"R15 Versi Racing" Hanyalah Proyek Mercusuar,….New Vixion Lightning Tidak Akan Mampu Menirunya [Bag.1]

Diposting pada

vixion evolution

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua. Semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Seiring dengan diadakannya OMR Yamaha kleas sport 150 cc (Yamaha Asian Cup Race) dengan menggunakan motor R15 spek racing dengan power 27 hp, maka menjadi menarik untuk dibahas “Apakah Old Vixion atau NVL bisa di-upgrade untuk mendekati spek R15 Racing tersebut?”.

Memperhatikan spek mesin std R15 dengan power yang sebelumnya mirip dengan NVL yaitu power 17ps/8500 rpm, yang kemudian disulap menjadi 27 ps, membuat ane penasaran dan ingin memperkirakan ubahan apa saja yg dilakukan sehingga powernya bisa melonjak drastis 60% dari power asalnya. Kira2 apa ya yg di-upgrade. Mari kita bahas bersama;

Sebelum memperkirakan jenis upgrade apa saja yang dilakukan, maka perlu diketahui lebih dahulu beberapa parameter yg menjadi acuan performa, sehingga upgrade-nya bisa terlihat menjadi beberapa tingkatan.

1. Lambda (AFR aktual / AFR ideal), nilai ini menunjukkan perbandingan udara dan bensin yang sangat mempengaruhi besarnya tekanan hasil ledakan pembakarannya. Lambda ideal =1, perbandingan kaya (rich) <1, dan perbandingan miskin (lean)>1

2. Besarnya tekanan efektif rata2 di ruang bakar akibat pembakaran, bisa disusun berdasarkan tipe mesin

bmep level

3. Efisiensi volumetrik, disusun berdasarkan tuning saluran intake dan exhaust mesin

VE level

4. Piston Speed rata2, disusun berdasarkan tipe peruntukan mesin

MPS level

Mari kisa sama2 mendiskusikan evolusi dari old vixion –> new vixion lightning –> nvl racing -x-> r15 racing, mengapa evolusi dari vixion diperkirakan tidak mungkin untuk menjadi r15 racing, dengan hanya menggunakan mesin 150cc spek pabrik.

Kita mulai awal evolusi dari “old vixion” menjadi “new vixion lightning”.

Old vixion dengan spek

  1. bore x stroke = 57 x 58,7
  2. power = 14.879 ps / 8500 rpm
  3. cr = 10.4 :1 , diperkirakan memiliki variabel kinerja sebagai berikut

old vixion 0

Pada posisi ini vixion (old) memiliki parameter yang relatif standar untuk motor 150 cc dengan cr=10.4 :1. Yang menjadi istimewa dibandingkan motor sekelas adalah powernya yang mencapai 14.88 ps /8500. Hal ini semata2 dikarenakan kompresinya yang lumayan tinggi, yang menuntut pendinginan ekstra, yaitu dengan radiator. Pada kompresi tersebut, tekanan pembakaran yg dihasilkan mencapai 12.3 bar, dan sesuai dengan klasifikasi BMEP, vixion sudah berada pada tingkatan high performance.

Untuk kelas sport 150cc yang lain memiliki power lebih rendah (byson dan nmp =13,7 ps) karena mengadopsi mesin dengan cr (rendah) = 9.5 :1. Motor dengan spek seperti ini cukup megandalkan pendinginan udara yg mengalir di sela2 sirip mesin. Jika cr motor2 ini ditingkatkan sampai 10.4, maka powernya pun setara dengan vixion yaitu 14.09 ps, dengan syarat pendinginannya ditambah dengan oil cooler (seperti satria fu 150).

Baik, kita lanjutkan…..

Ketika vixion berubah menjadi new vixion lightning, power nya bertambah menjadi 16.59 ps/8500 rpm. Karena spek mesin nggak berubah dan menurut bocoran dari yamaha hanya melakukan peningkatan di sisi pemasokan udara+bbm ditambah dengan modifikasi ECU, maka karakter mesin NVL sekarang seperti tampak pada gambar berikut

nvl std

Dari gambar di atas terlihat bahwa [4] powernya sekarang 16.59 ps, pada [3] rpm 8500. Untuk mencapai ini maka pada nvl dilakukan :

  1. Peningkatan efisiensi volumetrik 85% (old vixion) menjadi 91% [5], masuk kelas mesin yg sudah di-tuning. Upgrade ini bisa dilakukan dengan mengubah ketinggian lift camshaft dan memodifikasi box filter udara.
  2. Meningkatkan BMEP dari 12.3 bar menjadi 12.82 bar[2], hal sebagai akibat peningkatan konsentrasi bbm lambdanya dari o.8 menjadi 0.75[1], atau bisa dengan memodifikasi ECU sehingga lebih maju atau bisa juga dengan menghasilkan api pada busi dengan energi yg lebih besar.

Jadi kesimpulannya sangat mudah untuk meng-upgrade old vixion mendai NVL.

Lalu bagaimana kelanjutan evolusi upgrade dari vixion ini menjadi R15 versi racing, yang bisa dikatakan mustahil ???

Tunggu artikel berikutnya……(artikel kali ini dah kepanjangan, sabar ya bro)

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

66 thoughts on “"R15 Versi Racing" Hanyalah Proyek Mercusuar,….New Vixion Lightning Tidak Akan Mampu Menirunya [Bag.1]

        1. kalo menurut ane nih (bisa salah), gir yang dipasang di cb150r perbandingannya lebih ringan, hal ini memang disengaja, untuk mendukung karakter cb150r agar akselerasinya bisa seimbang dengan nvl. Perbedaan karakter antara cb150r dgn cbr150 bukan cuma di rasio sekunder aja, tetapi juga di noken-as dan knalpot.
          Jadi kalo gir cbr dipasang di cb, maka akselerasi cb bisa kedodoran, dan top-speednya “mungkin” sama, tapi cbr150 akan lebih cepat mencapai top-speed tersebut.
          Dalam artian kalo drag 400m, cbr150 pasti menang.

    1. Emang ada bro.bocoran spek.cbr versi racing?
      Soalnya yg dipakai ahm skrg hanya cb150sf yg konon hanya mengalami sedikit ubahan.terutama setingan ecu dan pemakaian knalpot racing

      Sementara klo r15 racing spek udah dirombak total2an mpe jeroan biar bisa ngangkat 27hp

      Klo cbr 150r di.FFA dulu luar biasa bengis, mpe bikin morat marit pasukan 250cc ama 2t

      Oia kang motogokil, request analisis mesin cbr250r dong
      Nih mesin dohc tapi karakternya menyerupai sohc, beberapa anak cbr malah bilang klo tarikan dan napas atas cbr250 gk selihai cbr150fi

      Terus gimana dgn inazuna yg twin cyl 250cc sohc? Banyak yg bilang akselnya gk segalak cbr250, dan napas atas juga kurang dibanding cbr250

      Di youtube top speednya juga kisaran 142-145 saja,, rada kurang buat mesin twin cyl 🙁

      1. Bukan dohc berkarakter sohc, mungkin lebih tepatnya overbore berkarakter overstroke bro, akselerasi nampol diputaran bawah, tapi atas kurang
        kalau dilihat, meskipun overbore, tetapi cbr250 memiliki ukuran stroke yg panjang, sehingga piston speed lebih cepat seperti karakter overstroke, dimana karakter mesin stroke panjang itu mantap diputaran bawah/torsi gede, tp mlempem diputaran atas, cmiiw

  1. sori bro, ane gak setuju dngn pendapat ente, klw menurut ane nvl sma r15 gk beda jauh, sdh ad nvl tembus 12500 rpm close loop bisa lebih baik dri open loop (r15) bnyakbmodifiiator cerdas di indo

    1. iye nggak napa2 bro achmad, kalo ente nggak setuju.
      nanti ane buatin artikel bag.2 nya, mudah2 bisa menjelaskan kenapa kok nvl (hampir ) mustahil mengikuti r15 “racing”

  2. R15 yg semula powernya 17 PS menjadi 27 PS itu jelas hasil ‘high tuning’ bro. Untuk mendongkrak power hingga 10 PS / lebih, jelas butuh banyak ubahan yg harus dikerjakan pada mesin. Cuman, YIMM selaku produsen motor Yamaha yg mendatangkan R15 tsb tidak / belum blak-blakan menjabarkan spek ubahan teknis yg dilakukan pada mesin R15 tsb.

    1. peningkatan 10 ps dari motor yg aslinya 17ps adalah hal yg “luar biasa”, nggak main2
      apalagi sudah dikeathui bahwa saat ini NVL aka R15 sudah masuk dalam tataran “high performance”, jadi untuk naik lagi bener2 membutuhkan usaha yang besar.

      1. Yups. Bisa jadi YIMM menaikkan CR R15 hingga melonjak drastis. Mungkin dg cara memapas head silinder atau pasang piston jenong (high dome).
        Selain itu juga porting polish menyumbang kenaikan power cukup besar. Perpaduan keduanya makin sip dg ditambah pergantian jeroan mesin spek racing, misalnya seperti :
        klep lebar berbahan titanium, camshaft racing high lift, con-rod (setang piston) racing berbahan titanium, per klep yg kuat utk high RPM, dll

  3. Om,ak mau tanya nih.top speed tidak dipengaruhi besarnya cc motor kan om?jd keunggulan cc besar tuh ap aja om?apakah tarikan awal/akselerasi doang?
    maaf ya kl pertanyaannya cupu n awam banget.soalnya br mulai doyan pelajari mesin motor nih.dl cm tau pake doang.

    1. ketercapaian topspeed tergantung dari ada tidaknya akselerasi/percepatan.
      kalo pada kecepatan 100kpj akselerasinya dah nggak ada (0), maka topspeed nya cuma 100kpj nggak bisa nambah lagi, meskipun katanya bisa 140kpj.
      kira2 begini ceritanya; karena percepatan ada jika ada gaya dgn persamaan percepatan=gaya/masa, sedangkan gaya=gaya dorong-gaya gesek. ini bersamaan fisika kelas 1 sma (mungkin). jadi kalo gaya dorong mesin = gaya gesek ban ke jalan, maka total gaya yang akan dignakan untuk percepatan =0, maka kecepatannya dah mentok nggak bisa sambah lagi.

      1. ow,, gt ya om.tnyata percepatan tuh penting bnget ya.soalnya ak baca blog ttng ninja 250 n ninja 150rr om.katanya kl udah sampai top speed ninja 150rr lbh kenceng.pdhal kubikasi mesin gede yg 250.jd ak ambil kesimpulan kl kubikasi ga jd patokan mati utk top speed.tp ninja 150rr kan 2tak jg ya om.ak penasaran.tak ikutin terus pembahasannya tp kebanyakan komen nya perang para FB.itu blog udah kek tweet war aja.kl di blog yg om buat ini kan isinya bener2 spesifikasi bnget penjelasannya.ad perhitungannya lg.ya elahh,, kl perhitungan n rumus2 gt ak jd stress om.wkwkkwkwkwk.. btw tq bnget penjelasannya om.tar kl ad yg ga jelas ak tnya2 om lg.hehehehe..

    1. salam juga bro ari
      kalo menurut bro ari blog ini bermanfaat, ane berterima kasih banget kalo blog ini diperkenalkan ke temen2 yg lainnya
      agar manfaatnya semakin meluas

  4. Impossible maksudnya disini mungkin maksudnya dengan berbanding dengan biayanya yah? Jeroan mesin baik itu bahan dan setingan yang costum yg ga mung kin didapat dengan cara dan biaya yg masuk akaluntuk sekedar meningkatkan performance, mungkin biaya nya bisa beli 1 nvl lagi bahkan lebih

  5. Wahhh.. serem juga, CB150R coba2 dsentul aja cuma butuh prbhan piggy2 black aja
    moso menangnya cuma 5 detik R15,gmna klo CB150R d oprek jdi proyek mercusuar. bisa ngos2an R15.

  6. ga mustahil om nvl/vixion old bisa setara r15 versi racing,tinggal d karbuin aja 😀 pernah baca sih old vixi karbu power nya setara ninja250 standar,apalagi yg nvl 😀

  7. om om,cbsf kan yg d ubah minim banget noh,tpi sama r15 yg gila gila an ubahan nya cuma beda 4 detikan,nah kira kira kl ubahan cbsf sama kek r15,apa mungkin r15 nya bakal d overlap 😆

  8. wow…
    mustahil ya…?? apaka ada yang mustahil di dunia ini..??

    Korekan R15 di sentul kemarin cuma kecil2 bero…
    cuma ganti Ecu, kilik trotle body sedikit, dan tentunya knalpot racing…. mesin ting-ting standar, rpm dibuka sampai 12.000.
    beritanya di maniak udah ada tuh….

    masihkah mustahil…?

    1. bener kata bro old blade..

      R15 bisa2 aja dikasih spek 27 hp pake mesin standar.. tapi R15 yg dijual dealer harganya minimal 200 juta, jadi jeroannya spek racing semua

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan