Naik Motor Sport yang Racy, Umur Tambah Muda 10 Tahun, Kok Bisa ???

ride motor sport

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Sering denger suatu ungkapan : “Naik ninja, kegantengan naik 100%”.

Tapi yang ane rasakan adalah umur yang tambah muda 10 tahun bahkan lebih muda lagi. Ini bukan masalah style atau gaya2an, akan tetapi lebih pada kekuatan pompa adrenalin. Begitu gas dipelintir agak dalem, torsi melimpah di rpm atas, lupa sama umur. Konsentrasi meningkat tajam, semua menuver terukur akurat, layaknya anak muda yang biasa riding dengan kecepatan tinggi. Jadi ini rupanya yang membuat pria2 berumur masih doyan kebut2an di sirkuit, bahkan di jalan raya (teringat kisah 2 penunggang  kawasaki 600 cc yang sudah “berumur” yang tewas karena kebut2an saat pagi hari, di Jakarta).

Menyadari umur yang nggak muda lagi, kecepatan cbr150 yang lagi diajak jalan2 diturunkan. Alhamdulillah tadi masih diselamatkan oleh Allah SWT.

Katanya “racing style” bikin pegel ? Ternyata nggak juga, jika naik motornya kenceng, kalau pelan baru terasa pegel.

Bagaimana bisa ? Ini jawabannya :

  1. Kalau kecepatan rendah, maka bobot badan bagian atas akan membebani pergelangan tangan. Besarnya beban yang ditanggung pergelangan tangan sebanding dengan kemiringan badan. Semakin miring/nunduk tangan semakin pegel.
  2. Nah saat kecepatan tinggi, bobot akan bergeser kebelakang karena gaya gravitasi (G force), sehingga beban di pergelangan tangan berkurang. Semakin kenceng tangan semakin enteng, mungkin ini yang dirasakan rider senior, bahwa kalau “kenceng” nggak berasa tua, karena enteng saja bermanuver, dan nggak bikin tangan pegel .

Nggak percaya ? …

Nggak apa2 mungkin perasaan ini terlalu subyektif.

Jangan mencoba kalau bukan “speed lover”, karena dihawatirkan respon lebih lambat dari yang seharusnya, sehingga beresiko tinggi kecelakaan.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

 

21 Komentar

  1. Bener Mas Dosen, ane aja msh sering kepancing kalo ada yg nyalip…pokoknya gk mau kalah ama yg ABG…walaupun kadang ngeri2 sedap sendiri, he…he…yg penting ttp konsentrasi.

  2. klu blm terbiasa dg kcepatan tg jgn buru2 asal betot full throttle, knali dulu karakter tunggangan, jk asal betot nanti panik krn takut tdk trbiasa kncang shg tegang, insting n reflek trlambat bisa2 gdubrak…klu blm trbiasa kncang plg 150km/h dah loyo tuh lutut..safety ride..

    • mengenali lingkungannya juga om,.
      bahkan pembalap perlu warming up session
      beberapa lap. padahal itu jelas di sirkuit, dimana kemungkinan slonong boy hampir gak ada,
      lha ini jalan yg dibuat ari pajak yg dibayar bersama, semua ngerasa paling memiliki
      haha
      peace om HRS

  3. Semua tentang adrenalin om, kecepatan makin tinggi, tingkat stress lbh tinggi dan jika mencapai tujuan atau sekedar merasakan hinggu cukup maka akan melepas salah satu hormon yaitu dopamin jd bisa merasakan kenikmatan tersendiri. Makanya pecinta kecepatan (hal ekstrem) itu bisa juga disebut adrenaline junkies..

  4. Yamaha gak ada dana oommm………… punya untung dikit dah abis buat bayarin tukang bece . lagian r15 gak level lah sama CBR. r15 pantesnya dibandingin dengan minervah yang sama2 SOCH overstroke

    • ngomong opo toh mas

      situ kyak buta internet aja

      hellooo hari gini bhas sohc dohc?

      noh yaris dohc overbore dikemplangin mulu sma honda jazz sohc overstroke

      • lah lu kemane aje? hondud jazz generasi ketiga udah pake DOHC, tapi gak usah khawatir, toyodud alias juragannye yamadud, udeh nyiapin all new yaris pake teknologi TOHC, bila perlu QuadOverHeadCamshaft, bahkan kalo dirasa masih kurang juga, OctaOverHead Camshaft juga udah ready kok! lu jual gua beli!

        • ini yg gue bhas yg sohc yg sama mesinnya kya honda freed

          itu aje ngalahin yaris mulu yg dohc

          hadohhhhhh ribet amat lu

          • lah kalo sohc aja udah cukup ngapain diganti pake dohc? dongo bener insinyur hondud? point nya apa? lah yang ribet duluan bawa2 kasus mobil ke ranah roda dua siape? si otong pura2 amnesia? bikin example tuh yang latest update lah, jangan lagu lama lu puter2 lagi! bosen dengernya!

            sohc nye aje ngeri apalagi dohc nya? bener gak tong?

  5. Setuju, kalau naik motor sport jalan pelan, konsentrasi kurang, pegel ditangan seperti apa yg dikatakan, kalo udah jalan cepat, pegel ditangan udah berkurang, tapi ingat safety first.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan