R25 Bore-Up 68mm Lebih Mantab Daripada R3

r25 to r3

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Setelah spesifikasi teknis yzf r3 keluar, tentunya sangat membuat iri owner r25 yang ada di Indonesia. Betapa tidak, kubikasi mesin yang cuma beda 70 cc, memberikan kenaikan power sampai mendekati 8 ps (versi masal). Tentunya sangat realistis, jika r25 lover yang sebahagian besar adalah power-lover, akan berusaha menaikkan performanya sehingga setara dengan r3. Tentunya yang sangat mudah dibayangkan adalah dengan mem-boreup silinder r25 menjadi setara dengan r3, yaitu oversize 800 (diameter bore naik dari 60mm menjadi 68mm).

Tapi sepertinya boreup sebesar itu jika tidak didukung oleh ubahan di head-cylinder dan throttle body, akan kurang efektif. Karena peningkatan 70cc akan sangat sulit memberikan tambahan 8 ps jika tidak ditunjang dengan peningkatan efisiensi volumetrik. Dan ternyata jika diamati dengan seksama, ada beberapa perbedaan lain dalam spesifikasi engine antara r3 dan r25, selain bore-nya, yaitu rasio kompresinya (cr) dan posisi power maksimumnya (rpm). Untuk lebih jelasnya mari kita bandingkan spesifikasi engine r25 dan r3..

r25 to r3 spek

Jika kita hanya mem-boreup liner r23 menjadi berdiameter 68 mm, dengan spek r25 maka powernya akan mencapai 44 ps.

r25 to r3 power

Apalagi ketika power maksimumnya diletakkan pada 12000 rpm (sesuai dengan spesifikasi awal saat test ride) maka powernya akan mencapai lebih dari 50 ps, wiik, mantab.

r25 to r3 power 12000rpm

Tentunya harus disertai ubahan pada diameter klep dan throttle body agar VE tetep bisa dipertahankan 92.23%.

Dengan power sebesar 50 ps, naik 47%, maka kecepatan akan bisa ditingkatkan dengan memperberat reduksi akhir. Reduksi akhir bisa diperberat dengan menggunakan ban 150/70, gir depan 15 dan gir belakang 40. Maka pada gigi-6 di putaran mesin 12000 rpm, kecepatannya akan mencapai 194.5 kpj.

r25 to r3 topspeed

Kalau mau akselerasi yang dahsyat, maka gir belakang bisa tetap menggunakan yang standar (43) maka kecepatannya pada gigi-6, 12000 rpm akan 181 kpj. Dengan akselerasi yang sangat kuat, sangat dimungkinkan putaran mesin bisa ditingkatkan sampai 14500 rpm, dan pada saat itu topspeednya mencapai 218 kpj, bener2 maut. Cuma cocok untuk di sirkuit saja.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

 

54 Komentar

  1. kalo r25 di bore up ya mesine JEBOL, tau sndirikan kualitas part/material buatan yimm serba diDOWNGRADE, kalo r3 kan bukan buatan yimm tp buatan taiwan (lht artikel tmcblog 3 hari yg lalu)

      • Alhdulillah yamaha Suzuki honda ane jarak tempuh jauh semua jarang dibawa dibawah 80 g ada yg brmasalah mesinnya. Apalagi si matic yg paling ane siksa 3bln 15rb km 70% gaspoll.

        Klo cbsf keluaran awal ane liat sendiri jeleknya. Klo skrg kyknya dah bagus. Soalnya mekanik yg ngasi liat jeleknya cbsf keluaran awal akhirnya minang motor itu. So klo bc pikir dulu deh. Mending bikin blog kyk ipan, bukti (walo cm gambar) ada semua g asal cuap. Lu mo liat rangka cbsf ma vixion karatan ada semua disitu.
        Klo apa yg lu bilang bener adanya akan membantu kita semua mendapatkan produk yg lebih bagus, jgn bc doank.

        • kta sapa yg kesini bagus?

          tuh cbsf tmen gue penyakitny ga sembuh2 agk susah oper gigi / netral n nular ke cbr lokal –”

          ntah transmisi mcem apa yg dkasih, dr bebek smpe sportny gigi ny berat d oper kdang ngadat

          ga smooth ky yamaha

          • saya akui cbsf ane sering banget pindah netral+rpmnya ngedrop terus di atas 7000RPM
            tp waktu service pertama ane complain ke AHM dan setelah di service sampai sekarang motor ane gk pernah ngalami masalah rpm ngedrop atau pun sulit masukin netral sama sekali. 🙂

            jujur saja saya salut sama AHM pelayanannya sangat baik,saya harap AHM tetap mempertahankan itu&semoga semua pemakai motor honda merasakan pengalaman yg sama dengan saya rasakan.

  2. artikel hiburan buat fby…
    jangan diganggu ya bro fbh..

    😀

    semoga gak dikpretin cbr lg di sentul kaya kemaren walaupun katanya cuma lagi nyari top speed…
    tapi masalahnya cbrnya juga cuma lagi latihan dan baru pake ubahan sederhana…

    😀

  3. artikel hiburan buat fby…
    jangan diganggu ya bro fbh..

    😀

    semoga gak dikpretin cbr lg di sentul kaya kemaren walaupun katanya cuma lagi nyari top speed…
    tapi masalahnya cbrnya juga cuma lagi latihan dan baru pake ubahan sederhana…

    😀

    ups!!!

  4. semoga gak cuma php nih bro gokil..
    soalnya ubahan extreme jelas perlu diimbangin part/material yg lebih kuat…

    😀

    kasian ownernya klo cuma bisa buat pake 2-3x doang…

  5. R25 di bore up jadi 320 cc ……mantab…..power nambah signifikan ….. tentu hanya bs dipakai di jalan raya ……. atau di sentul non kejurnas 250 cc . Ninja 250 aja di bore up cuma bisa 265 cc msh aman . Kalau lbh dari itu bs riskan dipakai harian dan turing …..

  6. wow tgl ubahan sistem pengereman deh, kalau engga bablas ditikungan ga bisa ngerem. efek enaknya yang stroke pendek. sensasi putaran diatas 11.000 rpm itu maknyus….

  7. kira2 bengkel mana yg bagus & rapi kerjain bore up R25 & mempertimbangkan durabilitas jg jgn bolak balik bengkel atau lebih parah mesin ampe jebol ..

  8. apakah dengan membubut Blok mesin dari 60mm menjadi 68mm, dinding silinder masih aman dipergunakan harian ?
    Trims

1 Trackback / Pingback

  1. Secara Tidak Sengaja Coretan Kertas Buram Motogokil Mirip dengan Korekan Tuner, Saat BoreUp R25 Menjadi 321CC | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan