Yang Asyik Dari Pulsar 200 SS Adalah Style dan Performanya Di Atas Rival-Rivalnya

Bajaj-Pulsar-SS200

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Pulsar 200 ns diberi full fairing plus abs dan fi menjadi pulsar 200ss. Biasanya motor-motor jepang jika sistempengabutannya diganti dari karbu ke injeksi powernya turun. Akan tetapi pulsar yang satu ini malah naik, dari 23.53 ps menjadi 24.4 ps (naik sekitar 0.87 ps). Menurut ane bajaj ingin memantabkan gelar motor terkencang di india dulu p220 digelari “fastest indian bike”, nah untuk p 200ss ini gelari “fastest pulsar yet” berarti lebih kenceng dari p220.

Dan memang jika ingin tetap mampu menyuguhkan akselerasi seganas p 200ns maka perbedaan bobot akibat fairing dan lain-lain harus dikompensasi dengan peningkatan power. Berikut ini tabel perbandingan performa engine p     200ns dan p 200ss

p200ns vs p200ss

Seandainya P200ss ini jadi dijual di Indonesia, karena harganya sedikit dibawah r15 dan cbr150, maka sangat beralasan jika apa yang ada pada p200ss dikomparasikan dengan kedua motor tersebut. Katanya yang pertama dilihat adalah penampilannya, yang paling kelihatan adalah “muka” nya alias headlamp

cbr150 vs r15 vs p200ss headlamp

Sepertinya penampilan headlamp sekaligus tampak depan p200ss ini paling keren dibandingkan rival-rivalnya. Atau mungkin ini cuma masalah selera ???

Dan jika dibandingkan “bejeger” penampilan full body dari sampaing depannya seperti ini

cbr150 vs r15 vs p200ss

Ya sudahlah, menurut ane secara keseluruhan penampakan body p200ss memang sangat menggiurkan penikmat motor sport. Bagaimana dengan performanya ? Nggak usah ditanya lagi bro, dibandingkan dengan p200ns yang naked saja kedua pesaingnya tertinggal jauh, sepertinya begitu pula dengan p200ss.

Jadi meskipun p200ss lebih berat dari rivalnya akan tetapi dengan power yang jauh lebih besar menjadikan akselerasinya tetap jawara dibandingkan r15 dan cbr150 (lihat perbandingan PWR-nya). Justru bobot yang berat yang diimbangi power yang besar menjadikan p200ss motor yang kencang dan stabil. Apalagi sekarang p200ss sudag full fairing sehingga lebih aerodinamis dalam membelah udara di kecepatan tinggi. Mari kita liihat perbandingan speknya

cbr150 vs r15 vs p200ss performance

Jika saja kawasaki benar mem-backup p200ss ini dengan serius, baik service maupun ketersediaan sparepartnya, maka lambat laun pamor pulsar akan bersinar kembali dengan hadirnya p200ns ini. Karena dari segi penampilan dan performa p200ss ini menang mutlak dibandingkan r15 dan cbr150. Jadi masalah “bobot” pulsar 200ss ini sudah diatas angin, tinggal masalah “bibit dan bebet” saja yang masih tenggelam.

Apalagi jika ditilik dari powernya yang dicapai pada putaran 9500 rpm, meliihat panjang strokenya dan jumlah klepnya yang sudah 4 buah, maka potensi yang terkandung dalam engine p200ss ini benar-benar luar biasa. Jika digarap (upgrade) dengan benar maka power yang dimuntahkan bisa mencapai 33 ps pada putaran 12000 rpm, maknyos tenan bro (kapan-kapan kita bahas di artikel selanjutnya)

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

24 Komentar

  1. Mesin dan sasis serupa gen duke200. Tipe ini paling gampang dimodif2 full faring oke, offroad juga oke.
    Mesin powerful, sohc 4valve, Inj & abs pula.
    Rubah dikit camshalf & timing pengapian pasti lbh joss akaselerasinya.
    Mudah2an harganya murah….Xixixixixixi

    • ente pengamat gadungan yg bilang laptime sepang ARRC lebih cepat dari motogp itu ya?
      terus topspeed supersport di sentul cuma 160 km/jam itu ya?
      hebat bener analisanya.

  2. bener pak.. coba cek blog nya warung asep disitu ada siapa sosok “mbah darmo” yg koplak itu dan ternyata itu adalah si mario devan yg memang sering menyamar sbg komentator anonim dibarisan fby sejak tahun 2008..

    • klu mbah darmo seorang blogger trus artikelnya bahas lingis melulu,,dan sampah semua tuh isinya,,mbah darmo sbnarnya gk koplak tp mmg dah sinting,,gk pantas jk seorang blogger yg dimulutnya isinya cuma sampah doang gk ada manfaatnya smaskali

    • brani pegang 200ns vs pio,,pio cuma mnang cc lbh gde,,larinya ngeden ngeden gitu jln lapang ya nyembah nyembah tuh sama p200ns,,blm pernah nyoba h2h klihatannya nih..

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan