[DIY] Atasi Sendiri Jika NVL Mogok Karena Aki Soak

aki nvl soak

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan, sampai ke tujuan.

Beberapa hari yang lalu ane sempet panik gara nvl andalan ane beraktivitas pagi tiba2 nggak mau nyala. Sebelumnya saat manasin mesin sempet nyala dengan menggunakan kick starter, setelah dirasa cukup mesin dimatikan. Nah ketika mau ngidupin lagi dengan elektrik starter, e.e.e. …nggak mau hidup. Wuaaa…mana waktunya dah mepet banget lagi. Yaa.. sudahlan naik pulsar P180ug4 aja. Pencet grengg cepet2 kabur bawa p180.

Besoknya diperiksa sambil tanya sana-sini, googling dll, ternyata akinya dah soak. Kekhawatiran ane jadi kenyataan, apa yg sering terjadi di kalangan rider nvl, kini menimpa ane. Padahal nvl umurnya baru 10 bulan dan cuma 3 hari aja nggak dipake, masa akinya langsung drop?

Ok nggak usah berkeluh kesah, di sebelah ada CS1 yg baru aja ganti aki juga, tapi itu karena memang sudah waktunya karena beli 2009 kemudian ganti aki tahun 2013. Cabut aki CS1 tuker dengan aki NVL, eh ternyata kapasitasnya gedean aki CS1? aneh juga? kan NVL banyak device elektroniknya, kok kapasitas akinya lebih kecil?

aki nvl n cs1

Akhirnya dengan elektrik starter pun NVL langsung hidup, padahal CS1 nya jarang dipake lho.

Oke itulah langkah pertama jika nvl mogok di rumah gara2 aki soak, yaitu pake aki motor lainnya. Langkah2 yang lain misalnya :

  1. Bawa aki ke tukang cas aki, kelo perlu “ngontel”, sekalian olahraga
  2. Kalau punya charger aki, bisa ngecas sendiri
  3. Beli baru, yang lama buat cadangan, tapi di-cas-kan terlebih dahulu

Kenapa aki CS1 bisa awet ? Ane pasang capasitor bank abal2 (bikinan sendiri) 5000 mikroF 2 biji. Sebenernya ane juga udah nyiapin buat nvl, tapi belum sempat. malah keduluan soak, ya disyukuri aja, untung nggak mogok di jalan pas ujan2.

Ada pelajaran yang bisa diambil yaitu :

  1. Jangan pernah penggunakan elektrik starter, setelah NVL lama tidak dipakai
  2. Jika terdapat tanda2 berikut; terdengar suara fuel pump “ogah2an”, lampu netral agak redup, munculnya tulisan “Hi bro” lebih lambat dari biasanya dan ada kedipan lampu MIL 2x, maka yakinilah aki sudah soak
  3. Jika mampu menghidupkan dgn kikc starter, mesin jangan dimatikan sebelum aki lumayan terisi.

Nah kalo mau akinya awet seperti aki CS1 ane, bisa tambahkan kapasitor bank, dah banyak di internet referensinya, bisa browsing. Tapi kalo males ya bisa nyontoh tip dan trik ini.

  1. Hitung/lihat brosur, berapa kapasitas keluaran generator spul yang ngisi ke aki, misalnya 0.120 kW = 120 watt
  2. Bagi dengan 12 V => 120 kW/12V=10 Amper.
  3. Secara praktek capasitas kapasitor untuk 1 amper adalah 2200 mikroF, maka kapasitas kapasitor yg dibutuhkan adalah 10 x 2200 mikroF = 22000 mikroF = 22mF.
  4. Hutung kapasitor yang dibutuhkan. Jika kapasitas capasitornya 10000 yang jumlahnya adalah 22000 mikroF /10000 mikroF = 2.2 biji dibuletin jadi 3 biji. Pilih yang mampu bekerja pada tegangan minimal 2 x tegangan pengisian (yg keluar dari kiprok). Jadi kalo keluaran kiprok 16.5 volt, maka tegangan kapasitor minimal 2 x 16.5 = 33 volt, kemudian cari dipasaran dengan nilai di atasnya misalnya 50 volt.
  5. Kemudian susun capasitor elco secara paralel,

rangkaian kapasitor bank

[Sumber Gajah Gendut]

Kalo nggak mau repot pasang aja bawaannya cb150r

cap bank cb150r

Atau beli sekalian yang peten, seperti ini

kapasitor bank

Cuma kalo dimensinya kegedean, mau ditaruh dimana? Jika ada yang ingin memperdalam mengenai kapasitor bank, bisa mengnjungi blog ini 1, 2, 3.

Demikian sedikit pengalaman ane, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

$where = 0;

95 responses to “[DIY] Atasi Sendiri Jika NVL Mogok Karena Aki Soak

  1. Wah mantab nie infonya…thanks masse infonya…langsung dicoba

  2. kata YIMM awet sampai 2 tahunan… ini kok 10 bulan udah soak…?

    • ane dah ngobrol2 sama mekanik yamaha mendit kab. malang. katanya nggak ada yg bisa njamin umur aki, udah sering kejadian aki mati dalam beberpa bulan.
      dianya malah nyaranin pake aki yg level ah-nya lebih tinggi.

      • umur aki gak bisa ditebak, ada punya blogger koboys kalo gak salah, NMP cuma kuat 8 bulan. ada juga aki vixi punya bung edo kuat 4 taun. atau aki motor 2 tak milik bokap ane yg 5 taun lebih masih kuat aja, hehehe…
        entah kok bisa gitu kenapa

        • maklum bro motor 2 tak 150cc, seharusnya powernya segahar rgr150.
          tapi oleh vespa memang dikecilin powernya karena memang buat santai bukan buat balapan.
          tapi begitu di-oprek oleh tuner Indonesaia, baru keluar tenaga sebenernya

    • katanya NVL sdh dilengkapi teknologi pemutus arus biar pengisian aki optimal dan ga mengisi terus menerus saat aki sdh full sehingga aki lebih awet, ko tetep memble jg. jd khawatir jg nih kl bw NVL buta turing tkut hujan2 mogok. tp knp ya honda beat gw sekringnya 2 ada sub & main kok NVL cm satu doang?

  3. NVL ku gak pake kick stater mas udah 11 bulan belum ada tanda2 soak, perlu di pasang ni buat jaga jaga. Btw kalo bikin capasitor bank untuk NVL habis berapa ya?

  4. KAMEN RIDER GAIM

    wahh bisa samaan gtu bhas aki sama blog sblah hehe..

    thank’s bro info nya

  5. he.he.he guru yg terbaik adalah pengalaman..dg bgini akn tahu sebab akibat n solving problemnya..awas kedipannya tdk cuma satu jenis itu saja ada belasan jenis lirikan eh kedipan si MIL nya..tdk dpungkiri aplikasi bankcapasitor sgt mnguntungkan jk tdk ada bankcapasitornya spt motornya yg punya warung lbh baik dlepas aja kickstarternya percuma cuma buat pajangan/tampilan doang…smoga smua dpt ilmu yg brmanfaat tdk prlu BC pengakuan kekurangan itu lbh baik untuk kdepannya

  6. ada apa dgn nvl??..dlu old vixion ane empat thun bru soak….

  7. CBR150R punya ttangga tdk dtrpakai 1 minggu jg ngadat gk bisa dstart, mau di engkol pakai kick starter trtawa sndiri lho ini motor kan gk ada kickstarternya ??! wk.k.k singkat cerita dorooonnnggg!!! grengggg lgsung lega empunya. untungnya stelahnya pemakaian electric starternya dah normal lagi.

  8. Seperti thunderku yg gak pake kick starter ya hrs dorong.

  9. napa banyak kasus motor injeksi yamaha tekor aki?? Gak mungkin yimm tidak mengetahui hal ini kan???

  10. Om motogokil bahas On Board Diagnostic donk, itu yang buat diagnosa kerussakan motor injection katanya murah cuma 500ribuan.., bisa diliat diandroid lagi, kgk perlu nenteng laptop.. plissssssssss om bahas requestan ane

    • Iye sabar bro vario kinclonk, kebetulan minggu2 ini ane sibuk banget, jadi bikin artikelnya yg enteng2 dulu
      on board diagnostic termasuk artikel yg sangat berat.
      sabar ya bro

  11. s0erya | 15/12/2013 at 3:59 pm
    napa banyak kasus motor injeksi yamaha tekor aki?? Gak mungkin yimm tidak mengetahui hal ini kan???

    ————————————————————————————–

    jgn kan injection motor karbu kalo kgk dipanasin 3 hari jg ngambek brot,

  12. Nvl saya Non kickstater……..sdh 1thn masih aman tuh g ada gejala aki soak…???

  13. banyak yang soak, kadang malah putus karena getaran 😀
    pakai aki cs1 murah meriah,, kayak aki kharisma ( kalau ga salah 5 A ), atau pngen gede pake aki satria f 😀

  14. soal aki emang untung2an 😀

    jadi inget pengalaman temen kosan, soul gt akinya soak dikick starter sampe sengkleh kaga nyala mesinnya, jadinya minjem dulu aki motor ane buat starter n beli aki baru 😆 padahal baru 7 bulan

    alhamdulillah motor ane sama2 yamaha sama2 injeksi sehat wal afiat akinya udah setahun setengah, soalnya tiap pagi selalu pake kick starter buat manasin motor 😀

  15. maap mau nanya nih…saya punya elco 47.000uf/50 v…itu kalo di buat capasitor bank bisa ga ya….emang lumayan gede tapi praktis karena 1 biji…mohon pencerahannya

  16. Pasangin capasitor old vixi aja bro di jamin nyus walau aki soak….
    Ukurannya ane lupa… Atau bisa di tebus di bengkel resmi yamaha…

  17. GS= gampang soak
    NS= nambah soak

  18. disini reply-nya adem ayem gemah ripah loh jenawi tata tentrem kerrta raharja!! di blog sebelah yg membahas kapasitor bank CBSF, komen BC tiada henti..

    btw, saya baru tau kalo NVL ga ada kapasitor bank-nya..berarti kick starter pada NVL fungsinya apa mas iwan?

    • ada fungsinya
      kan dah diceritain sedikit, bahwa saat awal bisa nyala dengan kikcstarter
      nah begitu dimatiin dan di start pake electric starter, langsung muatan di aki ludes
      kan tau sendiri, electric starter menyedot daya yang sangat besar.

  19. Mas saya punya capasitor 250000.uf/15v siemen’s cuma diameternya gede jadi susah tempatnya klo buat sport klo matic sih bagus karena ada bagasi

  20. pernah baca di artikel motorplus, aki soak bisa diperpanjang usianya beberapa bulan dgn cara direbus..

    mas iwan ato pembaca sekalian ada yg pernah coba?

  21. Itu karena jarang dipanasin om. Kalo udah 3 hari gak dinyalain sebaiknya waktu pemanasan motor lebih lama agar kondisi kelistrikan dalam aki juga maksimal. Dan bagus lagi kalau langsung dipakai perjalanan menengah – jauh. Lebih juwos…
    Kalo sepengalamanku engkol di nvl murni fungsinya jika dalam keadaan darurat seperti nnetral indicator tidak menyala atau trouble di bagian gigi. Nah pasti stater gak bisa dipakai. Itu engkol bisa buat nyalain motor tapi dalam posisi kopling tarik kopling.

  22. alangkah baiknya jk NVL tiap start up awal mesin dlm arti mesin dmatikan lama trus mau start pakai kick starter akn mmperpanjang umur accu (misalkan pagi hari kan smalaman mati/istirahat). ingat daya yg dbutuhkan motor starter itu gde jd gunakan jk motor habis dpakai krn accu muatannya dah penuh, jk dkit2 elect starter djamin umur accu lbh pendek. ini jg berlaku untuk semua motor

  23. utk safety… lbh baik cap.yg bawaan motor (ori)
    Cari persamaan dg motor lain yg aki nya se-type.
    Cap electronic dg sambungan non water proof, bs konslet … terlebih msm hujan.
    Cap di paralel, kalo karateristik tdk sm (beda merk/ produksi)…. jg tdk bgs.
    cap.electronic di desain utk fix / bkn moving / kendaraan. imho..

  24. aki CB150R sebesar 5A
    aki NVL sebesar 3,5A

    CB150R sudah mengadopsi DC aka sistem kelistrikan semua bergantung kepada aki
    NVL masih mengadopsi AC/DC aka sistem kelistrikan sebagian bergantung kepada spull

    CB150R sudah mengaplikasikan kapasitor bank
    NVL malah meniadakan kapasitor bank

    CB150R sebagian sistem injektornya masih manual aka menggunakan obeng (bengkel pinggir jalan masih bisa menangani)
    NVL sistem injektornya sudah full elektronik, hanya mekanik beres yamaha sendiri yang bisa

  25. Cbsf kereen..

  26. munglulusanplaygroup

    Jadi teringat artikel ekojuwono
    Semakin yakin pasang
    20.000uf cari agak susah, kira2 ukurannya sebesar apa mas?

  27. hampir sama kasusnya sama nvl ane.nvl ane udah 8bln kalo pake elektrik stater susah alias ga bisa langsung nyala,tp kalo udah di tekan lebih dr 3x br bisa nyala.kayanya punya ane bukan problem di aki,soalnya dipencet klason idup.kira2 apanya ya,,,,

  28. request bro
    tips lampu domba garut aka cs1 biar lebih terang dari standartnya tanpa menggunakan halogen n Xenon donk mas bro
    2 cara di atas sudah pernah di aplikasikan hasilnya gak memuaskan
    thanks

  29. kok hampir sm kaya kasus scorpio ane? tp lifetimenya lumayan lama sih ane beli motor 2007 baru ganti aki 2010. kejadiannya sama.. pas motor lama gak dipakai, waktu itu ane tinggal cuti besar selama 15 hari pas balik trus mau elektrik start gak mau akhirnya diengkol smp bengkok baru mau. eh selang 1 minggu aki soak.
    ane bingung waktu itu knpa ya? dan skrng ane temuin jawabannnya jd ane kan sering bngt dinas luar pulau bnyak dianggurin pionya bahkan smpe 1 bln. nah ane beli yamalube carbon kliner sblm ane dinas luar. pas pulangnya ane start langsung ces pleng gak ada ngadat babar blas… apa iya ada kotoran di sistem bbm pio ane ya? trus logikanya stlah dikasih carbon kliner rontok itu kotoran khususnya di ruang bakar.. ane msh bngung analisa ilmiahnya gak mudeng.. tp kenyataan bgtu sih stlah pke carb kliner mau ditinggal berapa lama pun pio ane pas distart elektrik langsung jozzz.

  30. Mas klo nvl hari kemarin jalan sehari kemdian ga ada gejala apa apa langsung susah distart apalagi diengkol itu analisanya apa aki juga padahal belum 1 thn

  31. Aki cs1 memang awet.. aku beli 2008 langsung lepas kick starter, sampai sekarang masih tokcer elektrik starternya, sampai heran sendiri.

  32. penggemar speeds

    aki cs1 ama NVL merknya sama bro, berarti GS atra skrg down spek produk akinya donk….

  33. KAMEN RIDER GAIM

    bro bro, coba bhas vespa 2 tak dong

    katanya itu motor klo jlan lurus akselerasinya bsa ngalahin ninin 150??

    penasaran ane

    thx b4

  34. dipancal ampe rumah….the best solusi dimalam hari…hahahahaha

    aki cs1 bisa tahan 2 tahun…

    http://wisnu3ds.wordpress.com/2013/11/06/my-yamaha-nvl-10-bulan-4540-km-mengalami-aki-matot-aka-low-bat/

  35. Boleh Percaya Boleh Enggak..:

    Jangan Layani Orang Yang Mengajak Berdebat

    Barangsiapa meninggalkan perdebatan sementara dia di
    pihak yang salah, maka akan di bangunkan sebuah rumah baginya di surga paling bawah. Dan barang siapa
    meninggalkan perdebatan sementara ia berada pada
    pihak yang benar, maka akan dibangunkan baginya sebuah rumah di tengah surga. (HR. Abu Dawud, At- Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

    Sesungguhnya perdebatan akan menghilangkan sifat
    mahabbah (saling mencintai) dan persahabatan. Dan
    perdebatan akan mewariskan kemarahan, dendam dan pemutusan ukhuwah.

    Di antara sebab yang mendorong seseorang untuk
    melakukan perdebatan adalah dalam rangka memperoleh kemenangan, agar ia dapat dikatakan sebagai seorang yang pintar dan paling benar pendapatnya, dan kurangnya penjagaan terhadap tergelincirnya lisan pada dirinya.

    Kesemuanya itu merupakan sikap yang tidak terpuji.

  36. numpang nanya sama yang punya warung nih.ato yang para ahli otomotif,
    kata orang kalo mau awet accu digedein Ampere nya misal dari std 3,5A ke 5A betul ga maz Bro,tapi resiko dinamo pengisian (kiprok) cepat jebol,

    makasih atas bantuannya,maaf nanya terus hehehe…

  37. aki matot alias soak tdk prlu dpermasalahkan itu bukan krn kesalahan dr H****, Y*****, K*******, S*****. ttp memang kelistrikan terutama aki itu tdk bisa dtebak sberapa awetnya, aki akn lbh awet jk yg empunya tahu cara perawatannya ato penggunaannya, pa lagi nih musim penghujan kdg sering trouble pd kelistrikannya. makanya pabrikan mana yg brani garansi 3th/30rb km untuk kelistrikannya max 1th. garansi injektor 3th yg sbelah injektor 5th tp gk berani untuk perangkat electronya 3/5th krn resiko tg

  38. bro.
    kalo boleh rekuest, bahas charger aki motor. biar ngecasnya di PLN. sukur2 ada rangkaiannya. yg pake indikator kalo akinya dah penuh

  39. untuk nvl jangan diganti ke amper yang lebih gedhe kuatirnya kalau perangkat ecunya nggak bisa nahan arus yang lebih besar dari standarnya, wah bisa berabe rusak semua deh habisnya malah lebih banyak, sekedar analisa ringan ….

  40. Assalamualaikum Mas Iwan 🙂
    oh iya oot mau tanya nih…

    rencana mau reyen montor…iseng2 ketemu artikel ini http://www.mototuneusa.com/break_in_secrets.htm
    mengenai hard breaking yg menurut ane ckup berlawanan arus….
    point2 yg saya tangkap..
    1. tekanan yg amat kuat dari ruang pembakaran dibutuhkan kondisi ring piston yg perfect u/ menghalau kebocoran gas menuju dalam mesin.
    2. sementara mesin baru dgn ring piston baru (silinder blok, piston, n ring) blm ckup presisi membentuk suatu sistem kerja linear yg compact.
    3. dgn bahan material modern, dibutuhkan panas n presure yg kuat saat pkm awal penggunaan agar no 2 terpenuhi.
    4. saat proses di atas selesai sgra ganti oli non sintetik 10 w 40.

    disitu disebutkan presure yg kuat adlh dengan menggeber (open that throttle !!!) pada saat km awal reyen.. wadalah mlawan arus pda umumnya, reyen kudu halus bukaannya n rpm gk boleh mlbihi sekian dll..

    yg ane tanyakan nih mas,,,
    1. bener ngk sih teori di atas, mengingat page blognya cukup tenar . atau mungkin klo Mas Iwan mau menjelaskan lwt artikel, alhamdulillah bgt 🙂
    2. oke semisal teknik di atas bnr untuk reyen part yg ada di blok silinder..tpi di part mesin lain, smsal di cam, roda gila, gearset, bahaya ngak buat pertimbangan worth atau ngak penerapan teknik tsb.
    3. yg di maksut strong pressure, open the throttle itu bnr2 dibetot gasnya atau linear ngikut perubahan kecepatan montornya?
    4. yg dimaksut reduce immediately after strong pressure itu lepas gas, lepas gas + rem, atau malah break engine dgn turunin gigi?

    last nih mas, agak malu ama pabrikan jepun.. Ane kan rencana mau dlm wktu dket mo minang 200ns, lah kualitas part bajaj mumpuni ngak sih…dipake teknik kyk di atas ntr takutnya kocak sana sini berabee dah 😀

    sekian saja pertanyaan ane, alhamdulillah kalau mas Iwan sudi kasih tambahan…

    Terima kasih mas Iwan, keep share…

    wassalamualaikum..

    • haduuhh, hard break-in maksut saya, salah tulis 😀

    • wa’alaikum salam
      wah kalo kayak gini pertanyaannya, jawabannya bisa beberapa artikel nih.
      ok ane tampung dulu bro, kayaknya ane perlu berguru dulu nih buat njawabnya.

    • skedar masukan aja ya bro,,,, itu motor racing pa harian ya??
      sebagus2nya lobang liner dg alat CNC pun test roundnessnya ttap tdk bisa 100% jd tunggu ring piston n smua part mesin duduk pada dudukannya scr pressisi toleransinya,spy kelak stelah selesai inreyen mesin bisa kerja optimal.
      1. jgn memaksa kerja mesin (buka throttle valve scr tiba2). akn trjadi hentakan dsemua part shg dpt mengakibatkan goresan atau cacat krn part belum duduk pressisi (clearance), jk trjadi kerusakan akn trdengar suara tdk wajar(kasar) n tdk akn bisa hilang setelahnya.
      2. Jgn membuka full throttle jk inreyen, tunggu stelah skitar 3000km. ingat clearance part blm optimal shg part blm bisa brgerak bebas sesuai fungsinya. jk dpaksa kerusakan meski minor akn trjadi krn ptaran yg tinggi n part blm optimal kerjanya.
      3. gunakan sewajarnya tdk perlu terlalu pelan, untuk buka tutup gas dsesuaikan jk ingin kencang ya bukanya d urut tp jg full throttle dulu.
      4. jgn menggunakan engine break scr berlebihan jg tdk baik untuk kesehatan transmisinya.
      Jika d ulas mgkn bro motogokil mmbutuhkan 10 artikel sdg yg lain jg byk yg request.
      mgkn saran ini krg lengkap krn sgt sgt pjg untuk mnjelaskan ini, ikuti aja saran dr pabrikan mngenai ini. kan bergaransi jg

  41. Halamannya panjang bener apa karena yamaha,enggaklah semoga indepeden aja

  42. tau knp aki di mtr” yamaha cpt soak…. ane punya xeon thn 2010 udh lbh dr 3 kali ganti akinya…. pdhl rajin servis

  43. Juragan sibuk? kok ga ada update padahal saya tiap jam nengokin warung berharap ada makanan empuk buat sarapan pagi

    • iye sibuuuk banget, nyiapin laporan penelitian akhir tahun. Biasa Indonesia banget, duit yang 30% belum dikeluarin, tetep aja ngotot disuruh bikin laporan 100%, kalang-kabut dah.
      udaah disimak aja artikel2 yg belum sempat ke baca, banyak kok yg ilmiah2 yang lumayan berat

  44. artikelnya cakep2 dah… ikut nyimak kang…

  45. Salam 6 detik lebih dari Sohc Overstroke YIMM untuk penguasa MS AHM nan Kaya Raya..Mana Nyalimu???? xixixi

  46. sama bro, masalah aki memang butuh perawatan tapi kemungkinan ada penurunan kualitas aki juga . .
    aki di moped saya misalnya dari 2009 masih jreeeng, sempet 1 tahun motornya ga di pake, begitu di charge normal lagi sampe sekarang, beda dengan aki di motor keluaran baru, kuat 1-2 tahun aja uda bagus . .
    salam kenal 🙂 . .

    http://dcahya27.wordpress.com/2013/11/26/start-your-engine/

  47. mantap banget mas bro artikelnya…
    nambah ilmu jadinya..
    lanjutkan terus mas biar jadi pahala tersendiri. 🙂

  48. mantap bro…

    klo mau beli kondensor vixion lawas aja bro, harganya 130rb an.

  49. motor NVLku saya pasang XCS voltagestabilizer sampai sekarang aki dan kelistrikannya aman2 saja dulu bajaj pulsarku juga saya pasang XCS voltagestabilizer sampai sekarang masih mantap baik2 saja padahal nggak pakai kickstarter.

  50. sama kayak punya saia gan.. umur udah 14 bulan nih..

  51. aki nvl q bs thn 4 th – 4 bln, resepny : tiap pg pakai kaki. rajin di charged.
    mulai soak stl q pakai vemax & turbo intercooler + radiator fans.
    ma ka sih

  52. Pingback: Sistem Injeksi Vario110fi Lebih Bagus dari New Vixion Lightning ??? | motorgoodness

  53. Pingback: Salah Satu Kondisi Horor Owner NVL : ” Aki NVL Drop (Soak) di Tengah Jalan “ | motorgoodness

  54. sepeda saya CB 150 R
    pass saya mengendarai enak-enak nya di jalan mati mendadak gak ada setrum sama sekali spido nya gak hidup. biasanya klok waktu di hidupka spido hidup sma lampu trus terdengar suara pumpe bensi ini gak tiba tiba lngsung mati dell..
    apa nih kira kira yg jadi kendala..

  55. Nice info

  56. Bagaimana dgn aki matic,yg sering soak..wkwkwk

  57. motor NVl ane udah 2 tahun
    pagi2 sy sdh running sblum jalan…
    stlah itu sy pake k t4 fto copy yv ada di luar gang…aman smpe di t4 fto copy…stlh membeli sesuatu…mw pulang distater trdengar ”Ngek”az hbis tuh lampu orennya kedip kedip…. stater kick gk mw…
    sy cek akinya dngan gsekan kabel strumx cuma sdikit az strumx…
    apa prlu di ganti akix atw di cas az….
    kira kira ap pnyebabx mas genk…
    apa sdh spantasx akix di ganti krna udah 2 tahun…
    tenkiu….

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan