Penjualan Motor Anjlok, Akankah Pabrikan Menyegarkan Pasar Motor Bebek Dengan Tipe Bebek-Sport ?

motor cub sport

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Pangsa pasar motor bebek, karena tergerus oleh motor sport dan dan matik. Owner motor bebek yang ingin kencang naik kelas ke sport dan owner motor bebek yang ingin lebih praktis, pindah ke scootic. Terlihat bahwa hampir semua keunggulan motor bebek diambil oleh scootic, sehingga wajar jika banyak owner atau calon konsumen beralih pilihannya ke scootic. Sehingga untuk adu praktis sepertinya motor bebek (cub) masih kalah dengan scootic sehingga perkembangan motor bebek diarahkan ke sport. Maka lahirlah bebek sport alias bebek kenceng.

Salah satu keunggulan dari bebek sport dibandingkan dengan sport murni adalah, bobotnya yang enteng, bentuknya yang kecil dan larinya yang jauh lebih gesit dalam membelah kemacetan. Sehingga dalam perkembangannya bebek sport diperuntukkan bagi rider yang praktis (bawaan sedikit) dan yang ingin cepat sampai tempat tujuan di lalulintas yang padat bahkan macet.

Ditambah lagi dengan naiknya segala kebutuhan hidup, sehingga membeli motor baru bukan menjadi prioritas. Kalaupun akan membeli maka membeli motor yang murah-murah saja, cukup sebagai sarana transportasi. Dalam kondisi seperti inilah mungkin bebek-sport tipe low dan mid akan mampu memberikan kontribusinya. Oleh karena itu masing-masing pabrikan sudah menyiapkan jagoan-jagoannya yaitu ;

  1. Suzuki dengan satria fu 150 dan raider j115
  2. Yamaha dengan mx king dan (rencana) bebek ayam jago lain dengan mesin tidur
  3. Honda dengan cs1 reborn 2 model
  4. Kawasaki barangkali akan menghidupkan kembali athlete
  5. TVS dengan tormax nya

Dengan kata lain, semua pabrikan aka selalu mencari celah dalam segala kesempatan dan kemungkinan. Termasuk menjual dan menghidupkan kembali motor bebek yang pasarnya semakin ciut. Sayangkan sudah banyak sumber daya yang ditanamkan dalam mengembangkan motor bebek ini, kalau bisa jangan sampai sia-sia.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

11 Komentar

  1. dulu hnd & ymh dah pernah bikin bebek matic, tp gatot. makanya mereka rame2 ikut suzuki bikin bebek sport, dg harapan bisa lbh bagus penjualannya.

  2. H dan Y duet maut penggebrak pasar. Keduanya bisa mengatur kemana arah jenis produk. tahun sebelumnya dengan sportnya, tahun ini dengan ayago/bebek serta maticnya. Perkiraan tahun depan kelas 250 menjadi target duet selanjutnya.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan