NVL dan MX King Adalah Motor Ramah dan Untuk Rider "Kalem"

NVL n MX King

 

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Setelah secara tenang meresapi sapaan yang diberikan oleh speedometer nvl dan mx king, maka sesungguhnya kedua motor tersebut adalah motor yang ramah, dengan harapan rider nya juga menjadi rider yang ramah. Sapaan “Hi Bro” dan “Ready to Go” menunjukkan ajakan untuk berkendara dengan tenang, kelem, santai dan wajar. Jadi meskipun kedua motor tersebut dibekali dengan mesin yang cukup ganas, pabrikan secara bertanggung jawab mengajak rider yang mengendarainya dengan wajar dan tidak kebut-kebutan di jalan umum.

Sekarang mari kita rasakan sapaan kedua motor tersebut…

 

speedo nvl n mx king

Hi Bro

Sapaan ini berlaku buat teman, baik teman sesama penunggang nvl maupun menunggang motor yang lain. Dan jika sapaan ini keluar dari mulut seorang rider, maka tidak mungkin sapaan ini dilakukan dalam keadaan “ngebut”. Pastinya sapaan “hi bro”, “hai kawan”, “assalamu’alaikum” dan lain-lain tidak akan bisa diucapkan seorang rider kepada rider/orang lain dalam keadaan ngebut, dan harus dalam keadaan tenang, santai, kalem dan naik motor secara wajar.

Ready to Go

Adalah sebuah tanda untuk segera bergerak, bekerja atau berangkat menunggang motor. Tantunya bukan memotivasi sang rider untuk kebut-kebutan di jalan saat berangkat kerja, akan tetapi berangkat kerja naik motor dengan wajar. Akan berbeda jika sapaannya “Ready to Race”, sapaan seperti ini akan memicu sang rider untuk ngebut di jalan. Bahkan yang lebih parah bisa-bisa sang rider akan mengganggap jalan sebagai sirkuit balap.

Mudah-mudahan sapaan ini bisa menjadikan ane (sebagai rider nvl) menjadi mawas diri untuk tetap santun di jalan, begitu pula dengan rider nvl lainnya, juga calon rider mx king.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

36 Komentar

  1. Sangat multi tafsir bro…bisa juga diartikan” Hi-Bro ini motor kenceng lho..” Apalagi kalo dihubungkan dg tagline DNA motoGP atau DNA Yamaha selalu ingin lebih..!! Apa gk pada pingin geber tuh motor

    • udah deh. gak usah bawak2 teknologi moto gp. enek ane dengernya. komuter ya komuter aja. bahkan motor 1000cc juga gak bisa di samaain dgn moto gp. satu2nya motor yg bawak dna moto gp ya cuma rcv213s. baik cb sama nvl itu cuma motor komuter. gak ada moto gpnya sedikit pun. jd tambah enek kalo ada pabrikan yg bilang matic pake dna moto gp. pantes aja kalah mulu pas balap. teknologinya cuma setara motor matic

  2. Udah lama ga komen nih,
    Mau tanya lagi seputar modif motor nih, hehehe
    Saya kan pny NVL, bore x stroke nya 57 x 58,7 mm.
    yg mau saya tanyakan, kalau misal diubah jadi 60 x 53 mm kan jadi overbore –> rpm atas galak dan rpm bawah terkorbankan, cara mengatasinya gimana ? Apakah pengorbanan rpm bawah ini terasa signifikan mengingat kinfigurasi klepnya SOHC ?
    makasih sebelumnya

    • sohc dan dohc cuma bagian pendukung dalam sistem buka-tutup klep
      karakter engine yang sesungguhnya dibawa oleh overbore atau overstroke
      jika stroke diubah dari 58.7 ke 53mm, jelas torsinya akan turun karena besarnya torsi dipengaruhi oleh gaya dorong akibat ledakan di ruang bakar dan jari-jari bandul (crankshaft) yang besarnya 1/2 x stroke
      cara ngatasinya rasio kompresi dinaikkan atau daya ledak diperbesar dengan menaikkan VE

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan