Merancang Kenalpot Racing yang Sesuai Tanpa Bongkar Mesin

Dimensions_1

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Dalam merancang sebuah knalpot sesuai dengan persamaan yang sering kita bahas di blog ini, membutuhkan sebuah data bukaan klep buang (EVO/Exhaust Valve Open). Jika data tersebut tersedia di manual servis, mudah saja mendapatkannya. Tapi jika tidak ada, maka mau tidak mau harus bongkar head silinder/minimal tutupnya, kemudian diukur camshaft-nya.

Bagaimana kalau masih sayang sama mesinnya, sayang kalau baut2 yang kinclong sampai lecet ?? Bisa kok bro yanitu dengan mengetahui spek power-max nya ada di rpm berapa dan ukuran leher/header knalpotnya. Berikut langkah2nya :…

Kita ambil contoh motor P200NS, yang mana power max nya = 23.5 ps / 9500 rpm. Berarti 9500 rpm kita jadikan acuan dalam perancangan knalpot standarnya. Kemudian kita ukur panjang leher knalpot, mulai dari ujung yang menempel di head/mesin, sampai ke pembesaran diameter pertama dan ketemu = 43 cm ( hasil pengukuran seorang pengunjung, mohon dikoreksi kalau salah)

Dengan menggunakan persamaan

rumus panjang knalpot

rumus diameter pipa knalpot

Maka sebagai langkah awal kita bisa mencari EVO, yaitu dengan membalik persamaan di atas

p200ns EVO

EVO = [(panjang heade/2.54-3) x rpm / 850 ] – 180

= [(43/2.54 – 3 ) x 9500 / 850 ] -180

= 42.74 derajad sebelum TMB

Atau dibulatkan menjadi 43 derajad.

Kemudian dengan data ini, kita bisa merancang knalpot untuk karakter yang berbeda, misalnya ingin lebih manatb di 11000 rpm. Maka panjang dan diameter headernya bisa di cari yaitu

p200ns 11000rpm

Jadi ketemu panjang header knalpot p200ns, jika power-max nya di 11000 rpm adalah 36 cm dengan diameter 3.6 cm. Dan potenti power yang bisa dibangkitkan pada engine p200ns pada 11000 rpm adalah 26.8 ps.

Teknik seperti ini bisa diterapkan untuk semua jenis motor 4 tak. Asalalkan speknya bener dan hasil mengukur panjang header knalpot-nya presisi, maka sudut EVO dan panjang knalpot hasil rancangan akan sesuai dengan karakter engine.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

 

21 Komentar

  1. kita sudah rancang knalpot sampai 11000 rb RPM, tapi mesinnya ngak bisa teriak sampai 11 rb , karena limiter lah, apa konsekwensinya..? apa tarikan motor jadi lemot..?

    Piss

    • sebenernya ubahan diknalpot bukan ubahan utama, tapi ubahan penunjang
      sedang ubahan utamanya ada di ruang bakar beserta komponen penunjangnya.Jika ingin menempatkan power maks di 11000 rpm, maka ubahan utamanya ada di:
      1. Noken as
      2. Porting
      3. Throttle body / karburator
      4. ECU / CDI
      ubahan tambahannya ada di
      5. Runner intake
      6. Header knalpot
      kalau mau optimum ubahan lainnya adalah per klep +klep, per kopling+kampas kopling
      mudah2 bisa sedikit manjelaskan

  2. mau tanya om,
    motor saya kan nvl, tp udah di porting sama “poles” noken as, knalpot msh standar
    trus yg dirasakan setelah ubahan tersebut, rpm atas tenaga lebih ngisi tp di rpm awal-3500rpm tenaga kopong tp rpm cepet naik,
    trus cara buat nyari data EVO nya gmna ? soalnya spek noken as nggak dikasih tau sama mekaniknya trus soal tenaga juga blm tau karena blm sempat tes dyno.
    makasih

      • sebelumnya makasih udah dijawab komennya
        ngga terlalu enteng om, buat boncengan kalo start di bawah 3000an rpm emang itu rpm susah naik,harus selip kopling. ini aja final gear udah ganti 15:46
        tapi kalo dipake sendiri beda om, rpm dibawah 3500 cepet naik, jadi kesimpulan saya, “mungkin” di range rpm segitu emang kekurangan torsi (CMIIW)

        maksud saya data EVO setelah dimodif noken as nya om, kalo standarnya saya udah punya service manual-nya. soalnya mesinnya udah port n polish trus noken as nya dimodif. jadi data yg setelah modif saya blm punya.

    • itu pasti mekanik berpengalaman bro dia tau ilmu papas kemnya.
      menurut saya bukannya kopong apalagi ngempos tp enteng coz rpmnya cepet naik.
      paling enak kalo bahan bakarnya diseting agak kering,
      tau deh kalo sistem close loop injeksi dan ecu NVL otomatis bisa mengatur semprotan bbmnya atau tidak.

      • entengnya gara2 “hampa” tenaga/torsi bro, soalnya kalo dipake sendirian di 3000rpm naiknya kayak kepeleset gitu, tp kalo dipake boncengan berat banget, ga cukup cuma ditambah bukaan gasnya tapi juga harus selip kopling sampai diatas 3000an rpm

  3. disinilah letak kerenx blog om gokil…serasa di bangku kuliah…beda ama blog2 yg lain…jangan heran jika mbah darmo jadi suka mampir dimari…buat ngerasain jadi anak kuliahan…kan dia cuma lulusan S1 (SD)…

  4. mantep analisanya bro gokil. sayang ngak ada data overlapnya. padahal udah ada yang opek dapet 28 hp/9900an rpm dan torsi 21,38 nm/7910rpm.
    modifnya :
    Porting n polish
    modif cam, lift dinaikkan sedikit
    knalpot custom full system

    naik kompresi 11,7 : 1

    udah mantep kan, cuma masalahnya mentok di 10750 rpm dari read linenya 12600rpm, trus ditest pas gear netral mentok 10700an rpm juga. dulu saya udah tanya ke orangnya lansung katanya masalahnya limiter TCInya. entahlah…..

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan