Sok Depan Patah Karena Kecelakaan, Bukan Hanya Masalah Material

sok depan patah

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Beberapa kecelakaan yang melibatkan sepeda motor sering mengakibatkan sok depan patah atau bengkok.  Terkadang sering diperbandingkan antara merek yang saling bersaing, “merek A” jika tabrakan adu banteng soknya langsung patah, sedangkan “merek B” cuma bengkok. Dan yang menjadi kambing-hitam nya adalah material sok yang kurang bagus, sehingga kerusakan yang ditimbulkan lebih besar alias patah.

Akan tetapi apa iya, patahnya sok depan saat tabrakan hanya karena masalah material yang kurang bagus ? Ane rasa tidak, bahkan motor sport besar dengan kualitas global (premium) pun bisa patah sok depannya padahal nggak tabrakan.

moge sok depan patah

Jadi faktor apa saja yang membuat sok depan patah, selain material yang jelek ? Mari kita obrolin bersama…Beberap faktor penyebab sok depan patah adalah :

1. Material yang buruk, seperti kasus penggunaan sok imitasi

0 sok imitasi

2. Tabrakan dari samping

OV sok depan patah tabrak samping

3. Momen tumbukan yang sangat besar, momen tumbukan adalah kecepatan relatif (kecepatan motor + kecepatan yang ditabrak motor) dikali dengan masa

R6 sok depan patah

4. Sudut rake dari sok depan

motorcycle-rake-trail-offset-e1295912863770

Semakin besar sudut rake dan semakin jauh jarak ban depan ke mesin, maka semakin ekstrim dislokasi ban depan jika terjadi tabrakan frontal. Sehingga sudut bengkokan batang sok juga semakin besar, karena batang sok mengandung unsur baja, maka pada sudut kebengkokan tertentu, sok depan akan patah.

Contoh simpelnya adalah, coba ambil jarum jahit tangan, bengkokkan dengan tang, pada sudut tertentu jarum bisa bengkok. Tapi jika sudut bengkokan kita tambah, maka jarum akan patah. Seperti halnya kasus berikut

Sudut kebengkokan ekstrim sampai patah

old vixion sok depan patah

Sudut bengkok masih dalam toleransi, bisa jadi karena kombinasi sudut rake kecil dan ban depan tertahan frame dan mesin

1 sok bengkok sedikit

Jangankan motor sejuta umat, motor global dengan kualitas premium pun akan patah sok depannya jika unsur2 tersebut bersatu. Tabrakan kecepan tinggi, bobot berat, sudut bengkoknya sok depan ekstrim, maka wajay sok depan-nya patah.

HD sok depan patah

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

 

 

 

21 Komentar

  1. tuh dah lega para FB dibelanin yg punya warung..meski merk “A” punya prosentase jauh lbh tg patahnya.. n dah terbukti byk para senter body slalu mnolak merk “A” krn tkut prosentase patah sgt tg jk dilurusin dr bengkok lain dg merk “B” resiko patah sgt kcil.

  2. masuk di akal kang opini sampean..

    sebagai seorg rider kudu faham tentang safety walaupun sebagian ada yg speedfreak tp kudu hafal jalan or jalan sepi untk membetot gas..
    coz kalo tiba2 kita di kagetkan dg pengendara lain maka akan spontan seakan hilang kendali..

    salam karet bundar.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Sekali Lagi, Sok Depan ER6 Patah. Padahal Nggak Nabrak dan Hanya Ngerem Depan | motorgoodness
  2. Owner Vixion Harus Tahu Ini, Semoga Bisa Menjadi Peringatan | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan