Mungkinkah Sport Honda 250 cc (K64A) Bertenaga 39 HP ?

motoblast cbr250rr

 

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Pernah ane tulis sebuah artikel yang menjelaskan menngenai bocoran dari majalah Young Machine mengenai basis engine untuk calon cbr250rr dua silinder. Di artikel tersebut ane sedikit jelaskan mengenai bagaimana pencapaian performa dengan menggunakan basis vtr250 dan cbr400. Dengan basis cbr 400 diperoleh power sebesar 31.97 ps sedangkan yang berbasis vtr250 bertenaga 34.69 ps.

Baru-baru ini Kang IWB menghembuskan rumor bahwa calon cbr250rr natinya akan all out, dan bertenaga sampai 39 hp bahkan bisa tembus 40-an hp. Rumor ini disambut dengan sinis dan sangsi, mungkinkan motor sport 250cc produk masal bertenaga 39 hp ? Kalaupun mungkin, mau dihargai berapa juta ?? Karena power sebesar itu menuntut penyematan material eksotis dan mahal untuk mengantisipasi muntahan powernya.

Mungkinkah ??

Menurut ane jelas sangat mungkin, bagaimana tidak mungkin …lha wong yamaha saja sanggup membuat yzf r250 bertenaga 36 hp, kenapa honda nggak bisa nambahin 3 hp lagi ???

Untuk cbr250rr berbasis engine vt250 pernah ane ulas (berbasis engine vt250 spada) yang bertenaga 40hp. Nah sekarang mari kita bahas bagaiman cbr250rr berbasis engine cbr400r dapat mencapai 40hp.

Basis engine cbr400r kira-kira seperti ini

power cbr400r

 

Terlihat bahwa power sebesar 46.29 diraih pada putaran 9500 rpm, wajar saja karena stroke-nya lumayan panjang yaitu 56.6mm. Jika cbr250rr memang diperuntukkan untuk menantang ninja250 dan r25, maka stroke-nya harus cukup pendek disekitar panjang stroke ninja250 (41.2 mm) dan r25 (44.1 mm).  Karena mereka memang memiliki sebagian spek racing, maka jika ingin bersaing spek bore x stroke harus setara dengan mereka, misalnya menggunakan komposisi bore x stroke milik vtr250 yaitu 60 mm x 44.1 mm. Artinya perlu dilakukan stroke-down dan bore down dari spek cbr400, sekarang mari kita lihat konfigurasi engine nya

power cbr250rr based cbr400 2

 

Untuk mendapatkan power 40hp, tidak perlu spek yang terlau ekstrim. Lihat spek engine 1,2,3 dan 4 dan mari kita diskusikan :

  1. Efisiensi volumetrik sebesar 87% bukan sesuatu yang “wah” bagi sebuah motor sport. Bahkan bisa dikatakan biasa-biasa saja karena hanya sedikit (2%) di atas motor harian lainnya. Jadi untuk mendisain porting intake seharusnya bukan perkara yang sulit, apalagi bagi honda
  2. Putara engina saat power puncak yang mencapai 12000, juga bukan hal yang superior, biasa-biasa saja karena r25 pun mencapai power puncak pada putaran 12000 rpm. Dan putran engine setinggi ini masih jauh dari batas piston speednya, jadi masih sangat aman dan tidak memerlukan bahan-bahan eksotis. Apalagi klep dan per klep cbr1250 yang sekarang juga mampu untuk digeber sampai 12000 rpm, jadi tinggal order saja versi yang lebih kecil untuk cbr250rr 2 silinder.
    • piston speed cbr250rr stroke 441mm
  3. AFR yang bernilai 12.6 adalah afr optimum untuk mencapai power maksimal. Jadi kalau sudah dengan spek seperti ini jangan minta irit.
  4. Rasio kompresi 11.2 adalah adalah rasio yang cukup rendah jika dibandingkan cr r25 (11.6) dan cr ninja250 (11.3). Jadi masih realistis untuk dipakai harian, karena cukup diisi dengan pertamax+, dan nggak perlu racing fuel beroktan 100.

Dari gambaran di atas, menunjukkan bahwa untuk membangun engine cbr250rr, 2 silinder bertenaga 40hp bukan hal sulit bagi honda. Karena spek yang disematkan bukanlah spek yang istimewa, maka bahan meterial untuk sparepart pun tidak perlu yang eksotis dan mahal seperti klep titanium, seating klep berilium dan lain-lain. Seharusnya harganya bisa bersaing dengan rival-rivalnya, dan kalau dibandrol jauh lebih mahal, maka AHM bener-bener keterlaluan dengan konsumen di Indonesia.

Itulah sekilas analisi mengenai konfigurasi engine cbr250rr 2 silinder bertenaga 40hp. Buat suhu-suhu yang lebih kompeten mohon masukan dan koreksinya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

56 Komentar

  1. kalo beneran 40hp,harga 65jt jg kayaknya gak masalah buat konsumen d mari,sebab buat naikin power 5 hp saja pada R25/ninja saya yakin ga cukup dana 10jt.

  2. ahm sekarang gak bisa kibulin konsumen sport. Apalagi ada bung gokil. Lewat ilmu artikel bung gokil semua jadi paham. CBR 40hp. Ayo AHM berubah oooo. Konsumen mu wes do pinter.

  3. Saya setuju sama yg ini. Tapi Yamaha Nmax bisa jadi membuka jalan baru untuk yang pengen kenceng tapi tetap irit saat pelan sengan teknologi VVA nya. Karena sudah terbukti di mobil, tinggal untuk mesin kecil bagaimana nanti…

  4. kalo afr 12,6:1 apa lolos euro 3?? (di mas iwb?) di situ tantangannya.. ini bukan masalah power tapi juga emisi gas buang

  5. Klo menurut ane sih…itu sangat mungkin engine 250cc 40hp itu gampang….
    yang bakalan d tekan kualitasnya ya pasti ada… mungkin mesin sangat super…. namun apakah sasis body dan lain sesuper engine nya? Jika harga d pepetin rivalnya

  6. power 40 hp di crankshaft…pasti sanggup
    tapi….
    tantangannya apabila ada batasannya…?

    -max harga setara r25 ato dibawahnya
    -kualitas…minimum setara ninja / r25 ato lebih + seperti yg sudah di bocorin….USD with radial caliper
    -emisi….euro3

    masih sanggup…?
    kita lihat aje dach….kukur2

    • Hahahaha….emang mumet klo mikirin kemauannya konsumen indonesia… tuntutannya terlalu sempurna euy… kudu keren, built quality no wahid, paling kenceng TAPI harga yg bersahabat…

  7. nek menurut saya, buat desain yg menawan dulu, urusan mesin bikin yg standard (minimat sama kayak rival) tapi punya potensi lebih tinggi utk diupgrade dg biaya minimal. lha wong r25 yg sdh tinggi tenaganya masih pada di modif.

  8. Sepakat…. Pelihara 2 species saja.
    Memang motor besar cocoknya buat nongkrong sama touring.
    Buat sehari2 matic 50 cc (coba kalau ada yg jual) sdh cukup. Kantor Rumah 19 km butuh waktu 45 menit. Ngebut Maya apapun di lampu merah kudu stop

  9. Mr motogokil has taken his role to enlighten the readers.
    Thanks for the article, the board will conduct a few procedures and meeting on considering whether to release a full package with USD for the high end, or to take another option to balance the production costs.

  10. Motor kenacang itu motor yg dalam keadaan standart gak kenceng2 amat, tapi kalo dioprek/ditempeli spek racing bakalan paling top dari yg laen. Gak usah heran AHM nanti jual tampang & nama besar tapi spek standart ala kadarnya, tapi . . .

  11. harga harus dibawah kompetitor klo mau nggebrak pasar 250cc…
    terus tangkinya jangan pake plastik ember kaya punya sebelah…

    untuk ukuran motor harga 60jt sangat gak layak pake tangki dari plastik bro gokil…

    konsumen cerdas tau kelayakan dan gak bakal beli, kecuali fansboy buta merek

    • situ sales ya bro? tau ducati ga?
      ducati tangki nya plastik lho, n yamaha R1 burung hantu jg dari plastik

      aprilia rs 125 n yamaha R125 yg material nya kelas wahid jg pake tangki plastik

      bahkan BMW GS1200 jg dr plastik

      berarti harga motor puluhan n ratusan juta itu ga layak ya bro?

      ckckckck

  12. Beneran ga mimpi nih mang? Yakin? Awas ya kalau cuma mimpi dan di PHP lagi. Ay langsung nyalahin aktor utama blog ini 😀

      • R25 aja yg katanya kasus sunatan massal aja kata YIMM alasannya durability… klo power segitu dgn spek materialnya standar, apalagi dgn penambahan usd dan radial caliper tp harga 60 jetian apa gak takut malah blunder buat ahm dan honda global? Karena pasti durabilitynya yg dipertaruhkan… yg berujung nanti kasus seperti cb akan terulang lg…

  13. kabarnya yang keluar versi R, bukan RR. bukan nya kalo RR itu biasanya pake silinder lebih banyak (lebih dari 2)..? dan kabar terbaru katanya pake model inline, bukan V. nah lhooooo..??

  14. kalo AHM mw lebih greget lagi.. mngkin bisa aja CBR250R 2 sillinder dibikin versi 300ccnya, buat menantang ninja 300 ama yamaha R3.

  15. masalahnya tinggal Honda niat kagak..hehehe. Belum lagi kalo pake mesin V-twin..jelas torsi melimpah dengan powerband yang lebar juga lhoo…secara dengan jumlah piston sama konfigurasi mesin V ato L memang lebih banyak keuntungan secara power dibanding inline

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan