Informasi Tambahan dari Hasil Test Ride All New CBR150R

topspeed cbr150 148kpj

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Dari video yang di-share oleh bro Noenoe mengenai topspeed all new cbr150r (link) ada informasi lain selain topspeed yang bisa dijadikan tolak ukur performanya. Jika diperhatikan dan dicatat, beberapa informasi yang tampak dari video tersebut memberikan beberapa informasi yang berguna lainnya, informasi tersebut adalah :

  1. Kemampuan mencapai rpm tertinggi setiap giginya
  2. Simpangan pengukuran kecepatan jika dibandingkan dengan perhitungan rasio transmisi

Berikut detil dari informasi2 tambahan tersebut…

Kemampuan Mencapai RPM Tertinggi

Yang paling besar mempengaruhi kemampuan ini adalah rasio transmisi, power, bobot total dan sifat aerodinamika motor. Dari video tersebut diketahui capaian rpm tertingginya yaitu :

  • Gigi-1 , 9100 rpm
  • Gigi-2 , 11500 rpm
  • Gigi-3 , 11500 rpm
  • Gigi-4 , 11500 rpm
  • Gigi-5 , 11100 rpm
  • Gigi-6 , 10750 rpm

Dari data ini kecepatan hasil perhitungan rasio transmisinya adalah ; 34.8 kpj, 69.9 kpj, 90.4 kpj, 110 kpj, 124,5 kpj dan 137.36 kpj.

Meskipun perhitungan ini juga nggak 100% benar, akan tetapi jauh lebih akurat jika dibandingkan gps, dengan catatan rpm yang ditampilkan juga cukup akurat.

 

Simpangan Tampilan Speedometer

Jika tampilan kecepatan di speedometer dibandingkan dengan perhitungan kecepatan berdasarkan rasio transmisi dan tampilan rpm-nya maka, kita dapat mengetahui besarnya simpangan dari speedometernya. Sekali lagi hal ini dengan mengasumsikan rpm yang ditunjukkan speedometer akurat, dan tidak terjadi slip kopling.

Inilah perbandingan kecepatan hasil perhitungan rasio transmisi-rpm dan yang ditampilkan speedometer

akurasi speedometer cbr150

Terlihat bahwa simpangan terkecil dari tampilan speedometer adalah saat gigi-6 pada 10600 rpm. Semakin kecil dan semakin besar rpm-nya penyimpangan tampilan kecepatannya semakin besar. Pada gigi-1 dan gigi-2 pada rpm 7000-9500, simpangannya malah negatif, artinya speedometer menampilkan kecepatan yang lebih rendah dari yang seharusnya. Memang seperti itulah keumuman karakter dari alat ukur yang digunakan untuk keperluan praktis. Dari semua penyimpangan yang ada, rata2nya adalah 6.1% dibandingkan dengan perhitungan.

Akurasi speedoemeter cbr150 ini memang lebih kecil jika dibandingkan klaim beberapa blogger (jika dibandingkan dengan gps). Akan tetapi akurasi speedometer cbr150 masih kalah presisi jika dibandingkan dengan speedometer R15, seperti yang pernah ane tulis di beberapa artikel sebelumnya di sini dan di sini.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

 

 

 

 

22 Komentar

  1. Tolong dikoreksi: “akan tetapi jauh lebih akurat jika dibandingkan gps”. Mank spedo-nya ud di-kalibrasi?
    Metode penelitian yang benar menggunakan lebih dari 1 instrumen pengukuran. Baru data yg didapat akurat.
    Kalo spedometer model allay kyk gt cukup buat ngibuli anak kecil aj..

  2. ya kesimulanya pak dosen tabloon otomotip yg ngibul sdah di skenarioi sama yakmpret dari tes tabloon otomotip cbr 150 top sped cma mengahsilkan 120 kpj dari pengukuran jps dan tabloiid emplus mendaekati kebenaran dari tesnya

  3. melihat hasil hitungan ini sm punya r15, top speed per giginya koq masih lbh tinggi r15 ya om ?? masak cbr gear 6 @11500 rpm nggk nyentuh 150 kpj om ?? sedangkan r15 @10500 udh nyentuh 151 kpj.. itu gimana om ?? padahal cbr DOHC sedgkan r15 masih SOHC dan juga powernyapun juga msh tinggi cbr..

    • gimana om gokil ?? ni bener ya cbr lokal top speednya nggk nyampe 150 an kpj on speedo ?? koq kalah sm r15 sih.. padahal udh DOHC loh, overbore lg, koq top speednya bisa2nya kalah sm SOHC, overstroke pulak..

      • kalau mau adu topspeed di sirkuit aja biar ketahuan mana yang paling kenceng
        kalau kalah dan menang, banyak faktor yang mempengaruhinya, lihat beberapa artikel sebelumnya

        • yg ane maksud disini adu top speed diatas kertas om.. bkn adu disirkuit, kalau mau blapan jelaslah disirkuit..
          karna ane sendiri sekarang juga lg bingung om, menentukan pilihan antara r15 dan cbr lokal, terutama bagian power dan top speednya om..

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan