Suzuki Saja Megap-Megap Jualan di Indonesia, Apalagi TVS, Kanzen dan Bajaj ???

Suzuki sekarat

Assalamu’alaikum wR wb

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Salah satu atpm besar di Indonsia yaitu SIS yang membawahi penjualan motor suzuki terlihat paling santai jika dibandingkan dengan AHM dan YIMM. Santai dilihat dari produk-produk yang dikeluarkannya, santai dari iklan-iklan yang ditayangkannya dan juga santai dari kegiatan fans nya di dunia maya. Jadi wajar saja jika penjualan motornya juga santai alias seadanya, saat ini market share suzuki sekitar 2-3% saja dari market nasional.

Santainya fihak suzuki mengakibatkan fans nya mulai geram, dan menuntut agar suzuki jangan mau kalah dengan yamaha dan honda untuk segera menelurkan motor sport terbaru.

Lihat poster curhatan hati dari fans boy suzuki

harapan fans suzuki

Dan inilah jawaban pembesar suzuki

“Sabar aja. Kita mengerti itu. Saya udah janji enggak boleh ngomong, Kita serius mempertimbangkan. Kalau kita masuk ke sana saya enggak mau main-main….. Motor itu harus paling bagus di kelasnya. Kalau benar-benar bagus boleh diproduksi di sini……”

Masih ngambang sih, tapi kalau memang benar…maka ada kemungkinan sport suzuki 150cc fi-dohc-4 valve-water cooled, bertenaga 19hp akan hidup kembali. Dan pada ahirnya semua rider yang sudah terlanjur beli cbr150, r15, cb150r, nvl bakalan punyeng kepalanya.

Tapi kalau cuma php, maka jangan harap suzuki akan jaya sepeti jamannya shogun kebo. Jika langkah peningkatan pelayanan permintaan konsumen masih sekedar php, maka suzuki akan tetap megap-megap menghadapi persaingan dagang antara honda dan yamaha. Ibaratnya suzuki adalah pelanduk dalam pepatah ini

Gajah sama gajah berjuang, pelanduk mati di tengah-tengah

Dan tampak sekali dengan banyak ditutupnya deler suzuki dan berganti fungsi menjadi toko seperti ini

suzuki nasibmu kini

Jika suzuki yang bernah berjaya saja megap-megap, bahkan sekarat menghadapi pertarungan dua gajah yaitu ahm dan yimm, apalagi pendatang baru, non jepang lagi, seperti kanzen, tvs dan bajaj, jelas sulit bersaing. Jika mereka mau tetap eksis bahkan bisa berkembang, maka bisa mencontoh bagaimana blackberry menumbangkan nokia, kemudian samsung menumbangkan blackberry, xiaomi menggerogoti samsung dan lain-lain.

Pastinya jika suzuki mau, kembali jaya Indonesia sangatlah mungkin. Masih banyak fans nya, baik mekanik dan rider yang merindukan motor-motor baru keluaran suzuki yang sebanding dengan rival-rivalnya dari honda dan yamaha, termasuk ane.

Kenapa ya suzuki kok nyantai banget dalam merebut pasar sepeda motor di Indonesia ??? Padahal pangsa pasarnya sangat potensial.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

23 Komentar

  1. Mesin suzuki josss…material jos(kecuali smash&thunder) cuma desainnya paling katrok…mesin yamaho paling buosoook…

  2. Sabar ya fans boy suzuki, keinginan kalian sdg di riset biar dah beres nanti kalian aakan tau kualitas terbaik dr Suzuki…. merk lain tdk ada apa2 nya! sementara kalian menunggu drpd ada apa2 nya lbh baik kalian beli merk lain saat ini….
    oke siiiippp…

  3. seingat sy dulu suzuki terkenal dgn slogannya “inovasi tiada henti”.. terbukti dgn produknya yg lumayan eksis dipasaran seperti Smash dan Satria… sekarang sptnya ada sesuatu dibalik bakwan.. seperti sulit bergeming dari keterpurukan… ayo suzuki lakukan inovasi lagi… masa kalah sama bajaj.

  4. Udah banyak Orang yg pinter spek mesin. Seharusnya pabrikan kecil bisa memproduksi produk yg lg trend dgn spek mesin yg joss 1 atau 2 varian.
    Fokus kualitas, harga murah dan ketersediaan spare part.
    misal Metik 125cc atau 150cc stroke 48,8mm, high compressi, water cooler, dohc, inj, konfigurasi horizontal/vertikal.
    atau sport 250cc stroke 47-50mm twin inline, atau sport 200cc stroke 53,5mm. Pasti laris.
    Ms tinggi sampe 70% ora urus, bukan indonesia yg makmur, dolar tetep 13rb, sembako mahal. Pengangguran banyak.

  5. Ngomong Xiaomi, apa mungkin ada perusahaan yang berani jualan motor ala jualan HP nya Xiaomi? (harga murah spek tinggi) 😀

  6. Inget pernah baca artikel org suzuki ngomong : klo nex address laku di pasaran mungkin suzi baru bisa keluarin sport 150 cc.. well, dari itung2an bisnis ini gak bisa disalahkan, sejujurnya nex jg mtor bagus cm msalhnya mindest konsumen udah terlanjur berat kearah fby-fbh, jadi tugas utama suzi membngun brand image-nya dlu sbelum ngimpi mau jualan banyak.. nah, ini yg paling susah krn image suzi udh ketinggalan sangat jauh dari kompetitornya.. pndapat sy suzi udah hopeless bt jualan mtor kecil di indo kecuali ada perubahan radikal di pusat-nya.. Aq rapopo toh jualan moge-nya masih laris toh??

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan