Sangat Berbahaya, Anak Kecil Mengendarai Sepeda Motor. Kematian Mengancam Setiap Saat

salah anak naik motor ber4

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Namanya juga anak kecil, selalu ingin mencoba sesuatu yang baru, termasuk naik motor. Melihat orang dewasa (bapak, ibu, kakak) naik motor, kelihatannya keren, maka si anak kecil pun akan berusaha mencobanya. Jika orangtua “nggeh” atau faham maka keinginan si anak ini akan disalurkan dengan cara yang tepat seperti ini

Dituruti keinginannya untuk naik motor, akan tetapi dengan kondisi se-aman mungkin.

benar anak naik motor distndr

Itu tanda orang tua sayang anak. Atau bagi anak yang sudah agak besar dilatih dengan menggunakan motor mainan

seperti ini, di lokasi khusus yang dijamin keamanannya

benar anak naik motor maian4

Kalau melihat anak berbakat balapan motor dan kita mampu, maka tidak ada salahnya anak dilatih naik motor tril khusus untuk anak, dengan perlengkapan keamanan yang mencukupi.

benar anak naik tril2

Itulah langkah yang benar, dalam menyalurkan keinginan anak naik motor, karena meniru orang dewasa.

Dan jangan sampai terjadi yang seperti ini…

salah anak naik motor ber32 small

Anak dilepaskan, bermain-main dengan motor yang sesungguhnya (besar). Bersama t.eman-temannya bercanda di atas sepeda motor. Goncengan bertiga tanpa satupun alat pengaman. Dan hal ini sering kita lihat di lingkungan kita sehari-hari. Fenomena ini sangat berbahaya, berbahaya karena :

  1. Motornya, dengan sangat mudah membegal motor yang dikendarai anak kecil
  2. Anaknya, bisa mengalami kecelakaan tunggal ataupun dengan kendaraan lain
  3. Pengguna jalan lain seperti anak kecil, orang tua dan lain-lain bisa tertabrak karena rider anak kecil ini masih belum punya tanggungjawab, masih lemah pikirannya juga responnya yang belum terlatih.

Baru-baru ini terjadi kecelakaan maut di daerah OKU yang melibatkan motor yang dikendarai anak-anak (kecil) bergoncengan 4 orang, dengan sebuah truk. Akibat kecelakaan ini 3 anak meninggal di tempat, yang satunya dibawa ke rumah sakit [sumber]

anak kecil naik motor

Dari apa yang sudah terjadi ini, semoga menjadikan kita lebih waspada. Jangan sampai kejadian menyedihkan seperti ini menimpa keluarga kita. Semoga Allah SWT selalu menjaga kita, anak-anak kita, keluarga kita dan semuanya dari kecelakaan di jalan, mulai dari yang paling ringan sampai yang paling berat/fatal, aamiin.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wb

13 Komentar

    • gw juga bangga sih kalo anak gw bisa naek motor, tapi itu buat di sirkuit bukan jalan raya.

      tapi beberapa waktu lalu ada anak SD mewek ke orang tua nya pengen naek motor (metik vario 125 klo gak salah) sama bapak nya gak di kasih. sianak ngejerit2 pengen ngambil kunci nya.

      salah didikan…

  1. apapun itu…pasti yg harus disalahkan adalah orang tua…atau orang yg mengajari anak tersebut…karna memang blm wktunya….

  2. jujur gan.. ane gregetan liat anak kecil bawa motor.. kaki belum sampe tapi gayanya kayak pembalap kampungan aja.. jujur gan.. pengen ane tabrak.. 😀

  3. Tanamkan rasa santun anak sejak kecil, didiklah dengan benar, ajarkan agama dan akhlak mulia, niscaya anak akan nurut sama orang tua..
    Eh jangan lupa, jangan ajarkan main Hape di jalan yah XD

  4. Bagus itu! gaya… keren punya anak msh dibawah umur bisa naik motor..
    ksh moge se x an….. kurang keren ksh kontainer…wkwkwkwkwk…

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan