Potensi Besar R15 SE yang Tersembunyi….Dahsyat Bro

Yamaha-R15-SE

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Setelah ane amati YZF R15 terutama yang versi SE, yang oleh YIMM sudah disematkan ECU Daytona dan Knalpot racing Sakura, ane menyimpulkan ada yang sangat berbeda baik antara R15 SE dgn R15 reguler apalagi dengan NVL. Kesimpulan ane berdasarkan fakta penampakannya yaitu :

1. Limiter putaran mesin yang lebih tinggi

09 R15 yimm

Biasanya yamaha menempatkan limiter 500 rpm lebih tinggi dibandingkan redline, sehingga bisa jadi limiternya terletak di 11000 rpm. Padahal pada 11000 rpm piston speed r15 sudah melebihi ambang batas aman motor harian yaitu 21 m/s.

piston speed vixion

Dengan demikian kemungkinan besar lapisan silinder dan ring piston R15 jauh lebih baik dibandingkan dengan NVL. Karena jika tidak (jika silindernya sama) maka R15 memiliki kemungkinan rusak lebih besar daripada nvl, karena limiternya lebih tinggi.

2. ECU Programmable DAYTONA

Sudah sama2 diketahui bahwa ECU daytona dapat mendukung putaran mesin sampai 12000 rpm. Dengan demikian kemungkinan besar, YIMM sangat percaya dengan part2 yang ada dalam engine r15 mampu bekerja pada putaran yang lebih tinggi lagi daripada limiternya (11000 rpm). Dan ECU daytona merupakan sinyal bahwa putaran mesin bisa dimaksimalkan sampai 12000 rpm, cocok dengan batas mentok redline R15.

3. Racing Muffler SAKURA

Knalpot racing jelas sangat diperlukan ketika kita ingin menggeser posisi power puncak lebih tinggi dari standarnya. Seperti yang pernah ane tulis dalam artikel sebelumnya, bahwa knalpot sakura akan mampu mengerk power puncak yang tadinya terletak di 8500 rpm menjadi 9250 rpm. Dan hal ini tentunya dengan dukungan ECU yang diprogram/diseting untuk rpm tersebut.

Apakah sampai disini saja kelebihan dari R15 ??

Tentu tidak, kalo cuma segini belum dahsyat namanya.

Baiklah sesuai dengan batas redline dan kemampuan maksimum ecu daytona, mari kita lihat berapa power R15 jika kita menggeret power puncaknya pada 11500 rpm. Tentunya jika mau maksimal, harus diimbangin dengan peningkatan EV baik dengan mengganti camshaft racing maupun upgrade saluran intake-nya. Begitupula dengan aliran gas buang juga harus di-upgrade untuk mendukung putaran tersebut.

potential power R15 SE

Dan untuk oprekan seperti ini sudah pernah ane bahas di artikel sebelumnya. Tapi dengan catatan ya oprekan ini khusus buat R15 bukan buat NVL, karena memang seperti yang ane nyatakan di awal bahwa kemungkinan besar silinder R15 dan NVL nggak sama, bagusan R15.

Bagaimana pengaruh peningkatan power R15 SE terhadap topspeed dan akselerasinya ? Nanti kita bahas di lain artikel.

Semoga bermanfaat, wasalamu’alaikum wR wB.

 

71 Komentar

  1. kalo limiter standar kayaknya tetep 10500… soalnya yang india aja di 10500 walau red line di 10500… ditambah katanya ECUnya sama dengan NVL…

    harusnya bisa di NVL juga dong… kan kode mesinnya sama pake 1PA…

  2. power sgitu brp kira2 real top speednya bro? ap bs ngalahin cb150 standar yg ktanya bs 151 km/jam? kmdian kira2 loss powernya brp persen? ap bs seefektif hasil dyno cb150 yg pnya 100% efisiensi? dmn power on crank klaim pabrikan hsilnya sm dgn power on wheel hsl dyno? sm2 17ps. ayolah, jgn blng kl fby aj yg sk nyiram bnsin… ayo siram lg ben kobongan…. ahihihihi….

  3. mati2an dioprek ttp di piston speed, tetep kalah jauh sama cbr150/cbsf.
    percuma make ecu daytona n knalpot sakura kalo mesin jebol!!
    tetep ob dohc yg pasti lebih dan selalu unggul.
    motor lawas masuk baru teknologi gak peka jaman.

  4. Intinya selama mesin identik dengan vixion, R15 hanya jualan body saja.
    Kalau AHM downgradenya berkelas rangka deltabox mahal diganti rangka truss frame trellis.

    • Langkahnya bisa bertahap tergantung danannya
      1. ganti filter racing + setting CO
      2. pasang knalpot racing + setting CO
      3. ganti noken as racing + setting CO
      4. tambah 9power, coil racing, busi racing kalau masih ada duit

  5. Pakbro.. newbie mau nanya nih.. apakah itu berarti kalau kita genti ECU Daytona dan pasang snalpot Sakura, power otomatis bisa tembus 27 hp?
    #mohon pencerahannya..

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan