya ada di lift noken-as nya.

Sebelum memperhatikan lift noken as nmax, mari perhatikan lift noken as vixion yang tingginya 5.098 dibulatkan menjadi 5.1mm. Dengan membandingkan lift/diameter = l/D = 5.1/19=0.2683 atau 26.83 % dan ini sangat wajar untuk vixion sebagai motor harian. Karena l/D -nya terletak diantara batas harian (23%) dan sport murni (35%).

Mengingat fuel consumption nmax150 lebih irit dari vixion dan seiring dengan itu powernya juga lebih kecil dari vixion, maka perbedaan power ini diakibatkan oleh perbedaan efisiensi volumetrik (VE) dan putaran mesin (rpm) saat powernya maksimum.

nmax150 n r15 performance comparison

Berbedaan VE disebabkan oleh banyak faktor, dan yang paling dominan adalah profil noken-as (camshaft) nya. Karena power nmax lebih rendah dari vixion maka kemungkinan besar VE juga lebih rendah akibat dari lift nya juga lebih rendah. Menurut perkiraan ane l/D untuk nmax150 mengikuti ukuran motor harian yaitu 23% untuk profil low maupun high. Sehingga liftnya sekitar 0.23 x 19 = 4.37 mm (dibulatkan menjadi 4.5 mm).

Nah dengan mengubah profil dari camshaft high mode nya kita bisa mendapatkan beberapa keuntungan :

  1. Jika overlapnya kita besarkan maka power puncak dapat digeser pada rpm yang lebih tinggi
  2. Jika lift nya dinaikkan, maka torsi akan bertambah di seluruh band kerja
  3. Jika durasi diperbesar, maka kita bisa mengatur seberapa besar powerband nya.

Karena motor nmax150 masih baru, sepertinya belum ada yang menyediakan part racing untuk noken-as nya. Jadi jika ingin mengoprek di sisi noken-as nya maka mau nggak mau yang dioprek adalah noken-as ori nya. Menurut ane jika powernya ingin setara dengan nvl maka paling tidak base-circle noken-as nya dipangkas 1 mm, sehingga lift nya naik menjadi 5.37 mm.

crop cam-lobe-profile

Jadi lift nya akan naik menjadi = lift awal + tingginya bagian yang di papas. Dan durasinya bertambah tergantung dimana kita menempatkan awal buka dan tutupnya klep. Yang susah adalah mengatur ulang overlapnya, karena bubungan in dan ex jadi satu.

VVA RA n camshaft

Selain dari itu kita bisa mengoperasikan cam high mode nya sesuai keinginan kita. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan input secara terpisah dari ECU. Jadi dengan menekan tombol khusus motor elektrik diaktifkan untuk mendorong pin lock untuk menginci cam high nya. Jadi saat ingin adu drag bisa langsung diaktifkan tanpa menunggu 6000 rpm, tentunya setting ECU juga harus bisa menyesuaikan lewat sensor O2 sebagai umpan baliknya.

Sepertinya ngoprek head nmax150 akan terasa sangat menyenangkan, karena hasilnya juga akan sangat siginifikan dibandingkan kondisi standarnya.

Kiranya itu yang bisa ane sampaikan, lebih kurangnya mohon maaf. Bagi suhu2 yang lebih kompeten, mohon masukan dan koreksinya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

25 Komentar

  1. Jadi inget test kedua tmcblog ada peningkatan akselerasi nmax, 0-60kmh dari 5,55 detik jadi 4,91 detik.
    Kalo diteliti sepertinya dudukan camshalf nmax agak mendem dibandingkan vixion.
    Profil camshalf juga terlihat tanpa overlap sebelum actuator bekerja.
    Bisa jadi test kedua tmcblog pabrikan menyeting actuator elektrik di rpm lbh tinggi/ sama sekali di non aktifkan.
    Overlap 0 deg = meningkatkan akselerasi, silahkan dibuktikan…..Xixixixixixixi

    • Tapi apa jamin masih irit? masalahnya menurut tmcblog kondisi unit tetep irit walaupun akselerasi meningkat… mungkin pas tes pertama kondisi unit masih dalam keadaan inreyen, sedangkan test kedua unit sudah melewati masa inreyennya…cmiiw

  2. menurut ane yg sekarang kerja di dunia percamshafpan,, merubah profil pada camshaf ori itu berbahaya,, karena apa?? Sistim pengerasan pada chamshaf hanya setebal ±1mm,, itu pun masih terkena proses finishing grinding,, ya pling tingal 0,9mm… Kalo dpangkas 1mm ya bakalan ambrol pak dosen,, bener mang kobay,, baikny nunggu part racing / bikin sendiri dan dikeraskan sdiri

  3. boros irit atau lemot kencang,,nantinya pengguna jg tahu stelah habis masa garansi mesinnya,,kcuali beli motor untuk 3th gnti baru lg, jd akan kelihatan semua aslinya,,krn pembuktian kualitas itu tdk bisa instan butuh waktu yg lama barulah diakui brkualitas,,yg mnilai kualitas itu ya konsumennya bkn produsen,,produsen mmbuat kualitas dan konsumen yg mnilai brada dilevel brapa kualitasnya.produsen bilang ini kualitas no wahid,,ya semua spt itu

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan