Yang Luput Dari Perhatian : Kekuatan Material Motor TVS

tvs-motor

Asssalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Hinggar bingar berita motor baru beserta propagandanya terkadang membuat kita lengah terhadap motor bagus yang kurang “cetar” beritanya. Seperti halnya saat ini berita tentang perseteruan cbr150 vs r15, motor besar bertenagan sangat besar Kawasaki H2r, pameran otomotif di uar negeri dengan segudang teknologi baru, telah menutupi berita yang ada di dekat kita. Salah satunya adalah “Uji kekuatan material motor TVS”. Mungkin karena produk india (bukan produk jepang) sehingga hanya dipandang sebelah mata. Padahal jika kita mau sedikit perhatian, tahulah kita bahwa motor2 tvs ini memiliki kualitas material yang jempolan, nggak kalah dengan produk jepang, bahkan terkadang sering mengunggulinya.

Seperti yang baru2 ini muncul di youtube mengenai uji kekuatan material headlamp tvs dazz (artikelnya juga sudah ditulis oleh Kang Taufik tmcblog). Dengan mengunakan kekauat penuh dah pemukul dari besi, setelah digodam dengan palu besi, barulah headlamp tvs dazz pecah. Videonya ada disini

Juga yang ini untuk tvs apache

Jika untuk yang sepele saja mika headlamp begitu memperhatikan kekuatannya, apalagi dengan frame dan enginenya. Mengenau uji frame pernah diceritakan oleh Kang IWB

salt spray test salt spray test2

Kalau masalah kekuatan mesin, nggak diragukan lagi. Sudah di tes turing Jakarta – Bali – Jakarta tanpa kendala. Juga menganai berhasilnya tormax150 mengungguli satria fu dibeberapa kejuaraan di Kalimantan Barat. Juga performa apache yang berhasil mengungguli vixion.

Seharusnya dengan keunggulan ini motor tvs mampu bersaing dalam penjualan dengan motor jepang di Indonesia. Tapi apalah dikata, jangankan tvs yang merupakan didikan suzuki, suzuki nya aja udah kalang kabut menghadapi kekuatan finansisal dan strategi dari yamaha dan honda. Apalagi tvs adalah pendatang baru, bukan dari jepang lagi, tentunya hal ini akan memberikan “trade mark” khusus yaitu :

  1. Deler masih sedikit servis, spare part dan cari barangnya (sell) susah
  2. Merek baru nggak terkenal, harga seken jeblok
  3. Bukan buatan jepang, dianggap kurang kuat
  4. Model-nya kurang “gimana” gitu, nggak kaya kebanyakan motor jepang.

Jadi motor tvs lemah bukan di motor-nya, tetapi di “sesuatu” yang menyertainya. Tentunya hal ini nggak berlaku buat yang mampu menaginanya sendiri, seperti bisa servis sendiri, bisa ngakali sendiri, tvs akan menjadi incaran favorit.

Oleh karena itu bagi yang ingin motor yang kuat, bertenaga, tvs pilihanya. Supaya nggak terlalu rugi harga sekennya, mending beli yang seken aja.

Semoga bermanfaat, wassalamu”alaikum wR wB.

 

18 Komentar

  1. Kkurangan mtor tvs apache cuma vibrasi-nya yg heboh..mirip2 scorpio..jauh bgt klo dbandingin sm mtor senegaranya pulsar..pasang engine balancer/mounting & update desainnya, akan dgn mudah mnjdi jawara di kelasnya.

  2. body kuat performa kurang, itu kenyataan nya kebetulan saya pernah ada di tvs motor, dan dari pengalaman kl menggembar gemborkan body kuat, ada nh konsumen jawab, kita beli motor bkn utk dipukul pukul, diinjak injak, dan kl emg trjdi accident ya entah jepang/india tetap aja sdh tdk enak dipake, jadi performa mesin tetep numero uno bt kita org indonesia, produk tvs juga banyak keluhan, sampe bingung menghadapi keluhannya, dan yg lbh parah lagi purna jual, parah abis, konsumen tvs mau tukar tambah dgn tvs baru, deler hanya berani menghargai motor yg baru 1-2thn 4,5jt..paraaah..selain itu harga yg semakin naik, sampe ada yg berkata, harga mau bersaing dgn jepang nh..ga tau diri banget…so..mau gimana lagi, dr main deler yg msh sedikit, bahkan ada yg tutup, dan pelayanan servis yg masih kurang, itu bisa menjadi pertimbangan buat para bikers memilih ni motor, krn dgn harga yg selisih 1-2jta dgn jepang konsumen bisa berpikir apa yg sebaiknya dipilih..semua itu terserah bikers..masukan saja semoga bermanfaat

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan