YIMM Tidak Menurunkan YZF R25 pada IRS 2015, Bukannya R25 Paling Powerfull ???

yamaha-r25-2

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Pupus sudah harapan untuk mengetahui performa total r25 ketika diadu dalam even balapan resmi di sentul, IRS. Karena pihak yimm, Supriyanto (Manager Motorsport YIMM) menyatakan :

“Kita tidak punya cukup waktu untuk melakukan training. Soalnya motor baru kita, seperti R25 dan R15 baru saja dirilis akhir tahun lalu. Jadi tahun ini tak ikut IRS, tetapi kalau ada tim yang ingin ikutan, silahkan saja”

Tentunya yimm memiliki beberapa alasan logis, mengapa ia tidak secara resmi menurunkan r25 pada balapan IRS 2015. Diantara alasannya adalah :

  1. Motor r25 relatif masih baru, dan waktu untuk riset dalam balapan irs masih kurang
  2. Ada even balapan lain yang menurut yimm lebih penting yaitu balapan yang berkelas internasional, ARRC (Asia Road Race Championship 2015)

Itulah alasan yang diberikan oleh yimm, akan tetapi akankah pencinta motor sport 250cc khususnya calon owner r25 bisa menerima alasan ini ? Bisa iya, bisa tidak.

Yang bisa menerima alasan ini, kemungkinan memang tidak menjadikan performance dari r25 sebagai satu-satunya acuan untuk meminang r25. Bisa jadi karena fitur-fitur yang ada, atau karena dapat meningkatkan prestis/kebanggaan. Atau memang sudah cinta mati dengan semua produk yamaha, sehingga tidak masalah apakah r25 ikut atau tidak dalam ajang irs, yang penting r25 tetap paling kencang untuk harian, paling canggih dan paling keren.

Yang tidak bisa menerima alasan ini, kemungkinan adalah calon/owner yang memang ingin tahu kekuatan dan potensi yang sesungguhnya yang ada pada r25. Karena kemenangan dalam ajang balapan adalah suatu kebanggan tersendiri. Apalagi r25 pernah diklaim memiliki power 35 ps, terbesar di kelasnya, bentuknya juga sangat racy (bernuansa motor balap)

Masa nggak ikut balapan resmi ?

Akankah performanya dapat dibuktikan di ajang balapan resmi ?

Akankah komponen-komponen penentu performa engine memang lebih mumpuni dibandingkan kompetitor ?

Dan ternyata untuk tahun ini belum bisa dibuktikan, karena r25 tidak diturunkan secara resmi oleh yimm. Tim privatir bisa saja ikut dengan r25, akan tetapi tanpa didukung pendanaan pabrikan hasilnya tentu menjadi tidak seimbang jika dibandingkan rival-rival nya yang didukung pabrikan. Akhirnya gagal dah penantian membandingkan lap time dari r25 dengan korekan full race di sentul, dengan laptime ninja 250 ataupun cbr 250.

Kalau menurut ane pribadi, kemungkinan yimm tidak menganggap ajang IRS sebagai sesuatu yang penting yang berpengaruh pada penjualan. Karena ikut irs sudah pasti biaya yang dikeluarkan cukup besar, sementara tanpa ikut irs pun penjualam motor sport yamaha sudah menjadi “raja motor sport”. Jadi buat apa buang-buang duit kalau pengaruhnya tidak signifikan terhadap penjualan dan keuntungan ?

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

72 Komentar

    • Bilang aja takut diasepin ma cibi+R 250r
      Motor yang di agung-agungkan raja sport masa kalah entar sama motor sebelah yang sebulan aja blum tentu laku 1 unit
      Sama cbr aja udah ciut gimana nsf yang turun
      Ha ha ha ha “raja sport” jadi ini namanya

      • Justru Kayaknya yamaha malah terkesan underestimate dengan balapan lokal bro… mungkin masalah regulasinya dan kondisi sirkuitnya sendiri… lha doi lebih milih ikut ARRC yang notabene Dorna ikut andil dan regulasi yang lebih jelas kali…. Klo diAsia aja bisa bersaing udah pasti hasilnya lebih diakui daripada IRS…IMHO

        • gak logis bro…
          balap bebek ici kiwir aja masih dibanggain kok sama yimm…

          gmn bisa sama balap motor sport tulen jd under estimate, kan lucu…

          🙂

          klo takut pasti iya, karena nama r25 dan pride pemiliknya dipertaruhkan di IRS, terlebih lagi r25 baru nongol dengan segala gembar-gembor kehebatannya…

          bayangin klo ternyata cuma jd bulan-bulanan
          kan malu bro…

          • Nah…itu dia…makanya yamaha hanya menganggap balap lokal dengan bebek saja, sementara R25 Yamaha lebih melirik balap yang kelasnya lebih tinggi…sekelas asia… mungkin dengan tujuan perjenjangan ridernya lebih jelas…imho

  1. Gambling… menang biasa, kalah memalukan.. efeknya ke penjualan..
    jadi alasan yang lebih diterima oleh akal adalah riset, riset dan riset.
    Begitu riset dah kelar, yang keluar prototipe.. seperti balapan bebek yang mengeluarkan prototipe jupiter dari jepang. 😮

  2. Pendapatan ane sih . . Takut kalah n calon pembeli yg mentingin performa (gembor2 nya performa di atas rival) jadi berubah beli produk lain . . . Intinya sh kurang percaya diri . . Kn udah di tes sm pembalap MOTOGP . . N data semua modifikasi di catat setau ane di tulisan bro Leo 7leopold7.com . .

  3. Klo soal penjualan, CBR 250 Alm. Denny Triyugo yang berhasil ngemplengin Ninja 250 sejauh 20 detik penjualannya ntah gimana 😆

  4. Takut sama cbr 250. Yang namanya oprekan semua diganti kan. Mungkin kalo std, R25 bisa lebih kenceng dari N250 mungkin karena piston udah forged, limiter di 14rb, dll. Tapi kalo udh modifan untuk balapan, N250 sudah pasti pake forged piston, limiter digeser, pengurangan bobot, dll. Alhasil untuk powerfull, R25 belum tentu paling sadis di IRS 2015

    Kesimpulannya, Ninja 250 yang sudah sangat powerfull masih Kalah dengan CBR 250. Berarti R25 pun kemungkinan besar masih kalah dengan CBR 250

    Ga percaya, lihat video ini

    http://youtu.be/_pq4iu_vhd0

  5. yg jelas yimm gk prlu ikut IRS toh yamaha raja MS motor sport, ikut gk ikut ttp raja. apa gunanya juara irs toh para rider ngetestnya bkn motor spec irs, ttp motor spec harian, selama buat harian masih superior n tampilan bagus ya ambil.

  6. kalo menurut ane, motor R25 adalah produk global yimm ya harusnya ikut atau bikin event skala besar, paling tidak se-asia… seperti arrc. kalo irs ga penting penting amat…. tapi kalo ada privater ya didukung walaupun ga full.

  7. takut dudukan cakram belakang rompal lagi, gigi perseneling maju sendiri, cat ngelontok dan skok depan puklek. makanya gak mau ikut

    • bukannya ikut ARRC y om?
      y diliat aja nanti di ARRC ada nafasnya ngga ini
      “kalo” misalkan ada nafasnya di ARRC berarti g ikut IRS jga g masalah donk
      “KALO” ya

  8. …hahaha…alasanx keren banget yah…bilang aja takut ketahuan…jika terxta material yg digunakan r25 tdk untuk kelas sport tapi hanya untuk harian…makin jelas sudah mengapa power motor ini disunat…pasti karena material yg digunakan tdk mampu digunakan pada rpm yg tinggi…seperti inikah nyali motor yg katax ber dna motojipi…

  9. …hahaha…makin ketahuan siapa yg rajax sport…dan siapa yg rajax bebek…makin ketahuan siapa yg jual kesing…dan siapa yg jualan mesin…giliran jual menjual menomorsatukan indonesia…tapi giliran balapan menomorduakan indonesia…hei bung kami ini org indonesia juga bangga dgn even balap dalam negri…kami juga yakin bibit pembalap profesional juga bisa lahir dari sirkuit balap indonesia…

  10. wew video diatas cbr makan semua sport 250cc. R25 pun disantap kayak keong jeee. Anjirrrrr. Keknya cbr kalah di stereo doang ya. Sekali dioprek beringas benerrrrrrr. Wew wew wew. Nnggu cbr yang v engine.

  11. material mesinnya boshok mungkin..
    tapi pak gokil ini gak objektif ah, ngutip beritanya setengah setengah. benci banget ama yamaha ya pak!
    ane jg ga begitu suka yimm, tp masih tetep berusaha objektif.

  12. Lebih smart pilih cbr 600rr 2008 no paper lah. Lha wong spec selangit harga cuma 90juta. Ini masalah maniak motor. ga keren dong pake wearpack komplit pakenya r25 atau mocil lainnya. itu motor anak sma. ergonomi masih kaya bebek, stang diatas, jok pendek, underbone terlalu bawah, ban kecil

    Umpama kita playboy nih. Suruh pilih naik cbr 600 atau r25 cewek” udah jelas pilih cbr 600 dong. Iya kan bro. Hehehe

    R25 55jutaan lah. Tambah dikit udah jadi cbr 600. Be smart bro

    • eh bentar no paper itu, dapet surat keterangan dr polisi kan ye? cuma emang ga bisa di bwa keluar kota

      gue pernah di tawarin r6 2005 40 jeti surat dr polisi lgsg n beli jg dr polisi (kenalan tmen gue)

  13. masalah beli kan memang idealnya produknya pak bukan merknya.
    ane gak suka YIMM gak suka AHM tapi ada yamaha force fi sama vario 125 di garasi, pengennya punya inazuma belum keturutan.
    masalahnya cuma berita yg ngutipnya setengah2. lebih bijak kalau full yakni misalnya yimm konsen ke ARRC. entah itu ngeles atau apa biar pembaca yg menilai. mungkin siapapun berhak jd fanboy termasuk blogger. tp jangan sampai kita dlm menyampaikan info dr sumber luar itu kita manipulasi nanti kita jd kulino manipulasi, korupsi informasi.

    apapun salam damai pak. sukses bloggingnya

  14. Kasihan… masih saja di jajah Jepang, mau saja dipermainkan secara psikis. Entah pabrikan ikut/tidak balapan atau sulapan ya biarkan saja. Jangan sampai kita menjadi marketing sukarela (romusha). Sebaiknya kita memberikan info tentang spesifikasi yang apa adanya saja agar masyarakat Indonesia tidak buta teknologi dan merk.

  15. perkembangan awal blog ini bersifat akademik yang berisi artikel ilmiah ntah knapa lama kelamaan bergeser ke blog opini.
    semoga trademark yang dulu tetap dipertahankan, karena dari situlah blog ini punya ciri khas.

  16. Sekarang yg di bahas balapan motor sport 250 cc,,mudah2an besok giliran balapan bebek 110 cc,125cc ato 150cc jngn lupa sport 150cc jg biar adil pak dosen

  17. alasan terakhir paling masuk akal. tujuan utama balap kan untuk promosi,trus jualan. toh ajang balap IRS tak berpengaruh kok pada penjualan, buktinya cbr 250.??? makanya yimm santai aja.
    utk performa r25 udah gak perlu terlalu ngotot lg kok buat ngebuktiin. org jg udah pada tau kalo r25 paling powerfull . buat apa juga menang di irs yg notabenya full oprekan tp di jalanan di asepin mulu.

  18. yang komentar dimari yang menyudutkan ninja dan R25 rata2 pada lupa…. bro, yang namanya balapan itu bukan hanya speed doang, termasuk handling, pendanaan dan lain sebagainya… Klo N250 ampe sekarang masih kalah sama CBR, ane rasa dikarenakan handling N250 yang kalah jauh ama cbr… belom lagi biaya oprek yang masing2 tim besarannya gak sama dukungan dari pabrikan… Apa di IRS ada yang oprek sampe ke chasis seperti layaknya motogp? tau ducati motor paling kenceng kan? kenapa dimotogp gak berdaya? Kalo soal Yamaha, kalo doi gak ikut balapan sama sekali itu baru penakut… tp kan doi ikut balapan selevel ASIA malah.. yang jelas musuhnya pun melebihi motornya CBR ART, y kan? so, liat aja apakah R25 bisa bersaing dikancah Asia atw tidak….hehehehe PISS…

  19. IRS sm ARRC lebih berkelas mana????

    Ada yg bisa jawab?????

    Θ¡ ARRC ɑ̤̥̈̊jª honda gk berani make yg 250cc malah make_nya yg 300cc alasan gara2 jones sendirian

    Sirkuit ARRC lebih safety

    Emang ahm,gk mentingin keselamatan rider_nya

    Rider2 ahm pd muodiar gara2 ke egoisan ahm

    Ngoahahahahahaahah

  20. R25 itu dijual global bozzz

    Jadi promosinya Чα”Ì® kelas global

    Kasian kan,menang ϑ¡ irs tp gk laku sama sekali

    Karna konsumen beli bukan buat balapan ϑ¡ sirkuit

    Hanya fbh kambing yg koar2 kayak celeng

    Malah gk pd beli

    Piye jal

    Ngoahahahahaa

  21. Fbh kambing masih ɑ̤̥̈̊jª ada yg bilang R25 takut sm cbr jones

    Malu kelessss

    Motor lemot buosokkk kagak laku

    Noh,ϑ¡ ARRC cbr 250cc mencret2 nangis darah ketakutan sm R25

    Eh malah mewek make yg 300cc dengan alasan jones sendirian

    Ngoahahahahaha

    • ya iya lah om. single silinder sama dual silinder. Kan aturannya internasional gitu. klo gak mau lawan yang bore up. lawan nsf aja sama250 cc. gmn?. Btw klo mau harusnya yamaha masukin ke moto3 tuh mesin R25. Klo mampu sih…….. buktinya kan kagak mampu ooooom. Hehehe. jadi slow aja deh. untuk std emang 25 udah dioptimasi om. tapi untuk race. keknya kagak deh. Ada yang bisa nambahkan

  22. itu cbr art dual injektor. Sama sama dua injeksinya . Ninja 2 r25 juga 2. Cbr awalmya kan satu tuh. Dijadiin 2. Btw cbr ada gak ya kit performance dua injektor. Coba AHM jual tuh kit performance. pasti cbr laris. AHM kurang cerdas juga sih. Harusnya dengan kelemahan suaranya yang mono itu bisa optimsi di sektor mesinnya yang lebih ppwerfull. Klo perlu dual mode. daily ride sama racing optimize. Tekan tombol doang kayak motogp gitu. Mimpi mode on. Ujug2 daripada mimpi beli r25 wae. wkwkwkwk

  23. cbr gak laku karena silindernya jomblo coy, bukan karena performanya…
    orang indonesia tidak tertarik karena suaranya yang mono…

    soal prestasi jangan ditanya, biar jomblo silinder dibalapan resmi cbr masih jawaranya…

  24. Sapa bilang dijalan cbr kalah sama r25. Teorinya, balapan jalan raya(indonesia) sama dengan road race alias main stop and go. sedangkan cbr 250 punya torsi 23N.m alias paling besar diantara yang lain. Ringan, handling mantap, tarikan Jambakan setan. Itu baru Old CBR 250 dengan power 26Hp. Belum dengan keluarnya Cbr 250 dual keen eyes yang punya power 29Hp. Bawah atas makin sadis.

    Itu salah satunya Kawasaki mbrojolin rr mono. Kalo brother semua tinggal di california atau di washington boleh aja bilang N250 bisa ngasepin cbr 250. Tapi kalo ente tinggal di jkt. sama aja dengan road race tadi.

    Ini berdasarkan pengalaman saya yang sudah 6x punya CBR 250 dan 5x N250. maklum saya penjual motor tapi sambil pakai. Hehehe. Jadi tau persis kedua motor tersebut sampe kolong”nya 😀

    • Nah bener ini…tapi sante aja koq bro..kalo r25 di adu sama ninja 250 tenaga masih jauh menang ninin…cuma kalo handling memang parah abis ninin…tapi untuk kombinasi..saya masih vote cbr250..sadis buat keluar masuk tikungan Ban s20 aja grip habis tinggal seujung kuku di pemakaian touring..topspeed std cuma ganti knalpot racing 174 di jalan datar(cepat)..udah sering ngadu saya (di tempat aman & segala resiko tanggung sendiri) bisa ngejar setelah di kec 170 an..tp cbr udah ngibrit jauh banget..rekan2 pemilik r25&ninin pun mengakui dan segan dgn performa cbr250..jadi yg komen aneh2 paling juga ga punya itu masing2 motor..cuma pengamat sosmed..fansboy kasih tak sampai..

    • Klo bicara standar sampeyan browsing tuh data aksel kelas 250 cc… R25 unggul semua bahkan topseed jg… klo bicara oprekan, yg menang yg sanggup oprek dgn biaya yg wah… video R25 lawan ninja 2 tak aja, akselnya Masih ngelawan bro…cmiiw

      • Masbro..masbro..makanya jgn ketipu data mentah dr pihak seller..sakit hati nanti..kalo saya tulis berdasarkan dr apa yg saya coba..tidak 1 kali 2kali..tapi puluhan kali..jangankan lawan ninja 2 tak bro..lawan ninin 2 cyl aja kalo bisa bawanya jauh bgt tenaganya…r25 tuh power std nya nanggung bgt kayak ditahan tahan..coba aja keadaan netral / persneling 1 tahan kopling..cari peak power nya buat start..pasti susah..putaran mesin nya memang bisa tinggi..tapi kalo org jawa bilang ampang..masih jauh ama ninja250 putaran atasnya (ini saya bicara semua motor mesin std paling ganti knalpot) ya poin bagus buat r25 handling mendekati cbr250..tenaga putaran bawah lebih gampang di kail dr pada ninja..kalo putaran atas dibanding ninja250 masih jauh bgt bro..speedo r25 lebay jg lho..ninin udah mentok di 170 km/h ninggalin sejauh jauh nya…di speedo r25 udah masuk 180 lebih..
        Main2 ke solo kalo masih maido(ga percaya) bisa lihat langsung motor di jejer dan di test bareng..line up lengkap..kasih opini berdasarkan test pribadi..jgn katanya katanya..katanya brosur r25 36hp..di dyno cm dpt 28 hp..woles ae bro

        • Wah…klo bener yg sampeyan bilang, kudunya dibikin video n upload dah sebagai pembanding dari video2 yg ada yg rata2 mengunggulkan R25, bisa gak? Karena sampai saat ini ane belom nemu N250 std bisa menang dgn R25 std.. perkara R25 vs n150 2 tak ane bukan katanya, kejadian disaksiin langsung… dijalan pemuda jaktim, R25 item vs n150 putih… jarak 100m pertama bisa ngimbangin tuh n150 selanjutnya keteteran… start lamer sebelum unj, finish lamer arion…

          • Harusnya klo bicara std, jangan anggap enteng ganti knalpot bro, knalpot ampe harga 9 juta klo gak ada efeknya ke power ya gak mungkin harga segitu… lagian bicara on dyno, cbr250, N250fi, R25 ada semua data on dynonya…. ttp aja paling gede bro, makanya klo menurut sampeyan N250 powernya lebih gede dari R25, baiknya upload record on dynonya N250 std biar gak dibilang hoax…

          • Nah gini nih ane yg ga demen..dikit2 hoax dikit2 youtube..malah nyuruh2 record..ga percaya gpp deh..mmg bener perdebatan dunia maya cuma kebanyakan berisi fansboy buta merk..kalo situ rumah deket saya..malah sekalian saya ajak nyobain..kadang bingung sendiri saya..yg para owner nya aja pada akur dan kopdar bareng..saling share..yg pengamat “katanya” ribut ga jelas minta di buktiin ini itu..fine laaa..ternyata nulis dan di paido itu ga enak..salut sama para blogger..closed

          • Terus terang ane bukan fansboy manapun om… ane cuma seneng mengamati perkembangan R2 ditanah air aja sambil menambah pengetahuan tentang R2 itu sendiri… masalahnya di dumay memang setiap orang berhak mengemukakan pendapatnya.. klo sifatnya selera sih gak apa2 tanpa bukti, tapi klo dah soal klaim merk ini power nya lebih gede, merk ini lebih irit harus pake bukti yang otentik walaupun kadang masih ada aja yang gak bisa terima ya terutama yang seperti sampeyan bilang fans buta merk.. tp klo buat ane klaim yang sudah disertai bukti yang shahih rasanya harus diapresiasi… nah apalagi klo klaim yang tanpa bukti alias hanya menurut sampeyan tanpa menjelaskan dengan bukti dan keterangan variable2 pendukung atas klaim sampeyan, pasti hanya akan jadi perdebatan tanpa ujung…gitu lho om…

  25. Nek menang IRS ki yo dituku. Ojo dideloki tok karo dikomen ae. Motor banter (cbr250) kok gak dituku. Tukunen cuk! Banter tok tp gak mbok tuku yo amsong. Wong cbr250 musuh gl 1200 meter paling yo kalah.

1 Trackback / Pingback

  1. Wahai Pencinta Motor Sport, Pilih Motor yang Standard Kencang atau Kencang di Sirkuit ??? | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan