“Satria FU 150″….Benar-benar Motor yang Sangat Berbahaya [Bagian 2]

Diposting pada

market share FU variant

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Setelah kita melihat potensi bahaya dari satri fu 150 dari sisi performa dan handling pada artikel yang lalu, sekarang mari kita obrolkan potensi bahay yang lainnya, yaitu bahaya bagi kompetitor. Beberapa kemungkinan (asli terawangan) yang akan dilakukan oleh fihak suzuki dalam mempengaruhi market share motor sport di Indonesia. Setelah meluncurkan bebek ayam jago bermesin tiduran (Raider J115 FI), bisa saja suzuki kemudian menurunkan varian satria fu150 untuk menjaga konsistensi penguasaan market share bebek sport, bahkan sekaligus menggoyang pasar motor sport. Karena begitu mudahnya mesin satria fu untuk di upgrade maupun di downgarde. Coba lihat gambar berikut fu variant

Baiklah mari kita lihat apa yang mempengaruhi perbedaan power antara satria fu 150 dengan fxr 150. perbandingan spesifikasi mesin satria fu 150 dan fxr 150 r

Dari spek engine ini bisa kita prediksi variabel apa saja yang bisa diubah pada engine satri fu agar bisa menjadi engine dengan kemampuan setara dengan engine-nya fxr150

Engine Satria FU 150 std

performa satria fu std

Engine FXR 150

performa fxr std

Ternyata jika CR dari engine satria fu dinaikan dari 10.4 menjadi 10.7 dan power puncak di geser menuju 12500 rpm, maka power engine-nya sama persis dengan engine fxr 150. Padahal ubahan yang lain justru di-downgrade, yaitu lambda dari 0.85 menjadi 0,9, berarti campuran lebih miskin sedikit. Volumetric efficiency juga diturunkan dari 90% menjadi 85%. Lalu bagaimana jika (lambda dan VE) pada engine satria fu tidak dilakukan down-grade, maka inilah hasilnya fu150 like fxr

Ternyata tenaganya melebihi tenaga FXR 150R, bener2 dahsyat. CBR150, CB150R, NVL, YZF R15 terpaksa harus minggir, kalo nggak, siap2 aja menghisap asep knalpotnya.

Lalu bagaimana varian dari engine satria fu yang di-downgrade menjadi raider 125? Mudah sekali, tinggal bore-down dari 62 mm menjadi 57 mm, volumenya menjadi 124.576 cc. Dan performanya bisa dilihat dalam gambar berikut

fu150 downgrade 125cc

Tenaganya tetap luar biasa untuk engine 125cc, dengan CR yang sama dengan satria fu, AFR/lambda dan VE di-downgrade, power puncak di 10500 rpm, powernya 13.92 hp = 14.11 ps. Power sebesar ini sanggup membuat CS1 dan MX tertinggal jauh di belakang.

Jadi jika upgrade dan downgrade satria fu menjadi fxr150 reborn dan raider125 reborn sukses, maka sedikit demi sedikit satria fu 150 akan layu dan mati dengan sendirinya. Karena sudah ada penggantinya yang akan mengobrak-abrik pasar motor sport dan juga bebek sport di kelas high performance.

Begitulah terawangan dan analisis ane mengenai kedahsyatan mesin satria fu 150 yang masih disembunyikan oleh suzuki.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

84 thoughts on ““Satria FU 150″….Benar-benar Motor yang Sangat Berbahaya [Bagian 2]

    1. Ceeeeessssss…….Terbukti cees matius emang tiada lawan……buktinya ni rombongan motor2 lemot matius kepretin semua sampe jarak 3 kecamatan…..
      Mau satria kek….mau panglima kek….mau macan kek….ceboker kek…..tetep bakal makan asep snalpot cees punya matius……fireblade sp aja keok….apalagi motor komedi puter…..cesssssss…..apa gak gila tuh???

  1. Kalo menurut ane gan…
    Suzy FU sangat sulit diperbandingkan dengan kelas apapun,entah bebek ataupun sport, karena :
    1. Jika diperbandingkan dengan kelas bebek, secara engine spec, sampai saat ini belum ada motor bebek yang menyamai spec punya Suzy FU, mulai darii cc-nya, ataupun yang lainnya.
    2. Jika diperbandingkan dengan kelas sport, secara bentuk rangka ataupun spek kaki2 juga tidak ada motor sport yang menyamai si Suzy FU.
    Jadi menurut ane gan…
    Suzy FU ini ga bisa atau kurang afdol jika diperbandingkan dengan kedua type/kelas motor yang ada di jalanan di wilayah NKRI ini, akan tetapi dia berdiri sendiri untuk menentukan kelasnya sendiri, jadi ane lebih sreg kalo si Suzy FU ini dapet julukan Motor HYPER UNDERBONE.
    Jadi kelasnya dia ya itu tadi, HYPER UNDERBONE, bukan di kelas lain.
    So monggo, bagi pabrikan non Suziku eh Suzuki kalo mau nelorin produk pesaingnya Suzy FU ya harus bisa bikin motor dengan spec yang hampir mendekati si Suzy FU itu.
    Untuk urusan safety, back to rider nya ajah, dia mau melakukan Safety Riding atao Dead Riding.

    1. yg sedang diulas adalah soal kemampuan mesinnya. jadi yg dibandingkan juga sesama mesinnya dulu. soal body dll mungkin beda ulasannya.

  2. Kalo pihak suzi niat,sbnrnya basic enjin fxr ini punya potensi besar utk dikembangkan lbh lanjut utk senjata motor sport 150-180cc,tinggal ditingkatin masalah efisiensinya saja.. Bukan tdk mungkin akan mengobok2 pasar semprot sekarang. Sayang beribu sayang pihak kumpeninya kaga niat.. Padahal soal kualitas enjin, suzi tahu sendirilah….. Top markotop….sparepart aza kaga mau maen2… Kudu SGP….

  3. jk FU tdk punya kelas maka buat jabanin sekelas FU comot sonic templokin mesin cbr150r bgmn bro??! dah imbangkan??? untuk raider 125 cukup sonic aja. kan raider 125 dohc tp knapa sama sohc overbore aka sonic aja kalang kabut.

  4. serem nih motor

    utk menggeser peak power di rpm yg lebih tinggi itu gimana caranya mas bro?
    ane awam bener klo soal mesin 😀

    1. iya niy penasaran, klo menaikkan angkatan klep buang, base circle ex cam diperbesar dpt menggeser peak power? istilahnya noken as in in

  5. harusnya “sangat berbahaya” dijelaskan lebih spesifik..

    Mungkin maksudnya berbahaya itu, dgn biaya minimal bisa diperoleh output korekan yg lebih dahsyat..

    Artinya, dgn bujet modif yg terjangkau anak sekolah (katakan 3 juta), peningkatan yg didapat FU bisa 5 dk sedangkan CBSF hanya 3 dk..(misalnya)

  6. FXٌّR boncengan aja mampu jabanin CBR yg sendirian.
    apalagi kalo sama-sama sendirian, CBR mudah dilibas FXR.
    jooossssss. inilah salah satu mesin paling melegenda selain GL series.
    power mesin klan FXR dan turunannya memang begitu mengagumkan.

  7. Hanya NIAT yang akan mampu mengantarkan suzuki kembali ke era keemasanya seperti dulu. Suzuki dikenal sebagai salah satu pabrikan top speed terbaik, kalau menurut saya potensi engine suzuki berada di tengah2 antara Honda dan Yamaha. Baik RGR, FXR, sampai adik sulungnya si Satria semuanya bisa dikatakan sebagai legend suzuki di tanah air. Biarpun FXR masih kalah dengan old CBR 150, peminatnya sampai sekarang masih tergolong banyak. Malahan sebagian biker menganggap ini sebagai kolektor item (banana arm’nya keren). Semoga saja antusias FBS akan gebrakan suzuki di kategori sport – sport fairing lekas terealisasikan, Amien.

  8. Isu terhangat mengatakan bahwa ninja 2 tak akan segera dilengserkan dan diganti dengan ninja 200 – 250 4 tak 1 silinder. Akankah suzuki akan mengikuti langkah yg sama? Dengan asumsi Satria 150 Fighter 1 ini adalah varian terakhir dari Satria dan Suzuki membuat spesies lain dari engine yg sama saya rasa ini sedikit masuk akal. Nama besar Satria terlalu sayang kalau dimatikan begitu saja. Tinggal turunkan kubikasi menjadi 135cc, buat sport dan sport fairing seperti terawangan mas Admin, Suzuki akan kembali berjaya.

  9. peak power dinaikkan sampe 12500(nyaris redline) sementara fu standar 11000 rpm aja udah mentok limiter. berarti harus ganti cdi juga dong

  10. thanks dh dbuatkan artikelnya bro.
    itu kan mesin overbore ya bro? tp kok rpm atasnya kalah sm cbr150?
    ato karena fktor aerodinamisnya?
    yg ane bngung DOHC kok galaknya di RPM rendah gt

    1. lambda= AFR riil/14.7 VE=volume riil / volume silinder
      atau kalau mau lebih jelas bisa buka https://motogokil.com/2014/01/03/beberapa-istilah-penting-terkait-variabel-penentu-performa-engine-motor/
      dan kalo mau baca2 lebih banyak bisa buka https://motogokil.com/2014/01/13/pustaka-motogokil-tentang-teori-per-motoran-bagian-2/
      kalo mau rekap tulisan yang pernah ditulis di motogokil bisa buka https://motogokil.com/rekues-artikel/
      selamat baca2 bro

  11. jadi yang perlu dirubah apa aja tu om? intinya aja om? CR jg ga ada penjelasannya di yg om tag, 10,4 itu apanya om? ok oke intinya aja kali ya om, jadi kalau mau naik power berarti ganti cdi gt? atau bore up? atau stroke up? kemudian cara menurunkan lambda dan VE gmn om,? hehe maaf banyak nanya..

    1. CR-fu 10.4 berarti volume ruang bakar + volume silinder dibagi volume ruang bakar = 10.4. Untuk menaikkan power banyak caranya, misalnya dengan manaikkan VE melalui porting, ganti camshaft/nokenas racing, dan juga dengan menurunkan lambda. Menurunkan lambda berarti memperkaya campuran bensin, ya denagn menaikkan mainjet-nya.
      Menaikkan power juga bisa dengan memperbesar volume, baik lewat boreup maupun strokeup, jadi campuran yang dibakar lebih banyak, sehingga tenaga yang dihasilkan lebih besar.
      CDI pengaruhnya pada penentuan waktu pengapian, kalo pas tenaganya bisa maksimal, dan dgn cdi racing limiter rpm bisa digeser lebih tinggi lagi

  12. ok ok.. thank you om, sama ama yg dibilang2 pd umum nya ya, porting, bore/stroke, karbu, dll nya.. thank you om, kerenn postingnya

  13. Alhamdulillah udah bsa7 burutin buat anak..thun 2012 kmrin..syang bru kelas 4 sd..jdi blum boleh dibwa..smntara buat pajangan aja dulu..takut dgn tenaganya..

      1. Kang…cara mudah biar fu stndarku thu bisa sdikit lbih cepat thu gmna ya kang??, yg mudah lho kang, maklum jrusan w dulu komputer kang…haha, trus mau nnya…mnrut akang thu bisa gk fu ngimbangin ninja 150cc dngn sikon sma2 stndar???

  14. maaf bos itu perbandingan giginya untuk drive salah semua gigi q itu 10 bukan 12 untuk satria f.. tolong di koreksi

  15. Tidak semudah itu mbah,kenapa spek fu ga di samain dgn fxr dari awal²? Ane rasa itu ada kaitannya dgn bahan material yg di pake fu untuk menekan harga agar bs lbh kompetitif dalam bersaing,..dan akan lbh sulit lg krn aturan euro 3 sudah di berlakukan,.. fxr pun kl msh produksi dan mesti euro 3 mau ga mau perform pst turun,kecuali part pake kualitas dewa….

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan